Jalan-jalan Keliling 9 Spot Kota Bandung dalam Sehari


Jalan-jalan berkunjung ke 9 spot menarik di Kota Bandung dalam sehari? Apa mungkin? Well, aku sudah berhasil melakukannya. Tapi memang perjalanannya dibuat sedemikian rupa yang deket-deket dan mudah diakses dari kosan. Ini cukup gila juga sih, soalnya kelilingnya gak pake motor atau mobil. Melainkan ngandelin moda transportasi umum macam angkot & bis kota plus banyak sekali jalan kaki, hehe.


Tapi ngapain juga repot-repot berkunjung ke begitu banyak tempat ya? Itu mah alasannya rada ambisius, sih. Ceritanya menghabiskan hari liburan dengan jalan-jalan. Karena seperti ceritaku di postingan sebelumnya (Reuni Kecil-kecilan Banyak Jalan-jalan di KotaBandung), penghujung tahun kemaren temen-temenku dari Jateng datang main berkunjung ke Bandung. Jadilah seharian itu (25/12/2015) kuajak jalan-jalan dengan agenda yang semi mendadak gitu :D. 

Ini dia spot-spot Bandung yang kami singgahi.

1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat


Alias Monju, alias Monpera. Letaknya yang berada seberang Unpad Dipati Ukur sangatlah dekat dengan kosanku. Jadi kita mampir sambil lewat aja gitu. Sekalian lewat beli sarapan pagi. Dulu, tiap pagi warga sekitar banyak juga yang suka lari pagi di kawasan monju. Sekarang keadaannya udah lain. Monju sekarang sudah ditingkatkan pengelolaannya. Orang tak bisa sembarang nongkrong-nongkrong di sana seperti dulu. Gerbang masuk dari belakang sudah dijaga satpam. Jam kunjungan untuk masuk ke dalam hanya di hari kerja dari jam 9.00-16.00. 

Berhubung hari itu libur, yah, kuciwa deh, gak bisa ngajak temanku masuk mengeksplorasi bagian dalamnya. Walhasil berfoto sajalah dari luar pagarnya. Dan kita langsung move on untuk beli sarapan di sekitar taman depan monju karena sudah kelaparan :D.

2. Taman Lansia


Habis sarapan, dari kawasan monju kami teruskan berjalan kaki lewat lapangan gasibu yang masih direnov, terus sampai Jl. Diponegoro di mana Taman Lansia berada, sampingnya Gedung Sate. Kalau ngajak liburan anak-anak sih, dari situ juga bisa mampir ke Museum Geologi, deket juga. Anyway kita ke Taman Lansia. Aku sering juga kesana. Tapi pas ke situ aku mendapati ada lagi yang baru, yaitu jembatan berpagar abu yang sebelumnya belum ada. 


Meski namanya Taman Lansia, tempatnya asyik buat jalan-jalan hemat untuk semua usia, hehe. Jalan-jalan di taman yang banyak hijau pohonnya itu menyenangkan, bisa duduk-duduk juga di tempat yang disediakan. Mau narsis-narsisan foto mah pasti bisa. Kolam retensi dengan hiasan pagar kayu pendek dan lampu yang favorit untuk berfoto berada di ujung taman yang berlawanan.


3. Taman Pustaka Bunga


Alias Taman Kandaga Puspa. Letaknya dekat dari Taman Lansia, tinggal terusin jalan kaki selurusan pintu keluar. Siapa sih yang gak suka taman bunga? Tapi taman ini selalu bikin aku penasaran, kapankah gerangan ketika banyak bunganya yang bermekaran? Tiap kali kesana momennya selalu gak tepat. Hari itu kesana, lebih gak tepat lagi. Soalnya kok tamannya keliatan kurang terkelola dengan baik. Di musim hujan ini, yang subur hanya rumput-rumput. Rumpun tanam-tanaman bunga tak kudapati lagi :(. Sayang sekali. Memang sih, taman ini dikelola oleh relawan saja, mungkin kurang dana atau gimana kali yah. Jembatan besi bercat merah masih di sana. Tapi salah satu ujungnya kok kayak habis ditabrak raksasa ya? :(

Taman Kandaga Puspa dengan jembatan merahnya, 25/12/15 :(
Ini sewaktu jembatan merahnya masih baik2 saja...

Meski begitu, jalan-jalan di taman ini masih asyik kok. Selama dia masih hijau, meski hanya rumput dan pohon, it’s still lovely to be there because it's nature. Masih hijau, meski kurang bunga, tak sesuai dengan nama tamannya. Oh iya, di sini bisa juga beli tanaman pot lho.



4. ...

*Eh, baru mau no.4 udah panjang. Khawatir yang baca kecapekan, kita sambung ke postingan berikutnya aja ya, hehe... Tapi kita yang jalan kaki masih bersemangat loh jalan-jalannya :D.

**Baca juga:
Jalan-jalan Keliling 9 Spot Kota Bandung part-2
Jalan-jalan Keliling 9 Spot Kota Bandung part-3

Komentar

  1. Wah...makin banyak spot2 cantik di kota Bandung untuk dikunjungi.. Memang Bandung jawaranya deh.. Dah lama gak ke Bandung jadi pengen lagi nih ke sana, tapi kapan ya.. Mudah2an deh ada waktu dan dana bisa liburan bareng keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 main, Mbak. Tapi jangan weekend, ntar macet banget... Hehe...

      Hapus
  2. bandung kota taman yg indah2, salut buat kang Emil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang kalau lebih banyak ruang terbuka hijau. Tapi ada jg yg kurang terawat, ya sayang juga...

      Hapus
  3. bandung makin cantik aja jadi pengen kesana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapannya sih gak cuma cantik, tapi lebih nyaman juga. *Inget macet :(

      Hapus
  4. nice artikel, jadi banyak tau lokasi2 di bandung

    BalasHapus
  5. di surabaya ada juga mbak taman yg namanya taman lansia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bandung juga taman lansia gak cuma itu aja sebenarnya. Cuma yg lain2 tamannya utk warga RW sekitar aja.

      Hapus
  6. Bandung makin sejuk sama makin rame aja, apalagi jika di alun - alunnya klo sore atau weekend udah pasti banyak orang jadi rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu banyak orang kadang malah jadi pusing kalo di alun2, hehe...

      Hapus
  7. Wuah boleh juga nih jadi referensi.. Sejak Ridwan Kamil memimpin Kota Bandung, saya baru pernah sekali ke sana tp blm sempet muter2

    Berkunjung juga ya ke blog saya http://bit.ly/ayomaubertanya dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak/komen di sana ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan. Hanya sarannya muter Bandung jangan di hari libur, hehe. Gak bisa terpungkiri macetnya itu.... *sigh

      Hapus
  8. Kota sejuta taman ya sekarang bandung.
    Smpe dikasih gelar walikota gila taman...gpp lah dr pada gila mall hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Begitu ya. Cucok itu julukannya :D.

      Hapus
  9. hihihi... asyik nih jalan-jalannya, seru padahal deket juga dr tempat tinggal, dulu suka lari pagi di taman lansia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, asyik2an jalan-jalan hemat, begitu :D.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Udah kepikiran mau mampir, soalnya deket juga. Tapi gak jadi :D.

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Novel Milea: Suara dari Dilan

Merayakan Momen Spesial dengan Makan-makan di Celebrate Cafe Bandung