Reuni Kecil-kecilan Banyak Jalan-jalan di Kota Bandung



Rerumputan dari sebuah lapangan di suatu desa di Jogja

Penghujung tahun kemarin aku kedatangan tamu dari jauh. Dua orang teman dari Jawa Tengah datang jauh-jauh ke Bandung memanfaatkan waktu liburan. Bagiku, ini adalah momen yang bisa dibilang spesial. Udah jarang lagi aku merasakan ikut liburan di waktu hari libur. Biasanya mau libur apa nggak, gak ada ngaruhnya, hehe. Kubilang spesial juga karena tidak sembarang waktu aku bisa bertemu teman-teman lamaku ini. Teman masa SMP sewaktu mondok di Brebes dulu, bertahun-tahun lalu *masa Abegeh :D. 15 tahun lalu! Wow. 

Selama masa 15 tahun sejak lulus, penghujung 2015 itu kali ketiga kami bertemu. Reuni kecil-kecilanlah, gitu. Reuni pertama adalah selang 12 tahun sejak berpisah pasca lulus. Ketemuan sekalian jalan-jalannya di Jogja, ketika salah seorang temanku tinggal di sana. Kala itu masih kuingat, penghujung tahun 2012 aku yang jauh-jauh datang sendirian ke Jogja. Setahun kemudian, kami bersepakat bertemu di pesantren tempatku dulu mengaji. Jadilah aku  jauh-jauh datang ke Brebes. Kini, 3 tahun sejak reuni pertama, akhirnya tiba giliran mereka yang berkunjung ke Bandung ^_^. 

Tapi, bagaimana dengan agenda jalan-jalan? Kemana saja ya? Sejujurnya aku sendiri tidak ada persiapan sama sekali. Seminggu sebelum kedatangan mereka, aku sibuk dengan kerjaan. Malah ada beberapa hari yang ngantor full rapat seharian dari pagi – magrib. Jangankan merencanakan perjalanan, lha beres-beres kosan aja baru kulakukan sejak pagi hari sebelum kedatangan mereka sore harinya. Hihi. Masalahnya adalah aku punya keterbatasan. Ya keterbatasan dana (makanya jarang “liburan”, keterbatasan kendaraan alias mengandalkan angkot, dan keterbatasan sebagai guide, aku sendiri yang udah lama di Bandung tetep aja suka bingung sama jalur angkot. Dan masalah kalsik spasial yang kalau liat googlemap tuh membantu sih, tapi bingung tetep, hehehe... 

Rencana dadakannya adalah, hari pertama keliling spot-spot yang ada di Kota Bandung dulu yang gampang dijangkau dari kosan. Itu adalah trik jalan-jalan hemat, hehe. Barulah hari kedua inginnya ke tempat wisata di Lembang yang aku juga penasaran pengen berkunjung. Cuma punya 2 hari efektif untuk jalan-jalan. Abis itu hari berikutnya teman-temanku pulang lagi. What a short time! Gak cukup keliling Bandung dalam 1-2 hari lah ya. Bahkan meski tempatnya berdekatan. Etapi, percaya gak percaya, dalam seharian itu kami berhasil jalan-jalan menyinggahi 9 tempat loh. Dalam sehari. Ngandelin angkot & banyak (banget) jalan kaki. Pokoknya pulang-pulang malam harinya kaki langsung pegal-pegal deh :D.

Beruntunglah kita-kita ini bukan gadis-gadis cengeng yang males jalan kaki, hahah. Soalnya ini jalan-jalan benar-benar diwarnai oleh banyak banget jalan kaki. Jadi inget, dulu waktu traveling di Jogja juga ada satu episode perjalanan yang diwarnai oleh jalan kaki + hiking gila (tak terencana) entah berapa kilo yang kita tempuh. So, meski capek, kita mah hepi-hepi aja nikmatin jalan-jalannya :D. We had a lot of memories through traveling.

It’s really amazing when I think about it. Masih saja lekat di ingatanku ketika dulu, kupikir bertemu lagi teman lama sekalian traveling, mungkinkah? Setelah berpisah lebih dari 10 tahun, saat kangen masa jadul, rasanya keinginan itu hanyalah angan-angan. Saat itu aku hanya punya kontak fb & sms/telepon. Tapi suatu hari di tahun 2011 aku sempat menuliskan catatan kecil. Kutuliskan keinginan dan ide itu di notes fb, dan ku-tag teman-temanku. Dulu rasanya ada banyak komentar “hayu”, tapi “kapan?”, “kapan-kapan”. Tak menyangka, selang setahun setelah kutulis ide itu, keinginan itu terkabul ^_^. Dan tambah Alhamdulillah, penghujung 2015 kemarin reuni kecil itu berlanjut lagi, di Bandung. Di saat aku sedang agak susah untuk meluangkan waktu traveling, mereka yang datang. 

Awalnya hanya catatan ide selewat...
Reuni kecil-kecilan ke-3: Bandung
Aku berharap reuni kecil-kecilan ini bisa berlanjut lagi ke depannya. Next, kemana? Purwokerto? Semarang? Semoga! Dua destinasi itu yang kebayang sekarang, karena seorang temanku berasal dari Purwokerto. Yang satu lagi dari Tegal, tapi aku sudah pernah singgah di rumahnya dalam perjalanan pulang dari Brebes sewaktu reuni kedua. Kalau Semarang? Itu karena temanku satu lagi, yang belum pernah bertemu sampai sekarang (sudah 15 tahun!), kini tinggal di Semarang. Sayang sekali temanku yang satu ini gak bisa turut serta dalam reuni kecil-kecilan kami. Maklum sudah rempong, udah punya anak. Dia selalu bilang, lain kali ke Semarang, biar dia yang dikunjungi, gitu. I wish! Semoga kesampaian.

Jadi, jalan-jalan Bandungnya kemana sajakah? Baca cerita berikutnya ya... :) :
Jalan-jalan Keliling 9 Spot Kota Bandung dalam Sehari
Mozaik Bandung: Liburan yg Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Komentar

  1. aih senangnya bisa reuni kecil2an..

    BalasHapus
  2. jelajah seluruh indonesia kalau perlu ^_^

    BalasHapus
  3. semoga silaturahmi nya tetap terjaga ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Waa, pasti senang yaa bisa reunian :) apalagi sambil jalan-jalan happy bener deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya. Jadi memori yang mengesankan :)

      Hapus
  5. meski reuni kecil2an tapi niat silaturahminya itu loh dan ngobrol2 cantiknya...

    aku juga bukan gadis ehh emak2 yg cengeng utk dibawa jalan kaki, hayuu ajaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, itu yg penting :).

      Heuheu... hayu atuh jalan2 :D.

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh