Menjenguk Keindahan Pantai Slili di Jogja


Jogja selalu punya banyak cerita tentang aneka tujuan wisata yang menarik bagi para pelancong. Pesona Jogja seperti tak ada habisnya. Kota yang selalu bikin kangen ini punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Liburan di Kota Gudeg ini tak cukup sehari – dua hari. Nggak puas :D. Untungnya masih banyak penginapan atau hotel murah di Jogja. Jadi bisa diaturlah soal budgetnya. Nah, yang mau kuceritakan ini tentang kunjungan ke Pantai Slili. Sebuah pantai yang berada di kawasan Kabupaten Gunung Kidul.

Banyak destinasi wisata pantai di Jogja. Kalau dulu, Pantai Parang Tritis mungkin yang  paling populer. Kalau sekarang sih sudah banyak nama pantai di Jogja yang dikembangkan potensi wisatanya dan menjadi populer. Di antaranya adalah pantai-pantai yang berada di kawasan pesisir selatan Gunung Kidul. Deretan pantai yang berada Gunung Kidul itu sekarang sudah mendapatkan banyak sorotan karena kecantikan alam dan keunikannya masing-masing. Pantai Slili adalah salah satunya. Pantai-pantai lain yang populer adalah Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini, dll.

Pantai Slili sebetulnya pantai kecil saja, letaknya menyelip di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan.  Di penghujung tahun 2012, ketika aku berkunjung ke sana, pantai ini belum begitu populer, setidaknya dibandingkan Pantai Indrayanti alias Pantai Pulang Syawal. Malah saat itu sebetulnya aku hendak dibawa jalan-jalan berkunjung ke Pantai Indrayanti oleh teman. Tetapi niat itu urung karena sesampainya menuju jalan masuk Pantai Indrayanti, macet banget karena pengunjungnya padat membludak. Akhirnya putar balik, dan tadaa… Aku terdampar di pantai cantik yang baru kutahu belakangan bernama Pantai Slili ini.

Pemandangan dari atas bukit karang pembatas Pantai Slili-Krakal
Karena tidak seramai Pantai Indrayanti, aku asyik sekali menikmati suasana Pantai Slili. Debur ombak, karang-karang hitam, pasir putih, dan lautan biru berbuih putih, tak urung membuatku merasa kecil sekali di antara kemegahan alam pantai dan laut ini. Pemandangan yang menarik terpampang ketika aku memanjat bukit karang yang menjadi pembatas Pantai Slili dengan Pantai Krakal. Dari atas situ pemandangan Pantai Sadranan di sebelah kirinya terlihat jelas, dengan sebuah pulau karang di kejauhan. Di kanan, terlihat pemandangan lautan biru dan buih ombak dengan pulau karang nun di kejauhan.

Pemandangan laut arah barat dari atas bukit karang

Pasir putih di sebelah barat tebing karang
Sebelum memanjat bukit karang itu, aku sempat menikmati suasana & foto-foto di pantai sebelah barat tebing karang yang merupakan ujung paling timur Pantai Krakal. Pantai Krakal sendiri cukup panjang garis pantainya, tak seperti Pantai Slili yang sempit.

Pantai Slili berjarak sekitar 65 km dari pusat Kota Jogja. Aku menempuhnya dengan berkendara motor, melewati Wonosari. Dari area gerbang masuk Pantai Baron masih terus lagi hingga melewati deretan pantai-pantai lain. Letaknya di antara Pantai Krakal dan Pantai Sundak. Pantai Slili berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY.

Batu-batu karang di sisi barat perbatasan Pantai Slili & Krakal
Pantai Slili adalah salah satu tempat yang sempat kukunjungi sewaktu terakhir kali liburan di Jogja. Selain Pantai Slili, saat itu aku sempat main juga ke kawasan Desa Wisata Imogiri, selain mampir pula ke Alun-alun Jogjakarta & Malioboro.

Liburan di Jogja enaknya nyari waktu yang tenang. Kalau traveling ke Jogja, baiknya buat perencanaan liburan yang ok dari segi waktu. Jangan lupa budgetnya juga. Kabar baiknya, masih banyak hotel murah di Jogja. Jangan kayak terakhir kali aku ke Jogja, cutinya 3 hari eh malah membengkak jadi 5 hari, hihi. Syukurlah waktu itu aku nginepnya di tempat teman. Kalau nggak, bisa bengkak budget buat penginapan.

Ada yang mau liburan ke Jogja? Ikut dong, hihi. Daftar traveling wishlist-ku di Jogja masih panjang sekali soalnya, hehe. Kalau ada kesempatan, aku masih kepengen sekali eksplorasi Jogja, terutama wisata alam dan pantainya. Maunya liburan ramah kantong ala backpacker. Lagipula, konon Jogja emang surganya para backpacker. Jadi rindu bertualang nih! 

Komentar

  1. Halo pantainya ramai sekali sekali pun cantik kita tidak nyaman menikmatinya ya mbak. Aku pun kalau sedang berada di sana lebih suka memilih pantai seperti Slili ini ketimbang berdesak-desakan di Drini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Evi. Dan kebetulan aku lebih suka ketenangan :).
      Pantai Drini ramai juga ya? belum pernah ke sana soalnya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aku juga terpukau. Baru kutahu pantai2 di Gunung Kidul itu cantik2 sekali.

      Hapus
  3. gosh, ini pantai di jogja lama2 kayak bali, selaluuuu aja ada yg baru :).. mana cakepnya juga ga kalah lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cakepp... Bikin kangen pengen main ke sana lagi 😀.

      Hapus
  4. Jogja banyak pantainya ya, aku sih baru ketiga pantai yga da di jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Yang di pesisir selatan Gunung Kidul ini berderet, masing2 punya nama & keunikan tersendiri. Tetanggaan gitu jadinya.

      Hapus
  5. Saya blm pernah nih mengunjungi pantai2 lain di Ygya, selain Parangtritis. Enak ya kalau pantainya msh sepi gtu, bisa lbh santai2 :D

    TFS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parang Tritis aku kunjungi udah lama sekali.
      Iya, gak asyik kalau terlalu rame :D.

      Sama2 :).

      Hapus
  6. Ah bukan main indahnya, waktu liburan kemaren saya sempet mau keisni. tp akhirnya gajadi soalnya ga keburu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lain kali sempat ke sana ya, Mbak. Emang, kudu punya waktu cukup biar sempat :).

      Hapus
  7. noted ahh, Jogja emang banyak surga tersembunyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp... Pengen eksplor pantai lainnya juga nih.

      Hapus
  8. Wah, pantainya indah dan bersih banget. Cocok buat destinasi wisata tahun depan ^-^
    Makasih info nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, selamat merencanakan liburan *pengen diajak :D.

      Sama2 :).

      Hapus
  9. Saya setuju banget sama paragraf pembuka tulisan ini.. Jogja tuh emang nggak ada abisnya dan selalu bikin pengen balik lagi dan lagi, dan lagi.. Saya juga ke Jogja maen ke Pantai Sadranan yang postingannya ada di blog saya.. Huhuhu.. Jadi kangen ke Jogja.. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... Aku aja baru 3x berkunjung ke Jogja. Yg 2x-nya udah lama banget, dan gak ada foto2 kenangannya, hiks... hiks... Baru yg ke-3 ini ada.

      Aku belum pernah ke Pantai Sadranan-nya. Padahal tetanggaan ya, hehe.

      Ini jg jd nostalgia :).

      Hapus
  10. sangat recomended ini pantainya, keren abis....

    BalasHapus
  11. Wah menarik artikelnya, lumayan buat referensi kalau main ke sana
    hehehe

    salam kenal ya
    http://kelilingdesa.com

    BalasHapus
  12. Makasih udah nunjukin keindahan jogja yang belum saya tau :)

    Salam,
    Aci

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon