[Review] Aplikasi My JNE: Jawaban Kebutuhan Pengiriman Barang Dalam Genggaman


Di era e-commerce seperti sekarang, kebutuhan akan layanan kurir semakin meningkat. Tentunya kita merasakan betul peningkatan kebutuhan kita sendiri dalam hal kirim-kirim barang (bukan kirim salam yah :D). Entah itu yang suka online shopping maupun pelaku jualan online. Aku aja yang bukan pelaku bisnis online dan bukan termasuk kategori online shopper "akut", turut merasakan adanya peningkatan kebutuhan itu. Dulu-dulu, beberapa tahun ke belakang, terbilang jarang aku menerima atau mengirim paket. Jauh berbeda ceritanya dengan sekarang. 

Tiap kali aku mendapatkan panggilan dari ibu kos karena ada paket datang, biasanya kirimannya menggunakan layanan JNE. Makanya kalau bicara soal kirim-kirim barang, layanan JNE-lah yang familiar dan nyangkut di benakku. Makanya ketika tiba saatnya aku perlu mengirim barang ke luar kota, insting pertamaku adalah mengecek perkiraan beratnya, dan cus browsing cari info tarif pengiriman JNE ke alamat yang dituju. Begitu pula ketika aku butuh membeli sesuatu secara online.

Kalau belinya di toko online sih biasanya sudah bisa lihat ongkirnya langsung ya. Tapi kadang kalau aku belinya japri ke penjual online yang mengandalkan medsos, aku perlu ngecek sendiri sebelum memutuskan order. Contohnya nih, aku kan peminat buku-buku klasik yang umumnya sudah susah dicari, baik di toko buku fisik maupun online. Ketika tahu ada yang jual buku incaran yang aku pengen banget punya, tentu tergoda untuk beli. Tahunya, ternyata pengirimannya jauh banget dari luar Jawa. Di situlah peranan ngecek harga vs ongkir jadi pertimbangan penting. Apalagi kalau akunya lagi kantong kering :D.

Harap-harap cemas dalam penantian menunggu kiriman kita tiba itu adalah hal lain. Kadang suka was-was takut gak nyampe. Soalnya aku pernah ngalamin, dulu banget dikirim kopi Aceh sama teman, tapi kirimannya gak pernah sampai. Itu belum seberapa. Bayangkan mereka yang berbisnis online, melakukan banyak pengiriman ke berbagai alamat pelanggan. Baik penjual maupun pembeli pastinya butuh bangetlah untuk bisa memantau status kiriman mereka. Makanya, bagi perusahaan jasa layanan pengiriman, inovasi untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan menjadi suatu hal yang sangat penting. 

Guna merespon kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat di era sekarang ini, JNE berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja layanannya. Selain mengembangkan produk layanan dan terus meluaskan coverage titik-titik layanannya, JNE juga telah meluncurkan layanan aplikasi My JNE. Aplikasi ini dibuat sebagai salah satu langkah JNE dalam menjawab kebutuhan pelanggan akan kecepatan, keamanan & kenyamanan dalam mengirimkan barang. Seperti apa aplikasinya? Ulik yuk. Kebetulan baru-baru ini aku sudah install aplikasinya.

Aplikasi My JNE di Google Play tampilannya seperti ini. Bernuansa merah-putih dengan karakter Joni sebagai icon.

Aplikasi My JNE merupakan aplikasi berbasis android yang menghubungkan nomor hp kita ke semua kiriman kita yang dikirim via JNE.

Fitur-fitur aplikasi My JNE

tampilan utama (Home) aplikasi My JNE
MY TARIFF: Cek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia
Tinggal ketik kirimnya dari mana ke mana, nanti kita langsung dapat informasi tarif pengirimannya sesuai jenis layanan pengiriman yang ada di JNE yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, lengkap dengan perkiraan waktu sampainya. 
- OKE (Ogkos Kirim Ekonomis): Tipe pengiriman barang berukuran besar atau berat dengan harga ekonomis via moda transportasi kargo udara & angkutan darat antar kota, provinsi, atau kabupaten.
- REG (Regular): Layanan pengiriman regular JNE.
- YES (Yakin Esok Sampai): Layanan pengiriman premium. Kiriman sampai tujuan keesokan harinya.
- SS (Super Speed): Layanan pengiriman cepat, diberangkatkan sesegera mungkin di luar jadwal rutin & tetap JNE.

Fitur cek tarif & tracking pengiriman

MY SHIPMENT: Cek Status pengirimanmu sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat.
Adanya fitur ini menjawab kegalauan kebanyakan pelanggan yang biasanya harap-harap cemas menunggu status yang tidak pasti *eh. Maksudnya, status kiriman barang jadi bisa dilihat sendiri dan terlacak rute perjalanan barangnya tanpa harus galau bertanya sana-sini. Tinggal ketik no. resi pengiriman di kotak Search Airwaybill. Atau bisa juga scan barcode langsung via kamera hp, praktis & berguna terutama buat pebisnis online yang mau ngecek status banyak kiriman sekaligus.

Fitur My location
MY LOCATION: Cek Lokasi pengiriman JNE yang terdekat
Asalkan GPS aktif & internet stabil, otomatis langsung menampilkan peta titik-titik pengiriman JNE terdekat. Cuma sayangnya belum semua titik JNE terdata di sini. Oh iya, aku sendiri nyoba beberapa kali, kok gak muncul ya titik-titik JNE-nya? Padahal aku tahu di dekat tempatku ada lokasi pengiriman JNE. Aku iseng bandingin lokasi JNE terdekat yang ada di aplikasi My JNE & versi di web JNE. Lokasi terdekat dengan tempatku gak muncul. Kalau aku googling mah alamatnya ada. Ini suatu hal yang bisa jadi catatan untuk perbaikan aplikasi JNE ke depannya.
lokasi JNE terdekatku gak muncul....
JNE terdekatku versi googling
MY COD: Membuat Order dari toko onlinemu dan Menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran.
Nah, kalau yang ini singkatan dari My Cash on Digital. Dengan adanya fitur ini, transaksi antara pembeli dengan penjual online jadi lebih aman dengan mediasi JNE. Dua-duanya bisa saling ngecek, baik pengiriman maupun pembayarannya. Syaratnya kedua belah pihak sama-sama memiliki akun My JNE. Fitur ini dilengkapi dengan My COD Wallet. Tapi aku belum bisa cerita lebih banyak karena belum mencoba mengeksplorasi fitur yang satu ini. Coba lihat video officialnya:

Menurutku, aplikasi My JNE ini menawarkan manfaat yang memang dibutuhkan buat pengguna jasa layanan JNE. Semua fitur pengecekan, info lokasi, pemantauan status kiriman, & kemudahan bertransaksi online bisa diperoleh dalam satu genggaman. Sangat memudahkan. 
Tinggal download aplikasi My JNE di Google Play Store. Coba deh :).


Komentar

  1. My JNE emang memudahkan banget yah, untuk penjual online ataupun tukang shopping online ihih

    BalasHapus
  2. My JNE emang super, aku yg suka belanja online gampang banget tracking paketanku XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olshopper kudu pake aplikasi ini :D.

      Hapus
  3. JNE selalu berinovasi
    smoga semakin menguntungkan konsumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih. Sering manteng TL-nya JNE sekarang banyak inovasinya :).

      Hapus
  4. Buat kirim package ke customer maupun kalo saya belanja online pasti pakenya JNE :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok tuh untuk menggunakan aplikasi My JNE :).

      Hapus
  5. Saya sering belanja online dan pasti yang mengantarkan kurir dari JNE :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah install aplikasi My JNE atuh ya? :).

      Hapus
  6. belanja jadi mudah ya dengan aplikais ini

    BalasHapus
  7. Belanja on line ku juga sering dikirim pake JNE. So far ga mengecewakan. Begitu juga kalau aku ngirim pake JNE baik-baik aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Teh. Selama ini Alhamdulillah tdk ada masalah dg pengiriman via JNE.

      Hapus
  8. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Novel Milea: Suara dari Dilan

Merayakan Momen Spesial dengan Makan-makan di Celebrate Cafe Bandung