Berbagi Rahasia Selfie Expert, Oppo F1s di Oppo Community Gathering

Oppo F1s, Selfie Expert
Apakah kamu suka selfie?
Kalau pertanyaan itu ditujukan kepadaku, jawabannya: "nggak terlalu". Nggak bisa bilang nggak juga soalnya, meski kenyataannya aku terbilang jarang selfie, setidaknya kalau dibandingkan dengan adik bungsuku yang unyu-unyu *lah apaan pake bawa-bawa dia segala :D. Begini saja, membandingkannya dengan teman-teman bloggerku saja ya, biar lebih kebayang. Kalau ngumpul pada suatu tempat (event), suka kuperhatikan, banyak yang senang ambil selfie sana-sini. Nah, kalau aku, dibanding selfie, biasanya aku lebih sibuk dengan jeprat-jepret ambil foto objek (benda & orang lain). Untuk urusan foto ngeksis, aku lebih senang minta difotoin *minta maaf kepada orang-orang yang sudah aku repotin, ehehe.

Seringkali aku kagum sama para ahli selfie. Mereka begitu mandiri dalam memenuhi kebutuhan "eksistensi diri" :D. Awal-awal booming orang unggah foto selfie di medsos, jujur saja aku gak begitu suka. Soalnya bosen lihat wajah doang, hehehe. Lebih menarik kalau selfienya ada latar belakang pemandangan yang menarik. Untuk medsos, aku lebih senang mengunggah foto banyakan/bareng-bareng. Makanya aku lebih suka wefie. Tapi, seiring waktu, tak dapat kupungkiri bahwa dewasa ini selfie bisa menjadi sebuah kebutuhan. Buatku pribadi, ini terutama berkaitan dengan aktivitas ngeblogku yang juga mempengaruhi aktivitas medsosku yang lain. Lagipula, perkembangan medsos saat ini benar-benar mengungkapkan bahwa ada secercah "jiwa narsis" dalam diri yang tak ingin diabaikan & mendapatkan jalan untuk muncul ke permukaan *duh, bahasanyaaa :D. Kesimpulan dari bahasa ribet itu adalah, intinya aku gak bisa bilang nggak suka selfie meski frekuensi selfie-nya masih terhitung rendah.

Fokus motret objek

Ada beberapa alasan kenapa aku masih lebih sering ngerepotin orang lain buat motoin daripada selfie. Kepuasan atas hasil fotonya, itu yang utama. Baik karena keleluasaan mengambil gambar secara keseluruhan maupun kapasitas kamera belakang yang biasanya lebih baik daripada kamera depan. Dan alasan khususku yang utama adalah karena aku gak pandai selfie! Sampai sekarang, aku nggak terbiasa & canggung berselfie. Biasanya aku gak puas sama hasil selfieku sendiri. Menurutku, selfie itu sesuatu yang ada seninya tersendiri (kalau mau hasilnya bagus). Sesuatu yang masih perlu kupelajari. Makanya ketika ada undangan mengikuti gathering Oppo Community Bandung beberapa waktu lalu, aku sangat tertarik. Pasalnya, sudah bukan rahasia kalau Oppo itu meluncurkan produk terbaru Oppo F1s yang memiliki tagline New Selfie Expert. Di acara tersebut, kami yang hadir mendapatkan kesempatan mengenal Oppo F1s lebih jauh, bahkan mencoba sendiri berselfie memakainya. Selain itu, dapat sharing juga tentang tips selfie kece ala selfie expert. Catettt... Melalui acara ini aku dapat banyak pencerahan soal selfie.


Suasana gathering blogger Bandung & O-Fans
The Secret of Selfie Expert, oppo F1s

Oppo F1s (sumber: Oppo)
Salah satu faktor penting dalam menghasilkan foto selfie yang bagus adalah dari segi device-nya. Untuk soal ini, Oppo terkenal dengan fokus brandingnya yang terus berinovasi pada kualitas kameranya. Sebetulnya udah lama aku ngeceng pengen punya Oppo. Melihat salah satu teman blogger yang memiliki Oppo F1 & sering mengunggah foto selfie & wefie-nya di medsos, hasilnya bagus-bagus. Dia adalah Teh Nchie. Cukup sering juga aku numpang wefie atau difotoin pake kamera Oppo-nya, hehe. Kini, Oppo menghadirkan Oppo F1s yang bahkan spesifikasinya lebih tinggi lagi. Menamakan diri sebagai selfie expert, Oppo F1s dibekali kamera depan beresolusi 16MP, dengan kamera belakang 13 MP. Wih, biasanya kan kamera belakang resolusinya lebih tinggi, ini malah kebalikannya. Rupanya Oppo benar-benar serius dalam membangun branding "selfie expert". 

Malam 28 September 2016 itu, bertabur hujan gerimis yang tak habis-habis, di ruangan Tjendana Bistro yang berpencahayaan redup, aku dan teman-teman yang hadir di Oppo Community Bandung gathering asyik berselfie & wefie ria. Bergantian, menjajal kamera depan Oppo F1s. Aku mencoba wefie bareng teman sebelah, Teh Gita. Saat mengecek hasilnya, wow, kagum dengan hasil jepretannya yang terang & tajam. Padahal suasana pencahayaan di ruangan saat itu sangat tidak mendukung untuk selfie cantik. Membuatku berpikir bahwa jika aku punya Oppo F1s, sepertinya kalau aku ditanya lagi apakah suka selfie, jawabannya akan berubah ke "yes!" :D.

Nyoba selfie bareng Teh Gita pake Oppo F1s
Apa sih rahasia dibalik kecenya selfie pake Oppo F1s? Kamera depan Oppo F1s dilengkapi dengan flash screen sehingga saat selfie di tempat minim cahaya, terangnya lebih merata, & mampu menangkap dengan baik gambar latar belakangnya juga. Kameranya dilengkapi dengan aplikasi beautify 4.0, dengan sensor 1/3. 1-inch. Efek beautification pada Oppo F1s cenderung lebih natural dibanding pendahulunya, Oppo F1+ yang lebih banyak memakai efek make up. Ibaratnya natural skin care vs make up. Kamera depan Oppo F1s juga dilengkapi banyak filter, serta ada mode panorama, sehingga selfie tak lagi dibatasi ruang. 

Fitur unggulan Oppo F1s lainnya antara lain Flash Touch Access. Dengan fitur 5 Fingerprints (sensor 5 sidik jari), bisa mengakses 5 aplikasi sekaligus dengan mudah. Untuk keperluan multitasking, Oppo F1s dipersenjatai 3GB RAM + 32GB ROM, prosesor MT6750 Octa-core 64-bit,dengan sistem operasi ColorOS 3.0, based on Android 5.1. Kapasitas baterai 3075mAH, serta berfitur fast charging. Body-nya berukuran 5,5 inci, dengan pilihan warna gold & rose gold.
Baiklah, melihat spesifikasinya, aku tambah ngeceng Oppo F1s!
Keasyikan selfie pake Oppo F1s bareng Widya 
Di sela-sela penjelasan fitur Oppo F1s oleh Mas Vani Hilman Ghifary itu, ada pertanyaan kenapa Oppo pake baterai tanam, bukan yang bisa dicabut? Alasan Oppo memakai baterai tanam justru untuk menghindari kebanyakan kasus cabut baterai saat hp ngehang, karena perilaku tersebut beresiko membuat IMC cepat rusak. Karena itu, baterai tanam cenderung lebih tahan lama. 

Tentang Selfie & Tips Selfie dari Bang Aswi

Usai sharing dari Mas Vani, Bang Aswi, ketua Blogger BDG yang suka selfie sharing seputar selfie & tipsnya. Kalau melihat istilahnya, selfie adalah self potrait photography. Kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, selfie = swafoto. Prinsip selfie yaitu mengambil foto sendiri tanpa bantuan orang lain, baik secara langsung maupun dengan alat bantu seperti timer, tongsis & dengan melambaikan tangan (palm) seperti yang ada di kamera Oppo. Jadi, selfie gak selalu harus pake kamera depan, & gak selalu harus sambil dipegang kamera hp-nya. Kalaupun motretnya dengan cara kameranya disenderkan di tempat strategis & pakai timer, itu juga termasuk selfie. Nah, aku lebih suka selfie pakai cara ini.

Sejarah selfie ternyata sudah cukup panjang, lho. Prosesnya sudah dilakukan sejak 1839 oleh Robert Cornelius, fotografer Amerika. Adapun istilah "selfie" sendiri dikenalkan pada tahun 2005 oleh Jim Krause. Boomingnya selfie sejak bermunculan aplikasi medsos.

Untuk urusan selfie, Oppo memang punya fitur yang sudah sangat memadai. OPPO sendiri kepanjangannya Own Potrait Photography Outstanding. Dan tagline Oppo pun berubah dari "Oppo smartphone" menjadi "Oppo camera phone". Dengan berbagai kelebihan kamera depannya yang sudah dibahas tadi, ini merupakan device untuk selfie cantik yang mumpuni. Lalu, bagaimana tips selfie yang bagus, di luar segi teknis device kameranya?

Ini dia tips selfie cantik:


1. Kenali dirimu. Ketahui bagian mananya kamu yang paling oke saat dijepret *ups, maksudnya saat difoto. Kan kalau sudah tahu, bisa berpose yang menonjolkan sisi cakepmu saat selfie.
2. Atur pencahayaan. Pencahayaan paling baik itu cahaya alami. Cari posisi yang efek cahayanya bagus. Kalau nggak ada, bisa pakai bantuan cahaya lampu ruangan atau aplikasi senter dari kamera lain. 
3. Cari background yang bagus. Misalnya pemandangan alam, lokasi ekstrem, & spot buatan yang bagus. Cari spot & angle terbaik & unik. Kalau backgroundnya udah bagus, pasang wajah aneh sekalipun gak masalah :D. 
4. Jangan malu. Selfie di tempat umum harus pede. Jangan jaim/sungkan. Kalau perlu, jangan pedulikan sekeliling dulu :D.
5.Jangan pernah percaya prinsip 1x jepret. Jepretlah beberapa kali, agar bisa milih yang terbaik. Karena bisa jadi yang satu itu hasilnya gak bagus.

Begitulah sharing rahasia selfie expert, Oppo F1s yang kudapatkan dari acara gathering Oppo Community Bandung. Aku dan teman-teman blogger & O-Fans banyak berfoto-foto. Malam yang bertabur selfie & wefie.

*Berandai punya Oppo F1s, sehingga  gak perlu lagi khawatir soal kualitas hasil selfie. Lalu aku bisa lebih mandiri berfoto ria, gak lagi banyak ngerepotin orang lain :D.

Komentar

  1. Serunyaaa punya hp oppo baru.. saya suka warna yang Gold mbak.. tapi harganya lumayan juga.. buat beli gaji sebulan aja mngkn gk cukup buat beli.. hehe..
    Tapi saya berusaha buat ngmpulin biar bisa dapet apa yg di inginkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, pengen punya Oppo F1s. Kemarin nyoba cuma dikasih pinjem doang, sayangnya, hehe...

      Aku lebih suka yang rose gold. Tapi yang gold juga sama2 keren :).

      Hapus
  2. Aah..senengnya gathering bareng oppo community, pada asik selpi masing2.

    Hayu ahh selfie pake oppo!!
    Mainkan palm, dadah2...
    Lebih puas hasilnya, dari pada nyuruh orang lain hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nihh seru, jadi ketularan banyak selfie :D

      Mau dong punya Oppo biar makin mudah selfie mandiri

      Hapus
  3. Aku juga jarang selfie, Euis hehehe. Boneka Opponya lucu ih, bakal jadi pajangan keren kalau punya hp Opponya juga, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya... Lucuuu... Kalau punya OPPO F1s aku tambah lucuuuu *eh :D

      Hapus
  4. Huaa mupeng pengen Oppo, btw thx ya tips selfienya ��

    BalasHapus
  5. Whuiiii itu kamera depannya kece badai lah, tapi masih lumayan ya harganya...

    Btw euis skr udah jago selfie belum. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, kudu nabung nih.

      Aku belum... Kudu dipancing pake Oppo F1s dulu kayaknya :D

      Hapus
  6. keren banget ya hape OPPO F1s ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, bikin tergoda utk punya.

      Hapus
  7. Keren ya kalau punya OPPO Fs jadi ga harus minta tolong ke Orla kalo mau foto sama artis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, gak cuma foto sama artis aja kali. Tapi emang sih, biar gak kebanting banget lah ya... :D

      Hapus
  8. Oppo utk urusan foto ciamik deh... pakai f1 aja dh bagus apalagi pakai yg plus :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep sih fitur-fitur kameranya ya :).

      Hapus
  9. OPPO Kameranya bagus. Anak saya pake, dan hasil fotonya memang bagus :)

    BalasHapus
  10. hapenya keren, fiturnya juga gak kalah keren.

    BalasHapus
  11. wah,, ini hp cocok banget buat para narsiser, hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh