Menikmati Cita Rasa Kopi Racikan Yellow Truck Coffee Sunda



Rasanya baru beberapa waktu lalu posting tentang kopi, eh sekarang ngobrolin ngopi lagi. Memang, sekarang ini di Bandung tak hanya banyak tempat kulineran baru, coffee shop juga tambah banyak. Apakah ini tanda-tanda semakin banyak pecinta kopi? Kalau begitu, aku jadi banyak temennya dong, hehe. Bicara coffee shop, beberapa waktu lalu aku dapat kabar kalau ada coffee shop baru di Jl. Sunda. Yellow Truck Coffee & Tea namanya. Sekilas mendengar namanya jadi membayangkan kopi yang dijual di food truck berwarna kuning. Tapi ketika aku datang ke tempatnya yang berlokasi di Jl. Sunda No. 65 itu, bayanganku meleset rupanya...
Mural 3D Yellow Truck
Yellow Truck Coffee di Jl. Sunda ini letaknya tidak jauh dari seberang Yogya Sunda. Dari luar terlihat bangunan bertembok bata polos, di atasnya bertuliskan Yellow Truck Coffee & Tea Co. Begitu berjalan ke arah pintu masuk, aku disambut oleh truk kuning dengan aneka perkakas bengkel yang menempel di dinding. Terlihat nyata, meski itu hanya berupa mural dengan gambar truk berkonsep 3D yang eye catching. Belakangan, jadi tergoda berfoto-foto di sini :D.
Yellow Truck Coffee & Tea Co Sunda

Pintu masuk langsung menghadap ke coffee bar. Ruangan cafenya terbagi menjadi 2, ruangan non smoking yang ber-AC di depan dan lebih ke dalam ruangan tak ber-AC buat area merokok. Secara keseluruhan cukup luas, berkapasitas 97 kursi. Ruangan cafenya di sana-sini bertembok bata polos, memberi kesan belum selesai dibangun. Belakangan baru tahu setelah dijelaskan, ternyata konsepnya memang sengaja dibuat begitu. Mengusung konsep rustic industrial, ruangannya berdekorasi minimalis, dengan tembok bata dan kursi-kursi besi rendah. Lucunya, di salah satu sudut ada tembok yang rusak melingkar seperti habis dipugar, menampilkan susunan bata dengan pipa di tengahnya. Tadinya bagian itu mau dipermak, tapi gak jadi gegara malah suka dijadiin background foto sama pengunjung. Nah lho, tembok rusak pun jadi ajang narsis :D.


Yellow Truck Coffee & Tea Sunda ini merupakan cabang ke-6 yang soft opening sejak 18 September dan baru grand opening pada 10 Oktober lalu. Sebelumnya di Bandung sudah ada 3 cabang lain di Jl. Linggawastu, Jl. Patuha, dan Dusun Bambu. Katanya konsep cafe yang di Jl. Sunda ini paling beda sendiri. Konsep rustic industrial itu dimaksudkan untuk menyasar selera nongkrong kaum muda, kesannya rock & roll gitu.

Hal unik yang ditonjolkan di cafe ini yaitu konsep open bar di mana pengunjung boleh bikin kopi sendiri dibantu barista kalau mau. Kopi yang disajikan di sini diproses dengan manual brewing v60, diracik dari kopi nusantara sesuai musim panen kopi di berbagai daerah. Contohnya sekarang yang digunakan adalah kopi Bone, Sulawesi Selatan yang berkarakter medium acidity & fruity. Dengan harga terjangkau, di sini kopi berkualitas bisa dinikmati semua orang.

Coffee shop ini punya signature coffee yang diracik dari perpaduan espresso dengan jus jeruk. Hm, seperti apa ya rasanya? Aku masih penasaran, yang ini belum coba. Ada pula Shakerato, racikan espresso dengan jus jeruk dan sirup vanilla. Untuk menu espresso based-nya ada pilihan Espresso, Capuccino, & Affogatto. 
Coffees ala Yellow Truck
Aku baru mencoba 2 menu special latte-nya yang cukup ngehits di kalangan pengunjung. Ada Iced Caramel Machiato, kombinasi es kopi dengan manis caramel yang segar diminum di siang hari. Untuk hot drink-nya ada menu Hazelnut Creme Brulle, terinspirasi dari desert Creme Brulle. Hazelnut Creme Brulle diracik dari perpaduan kopi dengan sirup hazelnut & topping caramel yang dibakar, membentuk lapisan yang mengeras di atasnya. Di balik lapisan itu, saat disendok, ada secangkir kopi yang lembut untuk dinikmati. Aku suka menu ini. Bagaikan secangkir kelembutan yang tersembunyi dibawah selimut lapisan yang tampak tegar, hehe.

Hazelnut Creme Brulle
Sambil ngopi, seperti biasa enaknya ditemani sajian makanan. Buat cemilan, ada pilihan menu light meals berupa Salt & Pepper Tofu (tahu lada garam), Salt & Pepper Mushroom (jamur lada garam), dan Nachos 21.
Light meals ala Yellow Truck

Jika ingin ngopi ditemani sajian makanan mengenyangkan, ada beberapa pilihan menu heavy meals tersedia, antara lain menu rice bowl, Asian, Western, & Pasta.
Menu Rice Bowls & Asian
Menu Western & Pasta
Aku sempat mencoba menu Dori Fish Burger, yaitu burger isi fillet ikan dori, disajikan dengan french fries, salad, & home made saus tartar.  Porsinya dijamin kenyang banget. Cocok untuk pemadam kelaparan :D.

Selain kopi, ada pula menu minuman lainnya seperti Peach Mojito, Hot Chocolate, Red Velvet Latte, Green Tea, & Oreo Chips. Namun, meski namanya Yellow Truck Coffee & Tea, di sini tidak tersedia menu khusus teh. Rupanya menu tea specialty itu adanya di cabang Jl. Patuha. Lalu, kenapa namanya Yellow Truck? Ternyata nama itu merujuk pada truk kuning yang mengantarkan kopi dari perkebunan, melalui pemrosesan di pabrik, hingga akhirnya tersaji di meja cafe.  Di tiap cabang ada memorabillia berbagai model truknya. Itu adalah sebuah bentuk penghargaan bagi pengiriman kopi, sebagai pemberi pesan dari kebun kopi.

Foto bareng #BloggerBDG di Yellow Truck Coffee

Info:
Yellow Truck Coffee & Tea Co
Jl. Sunda No. 65 Bandung
Kisaran harga: 12K-26K (minuman), 16K-35K (makanan)
IG: @yellowtruckcoffee | Twitter: @yellowtruckcafe
Website: yellowtruckcoffee.com

Komentar

  1. unik ya ada sensasi truknya, berasa kayak di hollywood

    BalasHapus
    Balasan
    1. mural yellow truck itu emang menarik perhatian :)

      Hapus
  2. wah, kok bisa kelewat sama tempat ngopi yang asik kayak gini :D kalau lagi main ke bandung, berarti wajib mampir! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok lah catet di list "to visit"nya :D.

      Hapus
  3. Kalau ke bandung bisa juga di jadikan rujukan tempat ketemuan sambil ngopi nich...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah tempat ngopi gaul gitu deh :).

      Hapus
  4. cremee bruleenya yg aku pengin.. kalo kopi mah udh lama bgt berhenti minum mba :D... perut nth kenapa rada masalah kalo udah minum kopi -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya ada kandungan kopinya juga, cuman ya gak keras lah. Kalo gak bisa ngopi bisa pilih menu minuman lainnya :).
      Aku sih ngopi masih jalan terus...

      Hapus
  5. konsep cafenya unik dan keren mbak...kalo harganya berkisar brapa tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iya. Aku lupa cantumin. Sekarang harganya sudah dicantumkan tuh :).

      Hapus
  6. Mgkin dinding yg jebol itu artistik kalik ya, Mbak. Jdi pada suka foto di situ. :)
    Camilannya enak2!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kebetulan juga emang sesuai dengan konsepnya yg rustic industrial itu kali ya :D.

      Hapus
  7. kudu mampir niih kalau main ke bandung, nampak asyik bingit buat nongkrong..mupeeng....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan main ke Bandung... Hihi, banyak yg asyik...

      Hapus
  8. Bikin aku laperrrr aja ini. Pengen nyobain kopi yg topingnya caramel yg dibakar itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 mampir ke Jl Sunda Teh. Aku udah coba, pengen eksplor menu kopi signaturnya :D.

      Hapus
  9. woww...espresso dan jus jeruk? penasaran banget aq mbaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum coba yang itu. Penasaran juga dg rasanya :).

      Hapus
  10. hayu atuh kita coba rame2. menu minuman baru kayaknya tuh. aku bln nemu dtempat lain

    BalasHapus
  11. unik banget konsep tempatnya.. wajib banget di coba nih

    BalasHapus
  12. menunya lengkap ya, bukan cmn kopi aja... penasaran sama campuran kopi & jus jeruknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu salah satu menu andalan, hehe...

      Hapus
  13. Gak terlalu suka kopi, tapi kalau dari foto2nya jelas bikin ngiler. Apalagi makanannyaaaa!!!

    BalasHapus
  14. tempat nya enak nih buat kumpul2

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Yuk, Berkunjung ke 5 Tempat Wisata Malam di Surabaya Ini

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon