Mencicip Menu Baru Urband Cafe (Cafenya Urang Bandung)

Di Bandung, kepopuleran penganan khas sunda serupa cireng, combro, cilok, bala-bala, dan kawan-kawannya memang tak lekang oleh waktu.  Lihatlah bagaimana cireng, dkk itu begitu setia meramaikan list jajanan yang selalu ada dimana-mana. Tambahkan pula seblak yang banyak penggemarnya. Dijamin gak sulit deh menemukan yang menjualnya. Tapi siapa sangka, ternyata aneka penganan tradisional tersebut tak hanya menjadi favorit jajanan pinggir jalan saja. Di cafe pun, menu cireng, dkk masih jadi favorit dan banyak dicari.

Fakta menarik ini kutemui di Urband Cafe yang terletak di Jl. Diponegoro No. 25, Bandung. Cafe ini menyajikan perpaduan menu kuliner import (Asian & Western Cuisine) dan lokal tradisional Sunda. Berkunjung ke cafe ini memberikan kesan sebuah tempat nongkrong sambil ngopi cantik khas kaum urban. Di sisi lain, dengan mengangkat menu khas tradisional sundanya, cafe ini jadi terasa banget "Bandungnya". Sesuai namanya, Urband Cafe bisa diartikan sebagai cafenya Urang Bandung.
Urband Cafe
Bagi penonton setia Preman Pensiun sih barangkali cafe ini sudah familiar, sebab telah beberapa kali dijadikan setting untuk shooting. Lokasi Urband Cafe strategis, dekat dari Nasi Bancakan, tak berapa jauh dari Gasibu dan Gedung Sate. Menurut Bpk Akhmad Yani, owner Urband Cafe, cafenya sering disinggahi oleh para pegawai kantor Pemprov Jabar tersebut. Pak Wagub Deddy Mizwar termasuk tokoh yang pernah berkunjung ke cafe ini dan senang menikmati sajian tradisionalnya. Cafe yang buka semenjak 20 Maret 2015 lalu ini kini menyajikan beberapa menu baru. Sebagaimana umumnya cafe, selang periode tertentu biasanya ada siklus evaluasi menu. Nah, disamping menu-menu favorit pengunjung, Urband Cafe merilis beberapa menu baru yang fresh & appetizing.

Beef Korean BBQ



Beef Korean BBQ diracik dari beef tenderloin dengan Korean Sauce, disajikan dengan nasi dan side dish khas Korea, Kimchi. Satu porsi harganya Rp. 54.000. Yummy...

Beef Ramen

Buat penyuka ramen, kalau berkunjung ke Urband Cafe jangan ketinggalan mencicip Beef Ramennya. Diracik dari ramen noodles dengan grilled beef dan aneka tambahan topping. Beef ramen ini agak berbeda karena penyajiannya tidak Korean banget, melainkan perpaduan dengan Chinese dengan kuah ala Zhe Chuan. Saya suka dengan cita rasa kuahnya ^^. Satu porsinya Rp.24.000. Porsi semangkuknya mengenyangkan banget buat akumah. Makan Beef Ramen cocok juga dilengkapi dengan kimchi.

Tom Yam Seafood

Kuliner Khas Thailand ini hadir melengkapi menu baru Urband's Asian. Aku sendiri menyukai tom yam dengan cita rasa kuahnya yang asam-pedas khas. Bikin seger. Tapi biasanya nyicip tom yam ini lain tempat, lain cita rasa. Aku cukup penasaran dengan Tom Yam Seafood-nya Urband Cafe ini. Visually appetizing, dengan perpaduan seafood udang dan cumi, dilengkapi tofu udang yang lembut, jamur, cabe, dan lemongrass berkuah kental kemerahan. Slurppp... Dan aku tidak kecewa dengan rasanya! Enak banget, menyegarkan. Kuahnya mantap. Seporsi Tom Yam Seafood harganya Rp. 40.000

Surabi Pizza

Nah, Surabi Pizza ini termasuk kuliner tradisional Bandung yang banyak digemari di Urband Cafe. Dibuatnya dari bahan adonan surabi seperti biasanya, hanya saja toppingnya mirip pizza, pakai smoke beef, irisan paprika dan jamur. Surabinya lembut saat digigit dan chewy. Disajikan dengan saus bolognese yang memberikan citarasa gurih yang khas. Menu Surabi pizza seporsi harganya Rp. 22.000.

Specialty Urband's Origin

Nah, kalau ini camilan tradisional Sunda yang asyik banget buat temen ngopi atau ngeteh. Tadi di awal sudah kusinggung-singgung tentang betapa makanan yang sebetulnya "ngayah" (ada dimana-mana) ini tetap ngeksis dengan jumawa sebagai menu favorit di Urband Cafe. Makanannya sama, namun di Uband Cafe disajikan dengan tata penyajian sedemikian rupa.

Jadi di Urband Cafe ini karena menunya variatif, menu-menunya dibagi ke dalam beberapa kategori. Ada kategori starter, Urband's Asian, Urband's Steak, Urband's Dessert, Urband's Light Meals, Urband's Middle East, Urband's Pasta, dan Urband's Origin yang berisi menu-menu asli Sunda. Untuk minumannya sendiri ada kategori Urband's tea, Urband's Premium Tea, Urband's Coffee & Chocolate, Urband's Traditional Drink, Urband's Mocktail, Urband's Juice, urband's Milk, dan Urband's Milkshake.
Grilled Chicken Sauce Creamy Mushroom with Tropical Fruit Salad, menu rekomendasi chef Urband Cafe

Urband Cafe terdiri atas 2 lantai. Sewaktu berkunjung kesana, aku menikmati sajian makan siang di lantai atas. Saat itu di bagian lantai bawah sedang ramai, sudah direservasi oleh pengunjung yang mengadakan acara. Urband Cafe ini memang sering juga dipakai untuk acara komunitas, bahkan bisa juga reservasi untuk seminar.

Yuk nyicip juga :).

Info:
Urband Cafe
Jl. Diponegoro No. 25 Bandung
Twitter: @UrbandCafe
Range Harga: Makanan (14K-100K), Minuman (12K-46K)

Jam buka: 10.00-23.00

Komentar

  1. Hmm...yummy...harganya lumayan juga ya Mbak sekali kulineran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bervariasi, Mbak. Kan tergantung sasaran pasarnya :)

      Hapus
  2. Langsung ngiler lihat Tom Yum-nya, favorit banget sih :)

    BalasHapus
  3. ih kayaknay enak ya. mampir ah kalau ke bandung

    BalasHapus
  4. Duh itu tom yamnya ngiler banget

    BalasHapus
  5. Jadi ngiler baca postingan ini, semoga next kalo ke Bandung bisa mampir di Urban Cafe, menunya boleh nih dicoba... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berkuliner nanti kalau ke Bandung ya :)

      Hapus
  6. Ngiler yg surabi pizza bagaimana rasanya yaa, cafee... Ke bandung pengennya jajanan juga aahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penasaran sila mencoba :D. Gak lengkap ke Bandung kalau nggak kulineran dan nyicip jajanannya :)

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Yuk, Berkunjung ke 5 Tempat Wisata Malam di Surabaya Ini

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon