Kuliner Unik Tomyam Kelapa Bandung

Tomyam Kelapa
Kali ini, aku mau cerita tentang kuliner unik yang baru-baru ini hadir di Bandung. Tomyam Kelapa. Ada yang sudah dengar? Mungkin kita tak asing lagi dengan yang namanya tomyam. Kuliner sup khas Thailand ini memiliki cita rasa asam-pedas yang khas. Lalu, apa bedanya dengan tomyam kelapa? Tomyam kelapa terbilang unik karena tak hanya tomyamnya disajikan di dalam batok kelapa, tetapi juga memasukkan unsur kelapa dalam tomyamnya. Sebagai penyuka tomyam, aku langsung penasaran ketika mendengar tentang kuliner unik tomyam kelapa ini. Di siang yang cerah di hari Minggu kemarin, aku berkunjung bareng teman-teman ke Tomyam Kelapa Bandung untuk nyicip tomyam kelapanya.

Tomyam Kelapa Bandung berlokasi di pujasera di Jl. Lombok No. 47 Bandung. Saat aku ke sana, Tomyam Kelapa Bandung baru banget buka, baru sekitar semingguan. Tomyam Kelapa Bandung merupakan cabang dari Tomyam Kelapa yang pusatnya di Saung Ibu, Tangerang Selatan.
Saat berkunjung ke sana bareng teman-teman, kami sempat ngobrol-ngobrol juga dengan krunya yang terdiri atas anak-anak muda yang bersemangat. Mereka ternyata alumni pesantren Daarun-Najah. Di antaranya ada yang masih kuliah lho. Tak mengherankan jika brand Tomyam Kelapa buka cabang di Bandung, karena kota ini terkenal dengan kulinerannya.

Tomyam Kelapa Bandung & the crew
Sebagian orang tidak suka tomyam karena rasa pedas-kecutnya yang cukup menyengat. Tomyam Kelapa di sini berbeda dengan tomyam biasa, karena resepnya sudah dimodifikasi menyesuaikan lidah orang Indonesia. Meski begitu, Tomyam Kelapa juga memakai bumbu khusus untuk tomyamnya yang didatangkan langsung dari Thailand. Itulah mengapa brand Tomyam Kelapa bertagline, "Thailand food with local taste". Yang unik lagi adalah kuah tomyamnya diracik menggunakan air kelapa sehingga memberikan cita rasa yang lebih gurih. Sebagian orang juga tidak suka makan tomyam karena alergi seafood. Nah, kandungan air kelapa dalam tomyam kelapa ini sekaligus memiliki fungsi dalam meminimalisir efek alergi seafood. Bagi yang tidak suka seafood, ada pilihan menu tomyam kelapa tanpa seafood juga kok.


Pilihan menu Tomyam Kelapa cukup beragam, antara lain ada Tomyam Kelapa Spesial, Tomyam Kelapa Daging, Tomyam Kelapa Campur, Tomyam Kelapa Seafood, Tomyam Kelapa Udang, Tomyam Kelapa Cumi, Tomyam Kelapa Ayam, Tomyam Kelapa Jamur, dan Tomyam Kelapa Sayur. Bisa pilih sesuai selera (harga berkisar mulai Rp. 17.000-35.000). Di antara menu-menu itu aku mencoba Tomyam Kelapa Spesial, karena isinya paling lengkap, hehe. Tomyam Kelapa Spesial merupakan menu tomyam kelapa yang berisi campuran potongan daging ayam, daging sapi, cumi, udang, bakso, dan jamur. Lengkap banget gitu, seporsinya harganya Rp. 35 ribu. Harganya terhitung murah.

Tomyam Kelapa Spesial (35K)

Tomyam kelapa dimasak dengan kuah air kelapa yang fresh. Jadi, wajar kalau ada jeda beberapa menit menunggu pesanan disajikan. Begitu pesanan terhidang, aku dan teman-teman sibuk mengambil foto, soalnya penampilannya unik, hehe... Biasanya yang terhidang di batok kelapa langsung itu paling-paling es kelapa muda. Ini batok kelapanya berisi kuah merah-oranye tomyam, dengan aneka isian di dalamnya. Tomyam Kelapa disajikan dalam batok kelapa muda yang masih ada daging kelapanya lho... Jadi, sambil makan tomyam, bisa ada aktivitas tambahan ngerokin daging kelapanya, hehehe. And I had fun doing that while enjoying my meal :D.

Asam-pedas-gurih. Kuahnya seger banget. Rempah-rempahnya terasa, menghangatkan. Dan ada macam-macam isian dalam menu Tomyam Kelapa Spesial. Dimakan bareng nasi, mantap. Dan yang menarik adalah, ketika tomyamnya dimakan dengan kerokan daging kelapa muda dari batoknya, rasanya unik. Daging kelapa yang lembut, lumer di lidah, berpadu dengan kuah tomyam dan bahan lainnya. Agak lucu juga. Aku menikmatinya ^_^. Ah, jadi pengen ke sana lagi. Nagih untuk kembali :D. 

Tomyam Kelapa Seafood (29K)
Unik ya. Buat yang mau coba juga, hayuk atuh berkunjung ke Tomyam Kelapa Bandung. Bentar lagi daftar menunya bakalan nambah lho. Jadi, bakal ada lebih banyak pilihan. Tak cuma menu tomyam, juga kwetiau, mie dan bakso.

Tidak sulit menemukan tempatnya. Akses menuju ke sana dengan transportasi umum bisa pakai angkot yang lewat Jl. RE Martadinata. Dari perempatan yang bercabang ke Jl. Citarum dan Jl. Lombok, tinggal jalan kaki sedikit masuk ke Jl. Lombok. Kalau aku kebetulan mengaksesnya dari Dipatiukur, naik angkot Riung Bandung - Dago, sedikit lewat Masjid Istiqomah di Jl. Citarum, dan turun di perempatan yang sama.

Peta lokasi:

Info:
Tomyam Kelapa Bandung
Jl. Lombok No. 47, Citarum, Bandung
Jam buka: 11.00-21.00 (weekdays), 11.00-22.00 (weekend)
www.tomyamkelapa.com
Twitter/IG: @tomyamkelapabdg

Komentar

  1. wah kayaknya enak bangetdeh ini, haruscepet cepet ke Bandung kayaknya :p

    salam kenal ya,
    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tahu nanti bakal buka cabang di kota lain juga :D.

      Salam kembali.

      Hapus
  2. Unik banget Tom Yum disajikan dalam kelapa, penasaran rasanya seperti apa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin penasaran emang. Kudu coba 😁

      Hapus
  3. tanggung jawab euis, aku jadi pengen (lagi) -- baca artikel di atas hehehe *Iya bener banget, menyegarkan citarasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Emang gak cukup sekali ke sana. Nagih ya Kang :D.

      Hapus
  4. aduuuh.... ga kebayang tuh rasanya gimana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain biar mantap, ngerasain sendiri :)).

      Hapus
  5. Klo make kendaraan umum susah ga aksesnya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah kok. Aku juga ngangkot ke sana. Nanti ditambahin deh infonya.

      Bisa pake angkot apapun yang lewat Jl. RE Martadinata. Turunnya di perempatan Jl. Citarum & Jl. Lombok. Tinggal jalan kaki sedikit ke arah Jl. Lombok.

      Hapus
  6. Klo make kendaraan umum susah ga aksesnya ka?

    BalasHapus
  7. Aku penasaran banget sama rasa Tomyam Kelapa ini mbak. Semoga segera buka cabang di Bangkalan atau Surabaya ya :)

    BalasHapus
  8. wah, seumur-umur saya baru tahu kalau kelapa bisa dibuat seperti ini...hahaha...keliatannya enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, baru tahu juga. Makanya unik :D.

      Hapus
  9. Asem pedas gurih itu kesukaan ku bgt deh.. suka bgt sm tomyam.. sayang disini ga ada tomyam kelapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama. Aku juga suka tomyam. Kapan2 mampir ke sini.

      Hapus
  10. wah,, tomyam kelapa sekarang ada di bandung toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, baru buka cabangnya di sini.

      Hapus
  11. Bisa jadi referensi kulineran di Bandung nih :)

    BalasHapus
  12. Aku kangen sama tomyamnya, pengen lagiiiii....

    BalasHapus
  13. Udah pernah nyobain di pusatnya yang di Bintaro. Wah nendang. enak banget. Nagih. Asem pedasnya mantab. Kelapa muda bikin krenyes-krenyes. Ada nasgi goreng juga di sini. Wah pengin makan lagi jadinya ...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sudah coba di pusatnya ternyata. Aku sih baru tahu semenjak Tomyam Kelapa ini buka cabang di Bandung saja. Duh, jadi pengen ngetomyam kelapa lagi deh... :)

      Hapus
  14. nice post ce , keren banget , enak juga ni tomyam ahahaha

    BalasHapus
  15. Pernah nyobain makan ini sekali, dan ketagihan, pokoknya kapan-kapan mesti balik lagi, titik.

    Salam,
    Kesya.

    BalasHapus
  16. Mau nyobain ini, tapi Bandung jauh banget :(

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus
  17. Umhh.. Yummy.. Kelihatannya nikmat sekali tuh tomyam. Apalagi dibalut aroma kelapa muda tuh. Rasanya cocok sekali nih mbak, jika dipadukan dgn resep minuman khas bandung yg pernah saya catat di http://www.anwariz.com/2016/12/resep-bajigur-asli-bandung-nikmat-bikin-hangat.html biar nambah suasana kuliner bandungnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh