Jalan-jalan Asyik di Kota Bandung

Halo... Masih ingat cerita "jahe" alias jalan-jalan hemat  keliling 9 spot Kota Bandung dalam sehari? Banyakkk ya...  Ini masih terusannyah. Part 3. Hehe... Untuk merefresh silakan baca-baca:
Jalan-jalan keliling 9 spot Kota Bandung (part-1)
Jalan-jalan Berkunjung ke 2 Icon Kota Bandung (part-2)
Dan ini dia part-3 nya...

6. Jl. Asia-Afrika
Di depan Varenhuis De Vries
Selepas Alun-Alun, jalan-jalan sore itu kami teruskan ke arah Jl. Asia-Afrika, tempat begitu banyak bangunan bersejarah berada. Salah satunya Museum Konferensi Asia-Afrika. Saat itu jalan tersebut ramai. Rupanya ada orang-orang berkostum aneka yang menarik perhatian pengunjung.

cosplay di Jl. Asia-Afrika
Ke arah Cikapundung, di sana-sini ada kerumunan pengunjung mengagumi kreasi seniman yang menawarkan sketsa gambar wajah on the spot. Kegiatan ini menambah daya tarik jalan-jalan sore itu.
seni sketsa on the spot
7. Jl. Braga
Braga
Dari Asia-Afrika, jalan kaki diteruskan ke arah Jl. Braga, jalanan yang senantiasa berkesan klasik di Kota Bandung. Aku selalu senang jalan-jalan menyusuri Braga. Melewati lukisan-lukisan seniman yang dijual di pinggir jalannya. Braga punya banyak cerita.


8. Taman Balai Kota
Taman Balkot di siang hari
Usai dari Braga, kami sempat singgah sejenak ke Taman Balai Kota. Kala itu sudah senja. Hari sudah mulai gelap. Asyiknya sih ke sini pas hari masih siang, cerah. Beberapa kali ke sini, pemandangan terbaik itu ketika semua air mancur di taman ini menyala. Baik air mancur yang berada di kolam berpatung ikan maupun dekat patung badak. Selain bagus secara visual, suara gemericik air mancurnya menambah kesejukan suasana taman. “Gembok cinta” di taman ini cukup jadi favorit pengunjung buat berpose.
aliran air yg jadi daya tarik tersendiri

gembok cinta :D
9. Jl. Cihampelas
Sudah magrib. Waktunya pulang. Kami menunggu angkot di seberang Balai Kota. Eh, tapi seperti biasa, kalau udah gelap begini, angkot yang menuju Dago sudah jarang lewatnya. Alternatifnya adalah muter-muter pakai angkot Kalapa-Ledeng, turun di depan Masjid Cipaganti. Dari sana ganti angkot Caheum-Ciroyom. Tapi pikir-pikir lagi, gimana kalau sekalian beli oleh-oleh di Cihampelas sebelum pulang? Gila, ya. Udah seharian jalan-jalan juga... Udah malem. Gak capek apa, jalan lagi ke Cihampelas? Tapi temenku bilang ok! Wah-wah, stamina full :D. Mereka bersemangat aja beli oleh-oleh. Soalnya mereka di Bandung cuma 2 hari efektifnya, hari ke-3 udah pada pulang lagi. Takut gak sempet, itu excuse-nya.

Jadi begitulah, usai istirahat magrib di Masjid Cipaganti plus ganjel perut pake siomay hangat, jalan-jalan hari itu ditutup dengan acara beli oleh-oleh di Cihampelas. Di sepanjang jalan Cihampelas berderet aneka FO, toko-toko yang jualan pakaian, kaos, aksesoris, tas, hingga peuyeum dan oleh-oleh makanan. Temenku puas berbelanja oleh-oleh kaos Bandung, aksesoris, tas & makanan. Setelah itu semua, menyambangi 9 tempat di Kota Bandung sekaligus dalam seharian, barulah kita bener-bener pulang.

*langsung tepar.
Etapi, esoknya jalan-jalan lagi :D.

Komentar

  1. bandung sekarang menjadi bersih dan keren banget kota nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak ruang untuk perbaikan, tetep. *Masih inget macet :D

      Hapus
  2. waa seru banget,belum kesampaian nih saya ke bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 main & kopdar blogger, Mak :).

      Hapus
  3. Yang saya inget malah cuma jalan braga aja :( *hiks* gara2 pernah ikutan book fair di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka ke Braga dulunya gara2 datengin pameran buku :).

      Hapus
  4. Tempat maennya, tempat yang selalu banyak turisnya semua. Nambahin dong, kalau aku sih seneng maennya ke Jl Riau a.k.a Martadinata, Jl Sultan Agung, dan yang paling disuka adalahJl Taman Sari dan sekitarnya yang adem. Bukan adem karena pohonnya, karena pemandangan wanita-wanita disekitaran beberapa kampus disitunya yang bakin adem. Hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang diposting di sini mah emang yg aku kunjungi waktu hari itu aja, kan ceritanya bawa temen dari luar kota utk jalan2.
      Hihi, dulu aku sempat ngekos di Taman Sari. Bertahun lalu. Kalau ke sana tuh jadi nostalgia :D.

      Hapus
  5. Jahe... Jahe, kirain wedang jahe ternyata jalan-jalan hemat.
    Bandung selalu menarik untuk dikunjungi. Makasih sharingnya mba, Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Salam kenal kembali :).

      Hapus
  6. 9 spot dalam 1 hari? Mana puaasss.. Hehehe.. Mungkin membosankan juga ya lama lama.. Tapi capek.. Aku aja jalan jalan sepanjang cihampelas ciwalk itu lama banget lama di belanja belanji nya, makan, oleh oleh.. Lebih bukan kayak jalan jalan mahh kalo ke bandung.. Malah lebih ke beli beli hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sih jalan2nya yg deket2 mah sekalian lewat, hehe...
      Capek iya, tapi begitu nambah lagi jalan buat beli oleh2 pada semangat lagi :D.
      Iya, harus kuat iman, kalau gak niat belanja jangan lirik2 :D.

      Hapus
  7. Beberapa nama jalan itu saya taunya dari tipi hehe. Blm pernah benar2 menginjak Bandung, numpang lewat doank ke Lembang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 menapak tilasi sendiri :D.

      Hapus
  8. Wuuiiihh Taman Balai Kota. Aku belum pernah ke sini nih. Jadi penasaran sama Gembok Cinta. Semoga aku dan partner-ku bisa jalan jalan ke sana ya. Aamiin ya rabbal alamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Rame terus kok di sana kalau hari cerah , apalagi libur :).

      Hapus
  9. Trotoarnya bersih banget, gila! :D

    Semoga kapan-kapan bisa ke Bandung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kebersihannya senantiasa terjaga sepanjang masa :D.

      Hapus
  10. mbak, klo ngikutin semua spot itu. dari spot 1 sampai 9, kira-kira untuk penginapan paling strategis daerah mana ya? misal tiba di stasiun pagi n lgsg pengen jalan2in rute di atas. apakah daerah deket kampus Unpad ke bandara besoknya kira2 strategis ga mbak? mohon masukannya ya, lgsg pengen jalan ke bandung nih dalam waktu deket.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah... Mau dijabanin ke 9 tempat ini? Ini aku rada nekat juga, ehehe...
      Aku juga berangkatnya dari daerah deket kampus Unpad. Yg deket mah paling Monju, Gedung Sate, Taman Kandaga Puspa, Taman Lansia.
      Agak menjauh dikit & berdekatan: Taman Balkot, Jl. Braga, Jl. Asia-Afrika, & Alun-alun.
      Cihampelas beda sendiri arahnya.

      Kalau dari Unpad ke Bandara gak begitu dekat juga, sekitar 45 menitan, tapi kalau gak macet. Masalahnya Bandung sekarang suka macet parah.

      Kalau dari stasiun lebih dekat ke Alun-Alun dulu & sekitarnya.

      Hapus
  11. Bandung sampai ke pelosok juga asik sih buat dijelajahi

    Salam,
    Roza.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh