Yoga In The Air With Kiranti

Yoga in the air with Kiranti di rooftop PVJ (doc. Kiranti)
Pagi itu pertama kalinya aku mencoba yoga. Sudah lama sebetulnya aku tertarik. Kesempatan itu datang ketika Kiranti menyelenggarakan yoga bersama di rooftop Paris Van Java Mall, Bandung, pada Sabtu pagi yang cerah (4/6/16). Begitulah pagi itu rooftop PVJ yang bersiramkan mentari makin cerah saja oleh nuansa kuning seragam tee peserta yoga dan hiasan balon kuning-orange yang mengelilingi area. Aku pikir ini acara yang sangat menarik. Belajar yoga bersama sembari mendapatkan wawasan seputar kesehatan dan wanita. Dan uniknya lagi, aktivitas yoga dilakukan di ketinggian, sky level, sehingga judulnya yoga in the air. Aku baru tahu, bahwa ternyata manfaat yoga tidak hanya untuk kesehatan secara umum, namun bermanfaat juga untuk membantu mengatasi masalah-masalah menstruasi. 

Nyeri haid adalah salah satu dari beragam masalah umum datang bulan. Menurut survei yang dilakukan Frontier, 62,7% wanita Indonesia mengalami nyeri yang mengganggu pada saat menstruasi dan menjadi kendala bagi wanita dalam beraktivitas. Hanya para ladies yang tahu gimana gak enaknya nyeri haid itu. Dan gejalanya pun berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang sakitnya masih bisa tertahankan sambil beraktivitas, ada juga yang parah sampai gak bisa ngapa-ngapain. Aku sendiri biasa kena masalah ini pada saat hari pertama haid. Meski bukan kategori nyeri yang parah banget, tetep aja sangat mengganggu aktivitas. Dan biasanya tingkat stres sangat berpengaruh. Kalau lagi happy, kadang nyeri haidnya gak muncul. Tapi kalau lagi stres, nyeri yang muncul tak tertahankan. 

Selain rasa nyeri/kram, keputihan dan mood swing juga menjadi keluhan yang banyak diakui mengganggu keseharian wanita saat menstruasi.
Nyeri/kram dan keputihan merupakan efek yang muncul dari proses menstruasi, yakni diawali dengan pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh yang merangsang kontraksi otot rahim, dan kemudian menyebabkan terjadinya peluruhan lapisan dinding rahim. Adapun menurunnya kadar hormon estrogen dan progesteron selama menstruasi mempengaruhi kondisi psikis yang ditandai dengan mood swing atau mood yang berubah-ubah. Kompleks ya. Keluhan-keluhan itu sangat mengganggu keseharian, padahal wanita masa kini dituntut untuk tetap enerjik dan selalu aktif.

Makanya, Kiranti berinisiatif mengkampanyekan "Stay Fresh & Healthy with Kiranti". Kampanye ini mengajak wanita Indonesia untuk tetap segar bugar, dan tidak menjadikan menstruasi sebagai halangan dalam menjalani aktivitas harian. Caranya dengan kembali kepada bahan-bahan alami dan berolahraga, misalnya dengan rutin melakukan yoga. Ini mengingatkan kita ladies untuk tidak mengambil jalan pintas instan dalam menghilangkan nyeri haid tanpa memperhatikan efek samping. Juga agar tidak menjadikan menstruasi sebagai excuse untuk mager alias malas gerak, apalagi berolahraga. Olahraga justru dapat mempelancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri. 
Kiranti & Me :)
Kembali ke Bahan Alam
Bahan alami seperti kunyit (curcuma domesticae rhizoma), mengandung bahan aktif kurkumin yang bekhasiat untuk anti inflamasi (mengatasi nyeri menstruasi), anti jamur dan anti bakteri (termasuk penyebab keputihan dan bau tidak sedap), serta antioksidan dan imunostimulan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kiranti memanfaatkan kunyit sebagai bahan utamanya. Hal ini dijelaskan oleh Michael Bliss  pada saat talkshow usai yoga. Dijelaskannya pula bahwa Kiranti itu aman dikonsumsi (laki-laki juga aman minum Kiranti :D), karena terbuat dari bahan-bahan alami. Sudah 22 tahun Kiranti mengolah bahan alam untuk membantu wanita Indonesia mengatasi masalah menstruasi. Kiranti sudah tersertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dan Obat Herbal Terstandar (OHT). Artinya, produknya sudah melalui uji pra klinis, bahan baku & proses produksinya telah distandarisasi dan terbukti higienis. 

Talkshow "Stay Fresh & Healthy with Kiranti" usai yoga (doc. Kiranti)
Untuk memperluas manfaatnya, Kiranti meluncurkan produk Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice dalam kemasan baru. Kalau Kiranti Sehat Datang Bulan Original menggunakan air mineral sebagai pelarut bahan alaminya, Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice menggunakan buah jeruk asli. Cocok bagi ladies yang kurang suka rasa jamu, karena ada tambahan rasa jeruk yang segar, disamping bahan-bahan  bahan kunyit, kencur, gula jawa, jahe, dan asam jawa, sehingga rasa pahitnya tak terlalu kentara. Aku udah coba, segar rasanya. Kiranti Pegal Linu kemasan biru tak kalah segernya. Kiranti yang rasa original kalau diminum dingin-dingin, menurutku gak terlalu pahit juga kok.

Olah Raga Rutin: Mengapa yoga? 
Yoga itu tentang keseimbangan. Menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Makanya yoga sangat membantu dalam mengatasi masalah-masalah menstruasi. Yoga in the air bareng Kiranti menghadirkan Mbak Yenny Christine yang telah berpengalaman menjadi instruktur yoga lebih dari 10 tahun. Mbak Yenny mengajarkan beberapa gerakan yoga sederhana yang membuat otot-otot perut lebih rileks sehingga dapat membantu mengatasi nyeri haid. Menurut Mbak Yenny, setiap gerakan yoga memiliki efek terapis yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk kepada fresh moment, dimana emosi kembali dapat teratur. Makanya, yoga sangat dianjurkan untuk dilakukan pada saat periode menstruasi.


Salah satu gerakan yoga pencegah nyeri haid adalah "Janu Sirsasana" (head to knee pose). Gerakan ini dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang satunya dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya. Kemudian, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut. Setelah itu, gerakan tadi diulangi pada kaki sebelahnya. Selain Janu Sirsasana, para ladies juga diajar mempraktekkan beberapa gerakan sederhana lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri haid seperti child pose, dan lain-lain.

Bagiku ini pengalaman yoga pertama yang cukup berkesan. Yah, meski ada acara panas-panasan dan silau karena tersorot matahari langsung di atas rooftop. Bagi newbie seperti aku, entah tak yakin juga apakah posisi & gerakan yoga yang dipraktekkan sudah betul apa nggak, hehe. But I try. Dan ada beberapa posisi & gerakan yang cukup menantang juga, cukup sulit bagi yang belum terbiasa karena memerlukan fleksibilitas dan endurance yang lumayan. Jadi pengen yoga lagi kapan-kapan.

Seremonial pelepasan balon & cheers (doc. Kiranti)
Usai yoga dan menyimak talkshow "Stay Fresh & Healthy with Kiranti", acara ditutup dengan seremonial pelepasan balon dan minum kiranti bersama, yang menandai peluncuran produk Kiranti kemasan baru. Setelah selesai acara, tak lupa foto-foto lah ya :D. Tambah segar ketika setelah yoga sarapan sehat dengan salad buah dan sayuran.
Foto-foto bareng bloggers KEB Bandung (credit: Efi Fitriyah)
Foto-foto lagi (credit: Vivera Siregar)
Dan foto-foto lagi... :D (credit: Vivera Siregar)
Sebelum Bandung, yoga bareng Kiranti ini sudah dilakukan di Jakarta. Rencananya akan digelar juga di beberapa kota lainnya. Untuk tahu lebih lanjut, bisa main ke diarykiranti.com, atau ke twitter/IG @diarykiranti, dan fan page fb Diary Kiranti.  

Komentar

  1. Yoga emang asik selain bikin sehat juga bikin cantik dan selalu bahagia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen yoga lagi deh... Pengen belajar lagi :).

      Hapus
  2. Pertama kali yoga mah agak sedikit bingung, hehe udahnya agak pegel-pegel juga. Tapi bikin nagih, pengen lagi. Kiranti orange juicenya seger (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bingung, krn posisi di belakang, jadi gak terlalu jelas kelihatan contoh dr instrukturnya 😀

      Hapus
  3. Aku suka banget kiranti kunir asem tapi yang dingin dr kulkas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, aku juga suka, apa lagi yg dingin, seger asem2nya :D.

      Hapus
  4. Aku suka yang rasa orange juice. Jadi ga berasa kayak minum jamu hehehe. Yoga lagi yuk, Euis. Kalau jalan sendiri suka males.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg orange juice gak terlalu pahit sih ya. Hayuk atuh, jadi nagih pengen belajar yoga lagi.

      Hapus
  5. Seru banget, ya, Mbak. Bisa yoga bareng-bareng.

    Aku kenal Kiranti dari zaman masih bocah yang baru cuma bisa penasaran dengan rasanya sampai sekarang. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru, Mbak, hehe.

      Iya, sudah 22 tahun loh, Kiranti. Lama juga yah :D.

      Hapus
  6. liat gambar kiranti jadi inget temen kuliah dulu. Dia kalau udah mau haid nyetok kiranti di kulkas sampe setengah lusin :D
    Salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin banget temennya ya, persiapannya mantap 😁

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh