Cara Praktis Berkreasi & Menikmati Kopi Ala Cafe dengan Nescafe Dolce Gusto

Kreasi kopi Nescafe Dolce Gusto
Ngopi bagiku sudah seperti ritual mengawali hari. Terbilang jarang aku melewatkan ngopi pagi di rumah. Meski begitu, jangan tanyakan padaku tentang segala macam kopi berikut teknik-teknik meraciknya. Setidaknya sampai sekarang, aku belum belajar. Untuk saat ini, aku hanyalah tukang ngopi tiap pagi. Kadang-kadang suka juga ngopi siang. Dan ngopi malam terutama ketika perlu begadang dikejar deadline :D. Lalu, seringkah ngopi di cafe atau coffe shop? Tidak juga. Saat ini memang banyak tempat ngopi bermunculan di Kota Bandung, seiring perkembangan kopi menjadi bagian gaya hidup kaum urban. Ngopi sambil nulis, kerja, meeting, atau sekadar nongkrong cantik? *eh, apa kebalik ya :D. Buat penyuka kopi, itu gue banget! Tapi kalau ngopi di cafenya keseringan, bisa gawat juga. Khususnya buat anak kos kayak aku, hahaha :D. 

Asyiknya ngopi di cafe, bukan saja soal tempat. Utamanya soal rasa. Kalau tujuan utamanya buat ngopi (bukan sekadar cari tempat nongkrong), kita bisa mengeksplorasi aneka jenis minuman kopi racikan barista. Itu yang bagi sebagian orang tidak dapatkan dengan ngopi di rumah. Tapi, tahukah kamu, sekarang semua orang bisa lho mendapatkan pengalaman ngopi ala cofee shop dari rumah! Dan gak usah ngundang barista ke rumah juga. Cukup dengan adanya Nescafe Dolce Gusto, kita bisa meracik sendiri minuman kopi ala cafe, dalam hitungan menit. Aku sendiri sudah nyoba bikin cappuccino pake mesin Nescafe Dolce Gusto. Gampang banget! Padahal sudah kubilang, aku awam soal racik-meracik kopi. Dengan bantuan si robot barista kecil Nescafe Dolce Gusto, siapapun bisa berkreasi kopi, juga minuman coklat dan teh.


Nescafe Dolce Gusto Menyapa Kota Bandung

Launching Nescafe Dolce Gusto di Kota Bandung
Siang 27 September, aku menghadiri launching Nescafe Dolce Gusto di Vanilla Kitchen & Wine, Jl. Cimanuk No. 11 Bandung. Usai makan siang bertemankan live music, acara launching dibuka dengan penampilan modern dance yang enerjik & menghentak, menyedot perhatian hadirin. Saat musik berhenti, kain-kain hitam disibakkan, menampilkan deretan mesin Nescafe Dolce Gusto, menandai peluncuran resminya di Kota Bandung. 

Mbak Irma Praharsi (Brand Manager Nescafe Dolce Gusto) memperkenalkan seputar produk Nescafe Dolce Gusto kepada hadirin. Hadir pula pembicara tamu yang terdiri atas Dendy Darman (Owner UNKL347), Syagini Ratna Wulan, & Ramanda Audia Adam (Owner Kozi Lab). Mereka sharing seputar bagaimana Nescafe Dolce Gusto memenuhi kebutuhan menyajikan minuman, baik untuk di rumah maupun untuk cafe. Selain menyimak demo meracik kopi dengan Nescafe Dolce Gusto, semua hadirin berkesempatan mencoba langsung meracik sendiri kreasi kopi dengan mesin-mesin yang sudah disediakan di tiap meja. Hasilnya dilombakan dalam bentuk posting foto ke Instagram berhadiah mesin Nescafe Dolce Gusto. Seru, kan?




Nescafe Dolce Gusto adalah multi beverages machine, yakni mesin dengan kapsul pintar yang dapat digunakan untuk membuat minuman kopi, teh, atau coklat, baik panas maupun dingin secara praktis dalam hitungan waktu kurang dari satu menit. Nescafe Dolce Gusto sudah hadir di Indonesia sejak 2013. Sebelum Bandung, sudah terlebih dahulu ada di Jakarta dan Bali. Menurut Mbak Irma, inovasi & kelebihan Nescafe Dolce Gusto akan mendukung kreativitas & kebutuhan masyarakat urban Bandung. Bandung kan memang terkenal dengan industri kreatifnya. Jadi, selain untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup kaum urban, Nescafe Dolce Gusto juga hadir untuk mendukung entrepeneur Bandung dalam mengembangkan bisnisnya. 

Nescafe Dolce Gusto, "Robot Barista" Kecil yang Elegan.

Nescafe Dolce Gusto dirancang dengan inovasi teknologi canggih untuk menghasilkan kualitas minuman standar cafe secara praktis dan desain mesin yang artistik. Rumus menghasilkan minuman berkualitas cafe dengan Nescafe Dolce Gusto adalah: kopi + kapsul pintar + mesin = secangkir karya seni. Kopinya berasal dari biji kopi berkualitas premium yang dikemas dalam kapsul pintar (smart capsule). Kapsul pintar tersebut dirancang untuk menjaga aroma & kualitas kopi dan dapat mengatur tekanan yang tepat untuk setiap jenis minuman. Mesinnya sendiri memiliki tekanan profesional, maksimum 15 bar untuk menciptakan cream dan foam yang sempurna.

Smart capsules Nescafe Dolce gusto aneka varian
Saat ini terdapat 4 jenis mesin Nescafe Dolce Gusto di Indonesia, yaitu Drop (desain unik, terinspirasi dari tetesan kopi. Kapasitas air 0,8 L), Genio (little coffee maker with big idea. Kapasitas air 1L), Mini Me (compact & smart. Kapasitas air 0,8 L), dan Oblo (manual, tak seperti 3 jenis lainnya yang otomatis). Harganya untuk saat ini mulai dari yang manual Rp. 1.699.000 - Rp. 3.599.000, tergantung jenis mesinnya. 

Kapsul Nescafe Dolce Gusto sendiri sekotaknya terdiri atas 16 buah kapsul dengan 11 jenis varian. Mix and match varian kapsul inilah kunci menciptakan multi-beverages dengan Nescafe Dolce Gusto. Ada jenis varian Black Coffee (Espresso Intenso, Grande intenso, & Lungo), Coffee with Milk (cappuccino, Cafe Au Lait, Latte Machiato, & Caramel Latte Machiato), chocolate (Mocha, Milo, & Chocochino), Tea & Latte (Green tea Latte, Tea Latte, & Nestea Peach). Dengan aneka varian kapsul ini, kita bisa berkreasi membuat resep minuman ala cafe. Mulai dari yang basic seperti espresso, cappuccino, moccachino, dll, hingga resep yang perlu bahan tambahan seperti Affogato, Iced Caramel Jelly Latte, Strawberry Mocha Shakerato, Peach Tea Fizzy, Hot Gingerbread Latte, dll.

Salah satu hasil kreasi demo Nescafe Dolce Gusto
Sewaktu praktek membuat minuman sendiri, aku tentu pengennya bikin resep yang agak rumit itu. Tapi karena mempertimbangkan waktu yang singkat, perlu bahan tambahan & arahan dari barista, nyobanya mulai dari yang basic dulu. Aku mencoba membuat cappuccino. Bikinnya bisa kurang dari semenit lho, kalau kitanya sudah familiar dengan instruksi mesinnya. Aku bikinnya pake mesin Nescafe Dolce Gusto tipe Drop.

Praktek berkreasi kopi dengan
 mesin Nescafe Dolce Gusto Tipe Drop
Secara umum, kita bisa membuat minuman ala cafe dengan 4 langkah praktis & mudah:
- Geser tuas/bar penakar air sesuai petunjuk yang ada pada permukaan kapsul. Canggih euy, pake touch screen :D. Takaran air ditunjukkan dengan lampu indikator.
- Angkat tuas pengunci pegangan kapsul, keluarkan, & letakkan kapsul di dalamnya.
- Masukkan kembali pegangan kapsul dan turunkan tuas pengunci ke posisi semula.
- Geser tuas ke arah kanan untuk minuman panas dan ke arah kiri untuk minuman dingin.

Selanjutnya tinggal tunggu mesin bekerja sendiri menghasilkan minuman. Kalau minumannya perlu sepasang kapsul, tinggal lakukan langkah yang sama dengan kapsul selanjutnya.

Cappuccino hasil kreasiku menggunakan Nescafe Dolce Gusto
Praktis banget kan? Jadi kepingin punya Nescafe Dolce Gusto :D. Kalau punya ini, bisa jadi barista di rumah sendiri. Mesinnya bisa juga buat modal bisnis cafe, hehe. Nggak cuma di rumah & cafe, Nescafe Dolce Gusto banyak juga dipakai di kantor, hotel, & salon. Karena desainnya simpel & stylish, keberadaannya dalam ruangan dapat turut mempercantik interior.

Buat yang penasaran ingin tahu lebih lanjut seputar Nescafe Dolce Gusto, langsung saja mengakses webnya di www.dolce-gusto.co.id.

Komentar

  1. Foto cappucino nya cakep banget teh
    Dan emang Nescafe Dolce Gusto ini bikin jatuh cinta ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih cakepan foto jepretan Teh Yasinta.

      Iya, sebagai tukang ngopi, masa aku gak tergoda sih...

      Hapus
  2. ini pasti yang seneng penikmat kopi ya

    BalasHapus
  3. Masih terkagum-kagum sama cara kerja mesin ini, hihihihi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... Canggih banget sih mesinnya :D.

      Hapus
  4. Ga sabar menanti mesin canggihnya, biar bisa ngopi cantik ala cafe di rumah.

    Masih melongo ko bisa ya bikin layer cantik itu mesin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entar kalau udah berakhir penantiannya, aku jadi pengen main ke rumah Teteh biar disuguhin minuman ala cafe, hihi...

      Hapus
  5. Aku punya ini tapi belum dipake 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahhh kok gak dipake? Sayang ih. Sini buat aku aja, hehehe :D

      Hapus
  6. Mesin yang kayak benda seni. Kayak pajangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, seni modern. Ketika teknologi bertemu seni, keren deh

      Hapus
  7. Sejak liat iklannya aku naksir dolce gusto tapi harganya lumayan ya hehe. Moga2 suatu saat bisa kebeli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Seharga smartphone lah ya :))

      Hapus
  8. Mesin kopi semahal itu cuma bisa buat nyeduh nescafe doang? Sayang banget kalo menurutku ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah sepaket sama smart capsulnya sih. Tapi emang canggih juga mesinnya. Gak kayak nyeduh nescafe sachet :D.

      Hapus
  9. Abis baca ini aku baper, pengen banget :( huhuhu. Keren ih.

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
  10. Pengen banget punya ini :3

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
  11. enak kali ya, serasa kayak kopi buatan coffee shop

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Yuk, Berkunjung ke 5 Tempat Wisata Malam di Surabaya Ini

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon