Kuliner Unik Healthy Food Ala Velbel Project

Tempat yang menawarkan makanan enak itu banyak, khususnya di Kota Bandung. Lain cerita dengan makanan sehat (healthy food). Jika melihat kebanyakan image makanan enak versi masyarakat umum kita, tak sedikit yang berupa makanan berminyak, sebutlah gorengan misalnya. Kalau sekadar enak, junk food juga bisa termasuk di dalamnya. Baru-baru ini di Bandung ada tempat baru yang mengusung konsep makanan sehat. Velbel Project namanya. Tapi kalau dibilang "tempat" rasanya kurang tepat juga. Soalnya Velbel Project ini bukan berupa cafe, melainkan sebuah bisnis start up baru di Bandung yang menyediakan layanan delivery lunchbox dan catering dengan menu healthy food
(pic source: Velbel Project)

Informasi mengenai Velbel Project ini aku dapatkan sewaktu menghadiri undangan Velbel Dinner pada malam 11 September lalu. Saat mendatangi tempat acara di Jl. Bagusrangin No.21A, awalnya aku mengira bakal menemukan sebuah cafe baru. Ternyata alamat yang menjadi basis Velbel Project ini bernama Freenovation Sidehouse, yakni sebuah co-working space bagi beberapa bisnis start up di Bandung.

Makan sehat ala Velbel
Sebelum jamuan makan malam dimulai, Chef Mella Susantika terlebih dahulu berbagi penjelasan ringkas seputar Velbel Project kepada kami yang hadir. Menyinggung topik diet yang beragam macamnya, Chef Mella menegaskan bahwa makan sehat itu tak harus identik dengan diet yang seram-seram. Kunci pola makan sehat itu terletak pada keseimbangan, kita makan sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh. Masing-masing orang memiliki tingkat kebutuhan porsi nutrisi makanan yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan tingkat kalorinya (dapat ditentukan dari berat dan tinggi badan), serta kondisi kesehatannya. Secara umum pola makan yang disarankan yaitu mengurangi konsumsi karbohidrat dan banyak konsumsi protein, dan lebih banyak lagi mengkonsumsi sayuran dan buah sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat.

Namun, tak jarang orang yang tak suka makan sayur. Karena sayur ini penting untuk tubuh, jadi harus pintar-pintar meraciknya menjadi makanan yang lezat agar konsumsi sayur jalan terus. Sebagai layanan kuliner yang berkomitmen pada produk healthy food, Velbel Project selalu menyertakan komponen sayuran dalam masakannya, tentu dikemas sedemikian rupa agar disukai pula oleh yang bukan penggemar sayuran. Makanan yang disediakan Velbel lebih banyak yang dipanggang, direbus, atau dikukus, dan menghindari proses memasak yang digoreng. Penggunaan minyak pun diminimalisir, kalaupun pakai menggunakan olive oil. Tentu saja dari bumbunya tanpa menggunakan MSG, sehingga mengandalkan racikan rempah dan rasa alami bahan-bahan makanannya. Dari segi menunya sendiri jenisnya western cuisines yang merupakan keahlian Chef Mella.

Velbel Dinner
Rasa penasaranku akan menu sehat ala Velbel terjawab saat jamuan makan malam tiba. Acara gala dinner berlangsung di halaman Freenovation Sidehouse dengan settingan kursi-kursi yang ditata mengelilingi meja jamuan. Menu pertama yang disajikan sebagai appetizer yaitu Smoked Salmon with Sour Sauce and Fennel on top of Flat Bread Whole Wheat
Appetizer: Smoked Salmon with Sour Sauce and Fennel on top of Flat Bread Whole Wheat
Begitu tahu menunya ada smoked salmonnya aku langsung excited ^^. Seperti tersirat pada namanya, appetizer ini terdiri atas potongan smoked salmon di atas roti gandum yang disajikan dengan saus asam dan fennel. Masih terbayang smoked salmonnya yang begitu lembut di lidah. Perpaduan dengan sour saucenya dan fennel terasa pas. Aku sangat menikmati hidangan pembuka ini.

Hidangan kedua yang menjadi menu main course adalah Tenderloin Beef Medium with Herbs, served with Carrot Puree. Sebelum menyajikan menu ini Chef Mella sempat terlebih dulu memperlihatkan tenderloin beef-nya yang masih berbentuk bongkahan. Tenderloin beef ini dimasak dengan aneka rempah dan bumbu. Ketika daging tersebut diiris, terlihat bagian tengahnya berwarna pinkish dan juicy. Tak lama setelah demonstrasi itu, piring-piring berisi sajian main course mulai dibagikan. Irisan tenderloin beef medium disajikan bersama carrot puree yang berwarna orange kekuningan. Carrot pureenya diracik dari campuran wortel dan parutan kulit lemon yang dimasak bersama bumbu. Bagiku sajian main course ini unik. Irisan tenderloinnya sendiri terasa empuk dan mengeluarkan rasa gurih-asam dari bumbunya. Ketika dimakan bersama carrot pureenya yang bertekstur lembut, rasa agak manis dari wortelnya bergabung memberikan sensasi pengalaman makan sajian tenderloin yang unik.
beef tenderloin medium with herbs
Main course: Tenderloin Beef Medium with Herbs, served with Carrot Puree
Hidangan penutup yang disajikan sebagai desert yaitu Strawberry Cream Cheese
Desert: Strawberry Cream Cheese
Meski namanya cream cheese, aktualnya makanan Prancis ini sudah dimodifikasi. Jika biasanya banyak menggunakan keju mozarella, disini penggunaan banyak keju dihindari karena mempertimbangkan kualitas bahan kejunya yang belum terjamin. Sebagai gantinya, creamnya dibuat dari cashew, mint, dan coconut oil untuk meningkatkan aromanya. Tata penyajian menu desert ini berupa roti gandum yang dilumuri dengan cream, dengan buah strawberry utuh di atasnya yang dilumuri coklat. Rasa creamnya cukup kuat, dengan tekstur & rasa nutty dari cashewnya dan aroma khas minyak kelapa. Rasa terbaik yang berimbang diperoleh ketika semua elemen roti gandum, cream, strawberry, dan coklatnya dimakan bersamaan. Rasa creamnya berpadu dengan masam strawberry dan manis coklat, sehingga tidak ada salah satu yang cenderung dominan. Sayangnya tata penyajiannya sendiri agak kurang praktis untuk itu. Chef Mella sendiri mengakui penataan sajian ini kurang ideal, maklum karena saat itu hectic, semua hidangan dipersiapkannya sendiri tanpa bantuan. It's ok, Chef :).

Oh iya, untuk minumannya sendiri tersaji iced mojito yang diracik dari soda, air gula, daun mint, dan potongan jeruk nipis. Rasanya cukup menyegarkan, sedikit asam dengan rasa soda yang dominan. Rasa jeruk nipisnya sendiri kurang begitu terasa.

Seru juga mengikuti makan malam sehat ala Velbel Project ini, pengalaman kuliner yang unik. Nantinya Velbel akan mengadakan event bulanan semacam ini di Freenovation. Setelah fokus di menu lunchbox, rencana ke depannya akan menambah pula menu breakfast dan dinner. Velbel menjamin makanannya halal, sehat, dan dibuat dari bahan-bahan segar. 

Nama Velbel sendiri berasal dari kata "Vegetable" dan "Belle" yang dalam bahasa Prancis berarti cantik. Ini mencerminkan komitmen Velbel untuk menyediakan menu makanan yang healthy, yummy, dan tentunya dikemas dengan tampilan menarik. Ceritanya Velbel ingin ketika orang memesan makanan, makanan tersebut diantarkan selayaknya hadiah. "Becasuse food is a gift", kata Chef Mella. Aneka menu makan sehat lunchbox ala Velbel bisa dipesan dengan budget 30K-50K. Bisa pula lho kalau mau berkonsultasi dengan ahli gizinya. Info lebih lanjut silakan menghubungi langsung Velbel Project. Silakan mengecek websitenya untuk info menu yang tersedia.  

VELBEL PROJECT
Jl. Bagusrangin No. 21 A Bandung
www.velbelproject.com
Twitter : @velbelproject
Instagram : @velbel_project
email: team@velbelproject.com
Contact No.: 0812-3666-3436

Komentar

  1. salmonyya tingkat kematangannya mediumkah
    keliatannya juicy

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, lembut banget di lidah. Suka ^^

      Hapus
  2. Desertnya bikin ngiler, mupeeeeng, hahahaha

    BalasHapus
  3. Seperti sepupuku yg dari kecil ngga suka sayur. Samlai skrg pun belum doyan sayur. Padahal emang pnting bagi ksehatan tubuh, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang. Perlu pinetr2 ngeracik sayurnya jadi masakan yg menarik & enak biar suka.

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh