Gathering & Tur Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (eNHaii)


Iklim pariwisata di negeri kita saat ini bisa dibilang makin menghangat. Ketertarikan publik pada hal-hal yang berbau wisata kini makin menggejala, salah satunya terima kasih kepada kekuatan media sosial yang membuat informasi makin mudah menyebar. Entah itu kesukaan posting selfie ataupun fotografi di tempat-tempat wisata, budaya ini turut menjadi media yang potensial dalam mengangkat kepariwisataan Indonesia. Di sisi lain, tantangan dalam meningkatkan kualitas kepariwisataan Indonesia juga makin tinggi. Dibutuhkan para profesional yang memiliki kompetensi mumpuni. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (eNHaii) berkomitmen mencetak kader-kader profesional di bidang ini. Seperti apa gerangan pola pendidikannya? Kepoin yuk!

Akhir Agustus lalu aku sempat bertandang ke kampus yang terletak di Jl. Setiabudi itu. Itu adalah kunjungan ke duaku ke kampus eNHaii. Kunjungan pertama bertahun-tahun lalu hanya karena mengikuti sebuah event yang bertempat di kampus tersebut. Kunjungan kedua ini lebih istimewa. Karena memang tujuan datang ke sana untuk mengenal STPB, menghadiri undangan sillaturrahim dari pihak kampus dengan komunitas Blogger BDG. Siang itu setelah dijamu dengan aneka penampilan dari beberapa klub mahasiswa STPB dan diperkenalkan mengenai STPB dalam format seminar kecil, kami juga dipandu tur kampus dan melihat langsung beberapa kegiatan pendidikan yang tengah berlangsung. Wah, senang deh! Sekarang aku jadi ada gambaran lebih tentang STPB yang lebih akrab di kalangan umum disebut "eNHaii" itu. Dulu kalau dengar eNHaii, malah keingetannya kuliner "surabi eNHaii" yang terkenal itu. Hehe...


Kenalan dengan STPB
Sesi gathering & perkenalan STPB
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Bandung Institute of Tourism) adalah perguruan tinggi yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, dan secara teknis akademis dibina oleh Kemendiknas. Secara garis waktu, kampus ini sempat mengalami beberapa perubahan. Dulunya adalah Hotel Vocational (1959) yang berubah menjadi Hotel & Tourism Academy (1962-1973), National Hotel Institute (1973-1979), Tourism Training & Education Centre (1981). Sejak 1993, nama resminya STPB, meski nama yang cenderung kuat melekat di masyarakat justru NHI (eNHaii). Program-program pendidikannya mulai dari D-III, D-IV, S1, dan Magister Manajemen Pariwisata. Ada Jurusan Hospitaliti, Jurusan Perjalanan, dan Jurusan Kepariwisataan, yang masing-masing terbagi lagi ke bidang-bidang studi yang lebih spesifik. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar program pendidikan di STPB, langsung aja cari tahu di webnya ya... Karena yang ditekankan adalah keterampilan, maka pendidikan di kampus ini banyak diperkaya dengan praktek laboratorium, studi lapangan, dan praktek kerja nyata.
Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di kampus ini juga beragam, mulai dari yang sifatnya religius, hingga keterampilan & hobby. Di antaranya ada klub angklung Nara, modern dance, dan eNhaii Bartender Club (NBC) yang sempat tampil menghibur saat blogger gathering. 

Bicara soal pariwisata, bidang ini sangat menuntut kerja kolaborasi. Dalam pegembangan program pendidikan, STPB juga banyak melakukan kolaborasi/kerja sama dengan berbagai institusi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini disampaikan oleh Pak Doni, mewakili pihak STPB saat mengenalkan STPB ke blogger yang hadir. Dunia pariwisata juga butuh kerja sama yang baik dengan kalangan media. Hal inilah yang membuat STPB berinisiatif untuk menjalin sillaturrahim dengan komunitas Blogger BDG. 

Tur kampus STPB

Usai acara gathering formal, kami dipandu tur kampus dengan beberapa mahasiswa sebagai guide. Saat jalan-jalan di kampus ini, tiap kali berpapasan dengan mahasiswa, mereka selalu menyapa, "selamat siang, Bu/Pak". Ternyata ini sudah jadi budaya. Sikap ramah tamah dan etika terhadap tamu yang penting sekali dalam bidang hospitaliti. Kami diajak melihat beberapa tempat praktek mahasiswa, di antaranya adalah ruang simulasi bandara, ticketing (monitoring), simulasi bis, dan simulasi restoran.
simulasi bandara
ruang ticketing (monitoring)
simulasi bus
Bagiku, bagian restoran itu yang paling menarik. Kami diajak masuk dan melihat langsung ke dalam Restoran Nusantara. Restoran ini tempat praktek dan training untuk mahasiswa Manajemen Tata Hidangan (MTH), Manajemen Tata Boga (MTB), dan Manajemen Patiseri (MPI). Hanya di waktu-waktu tertentu saja restoran ini terbuka untuk umum, misalnya bila ada acara khusus atau untuk menjamu tamu khusus. Di ruangan restoran terlihat kesibukan mahasiswa semester bawah yang sedang training seputar table manner dan tata hidang, dibimbing oleh mahasiswa semester atas yang bertindak sebagai supervisor. 
Nusantara Restaurant

Suasana training di Restoran Nusantara
Bar di salah satu sudut Restoran Nusantara
Di dapur, terlihat kesibukan mahasiswa Tata Boga. Semua, mulai dari kitchen, patiseri, dan serving di restoran harus sinkron. Tak hanya soal timing, ini jelas membutuhkan kerja sama yang kompak dari semua bagian. It's not as easy as you think. Tidak semua orang tahu detail semua proses yang ada ini ketika memesan hidangan di restoran. Semua ada ilmunya. Aku sih tertarik banget melihat semua kesibukan ini. Karena kan aku suka banget tuh nonton film/drama bertema makanan atau restoran :D. Biasanya aku lihat semua ini di layar TV/laptop. But this is real!
Suasana di bagian dapur
Suasana training di restoran fine dining
Beranjak ke lantai atas, adalah tempat praktek untuk restoran fine dining, yang levelnya lebih tinggi dibanding Restoran Nusantara di lantai bawah. Di sini suasananya lebih tegang, karena saat itu di sana sedang berlangsung training siswa SMK Tata Boga dari seluruh nusantara dalam rangka persiapan mengikuti lomba di Kuala Lumpur yang tinggal menghitung hari. Menyaksikan seorang gadis mengisi sederet piring dengan buah-buah satu per satu, ditata sedemikian rupa dengan ritme yang tetap, bermenit-menit, tanpa terburu-buru, melihatnya saja butuh kesabaran tingkat tinggi :D.

di beranda restoran fine dining
Oh iya, kami sempat juga mampir ke lobby Hotel eNHaii. Baru tahu, ternyata ini hotel terbuka untuk umum. Tadinya kirain hanya buat praktek juga :D.
Hotel eNHaii
***
foto bareng Blogger BDG di kampus STPB
Itu sekelumit cerita dari kunjungan ke kampus eNHai tempo hari. Bagi yang penasaran lebih lanjut mengenai pendidikan di STPB, silakan langsung tanya ke pihak kampus atau berkunjung ke web resminya ya...


Info:

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Jl. Dr. Setiabudhi 186 Bandung 40141
Telp. 022-2011456, fax. 022-20122097
www.stp-bandung.ac.id

Komentar

  1. aku tahu tempatnya karena dekat sana ada surabi yang enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surabi eNHaii emang terkenal, ya Mbak :)

      Hapus
  2. kampus nyang saya idam2kan dulu ini...hembb....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu ya. Kayaknya seru sih belajar di kampus ini :D.

      Hapus
  3. saya juga taunya sekolah ini namanya enhai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sudah telanjur brandingnya nama itu yg terkenal. Makanya katanya ada isu untuk kembali lagi namanya seperti dulu :).

      Hapus
  4. Baru tau nih, ternyata hotelnya terbuka untuk umum juga ya

    BalasHapus
  5. jadi treingat kampus saya di POLBAN. DUlu kalo liat mahasiswa/i ENhai suka mindr, mereka keren ya dan rapi kuliahnya pakai jas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe... Begitu ya. Maklumlah beda bidang juga pendidikannya, Mbak :D.

      Hapus
  6. Hmm..lihat enhaii jadi inget masa lalu, bolak-balik ke Gerlong

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Happy Yummy Journey, Perjalanan Traveler Perempuan Korea Pecinta Durian Mencari Tempat-tempat Membahagiakan