XL Future Leaders: Persembahan XL untuk Indonesia


"Komitmen XL Future Leaders adalah mencetak future leaders, bukan future workers".

Kini sudah bukan rahasia bahwa pendidikan tak melulu soal kecerdasan intelektual. Keberhasilan pendidikan tak cukup diukur dengan angka. IPK tinggi bukan ukuran daya saing dalam menghadapi perkembangan jaman dan kemampuan beradaptasi pada perubahan. Diperlukan kompetensi soft skills disamping hard skills. Banyak mahasiswa yang kemampuan akademisnya tinggi, namun memiliki kekurangan dalam hal komunikasi, misalnya. Demikian pula banyak kasus mahasiswa yang brilian namun terkendala latar belakang finansial untuk membiayai pendidikannya. Di sisi lain, kalau berkaca pada kondisi di tanah air, masih banyak orang bermind-set "sekolah untuk bekerja". Dari sekian banyak perusahaan yang ada di Indonesia, posisi leader masih banyak ditempati oleh orang asing. Kita tentu menginginkan Indonesia dipimpin oleh bangsa kita sendiri. Well, aku pribadi punya memori kurang enak lho pernah bekerja dengan dominasi orang asing yang bersikap superior terhadap orang kita *maap, curcol.

Komitmen CSR XL di bidang pendidikan
Fenomena itu melatarbelakangi dirancangnya program XL Future Leaders besutan perusahaan provider PT. XL Axiata. Setiap tahun XL Future Leaders menyelenggarakan roadshow di berbagai kota. Setelah berjalan selama 3 tahun, kini program XL Future Leaders 4 kembali hadir menggelar roadshow di Kota Bandung. Apa itu XL Future Leaders dibahas dalam perbincangan interaktif di acara Blogger Meet Up XL Future Leaders yang kuhadiri pada tanggal 19 Mei 2015 lalu bersama kawan-kawan Blogger Bandung. Acara dilangsungkan di Cafe Noah's Barn yang terletak di Jl. Dayang Sumbi. Program XL Future Leaders dijelaskan oleh pembicara yang hadir, yaitu Ibu Turina (VP Corporate & Communications) dan Mas Dipta, plus Mas Tidar (fasilitator XL FL bidang community, education, & business) dan Bisma (alumni XL FL dari jurusan Astronomi ITB) yang turut sharing pengalamannya. Acara dipandu oleh Mas Indra (XL Manager Regional Bandung) sebagai MC .

XL Future Leaders merupakan program CSR perusahaan XL di bidang pendidikan yang fokus pada soft skills. Utamanya ada 3 soft skills, yaitu komunikasi efektif, inovasi & kewirausahaan, dan mengelola perubahan. Program CSR XL memiliki 2 fokus, yaitu pendidikan dan pengembangan masyarakat (education & community development). Jadi, XL Future Leaders bertujuan untuk menghasilkan future leaders yang bersumbangsih kepada masyarakat. XL Future Leaders terdiri atas 4 program, yaitu: Global Thinking Class, E-Learning, Scholarship Camp, dan BOD Challenge. Untuk kurikulum soft skillsnya sendiri, sebelumnya dilakukan tender yang dimenangkan oleh kurikulum Cognition dari New Zealand. Kurikulum ini dipilih karena unik dan sesuai kebutuhan.

XL Future Leaders Program
Global Thinking Class (GTC) merupakan pembelajaran soft skills dan kepemimpinan selama 2 tahun yang diperuntukkan bagi mahasiswa. GTC tidak terpaku pada background jurusan. Contohnya Bisma yang jurusan astronomi, kini mengelola perusahaan start up di bidang waste management. Pembelajaran ini gratis, dimana peserta juga difasilitasi dengan aneka kebutuhan akses pembelajaran seperti dukungan gadget, dll. Pembelajaran sangat fleksibel, didukung oleh fasilitas sosmed dan google drive, serta didampingi oleh fasilitator. Satu orang fasilitator mendampingi 70 orang, dengan private mentoring 2-3 orang per fasilitator. Progres peserta akan dimonitor, dan mereka dibantu mengembangkan soft skills yang spesifik sesuai kebutuhan. Ini tentunya kesempatan yang bagus banget buat para mahasiswa. Mumpung pendaftaran sedang dibuka (s/d 30 Mei 2015), jangan lewatkan untuk mendaftar. Segera cari tahu lebih lanjut persyaratannya di website resminya, xlfutureleaders.com. Nanti ada proses seleksi, termasuk administrasi, english test, dan FGD (Focus Group Discussion). Hal-hal yang dilihat sebagai bahan pertimbangan seleksi antara lain kekurangan secara finansial, brilian secara akademis, aktif berorganisasi, dan aktif secara sosial. Kalau terjaring program BOD Challenge, 4 orang pemenang nantinya bakal berkesempatan mencicip jadi direktur XL selama seminggu. Wow, pengalaman langka ya.

Nah, dari tadi ngomongin program XL FL untuk mahasiswa melulu. Para blogger yang hadir kan kebanyakan sudah lulus status mahasiswa, jadinya wajar pada greget bertanya, untuk umumnya ada? Tenang, XL juga punya program E-Learning buat khalayak umum yang ingin belajar soft skills. E-Learning itu platform online untuk pembelajaran kepemimpinan gratis untuk umum. Isinya ada materi pembelajaran dari kurikulum New Zealand tadi yang free untuk didownload maupun disebarluaskan. Materinya tidak selengkap kurikulum GTC sih, ada 8 dari 20 kurikulum yang tersedia. Tapi meskipun simplified curriculum, itu juga sudah oke kok. Kurikulumnya sudah standar internasional. E-learning ini dilaunching pada 20 Mei 2015 di acara roadshow XL FL di ITB. Platform E-Learning ini bisa diakses di elearn.xlfutureleaders.com.

Di antara bejibun pertanyaan yang muncul dari para blogger, ada satu pertanyaan yang menurut Bu Turina paling menarik dan belakangan diganjar hadiah doorprize. Apa sih keuntungan timbal baliknya buat XL dari program XL Future Leaders ini? Jawabannya, di luar brand image, program XL FL adalah murni program CSR, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan XL untuk masyarakat Indonesia. Visinya menelurkan output 7500 future leaders. XL Future Leaders, seperti ditegaskan Bu Turina, tidak sama dengan Youth Talent, bukan program recruitment, apalagi sales agent. So, mahasiswa yang jadi XL Future Leaders tidak lantas disuruh jualan produk XL kok, hehe. Mereka murni diberikan akses untuk pembelajaran soft skills yang seluruh biayanya ditanggung XL karena ini semata program CSR. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi & telekomunikasi, pendidikan dipilih sebagai area bidang CSR yang sesuai untuk XL.  
***

Bincang-bincang interaktif di acara Blogger Meet Up XL Future Leaders ini berlangsung asyik, terlihat pula antusiasme para blogger yang hadir bertanya berbagai hal mengenai program ini dan turut menyumbangkan ide-ide. Cafe Noah's Barn yang menjadi tempat acara ini cukup cozy, berarea cukup luas dan bernuansa sejuk dengan hehijauan tanaman dan gemericik suara air mancur di area outdoornya. Meski sering lewat Dago, aku jarang banget lewat Jl. Dayang Sumbi, baru tahu kalau ada cafe bernuansa begini disini. 
suasana hijau di Noah's Barn
Thanks to Noah's Barn, kepenasarananku ingin mencicip makanan Mexico bernama Nachos sejak lama akhirnya terpenuhi disini. Karena acaranya berlangsung di siang hari, kami para blogger yang hadir sempat makan siang bersama sebelum acara dimulai. Selain nyicip Melted Chilli Cheese Nachos dan Deep Fried Calamary, seporsi besar Chicken Grilled Steak dan segelas orange juice hinggap di perutku. Rasanya kenyangnya begitu tahan lama.
Chicken Grilled Steak ala Noah's Barn
Di akhir acara, bagi-bagi doorprize buat penanya terpilih maupun diundi pemenangnya perempuan semua toh. Turut senang buat teteh-teteh blogger yang beruntung. Acara ditutup dengan dengan foto bareng, dilatari gemericik air mancur. Terima kasih XL, buat undangannya. Semoga program CSR-nya sukses, visi Future Leaders tercapai, dan bermanfaat bagi masa depan Indonesia :).

Komentar

  1. Tempatnya asik banget ya, adeeemm...
    Aku juga pengguna XL loh, berasa bangga aja XL punya program CSR yang keren ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya & cukup spacious juga.
      Hehe, semoga programnya bermanfaat ya...

      Hapus
  2. Lengkap bangeeet teh! Semua tercakupi n ngga asal nulis, ehehe... Saya telat jd butuh referensi, dan tulisan ini jd bikin ngerti apa isi acaranya, qiqiq... nuhun yaa sharing-nya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau memberikan gambaran ya Teh :D. Ini juga ada catatan2 yang ke-skip sebetulnya. Sami2... :)

      Hapus
  3. Wah..mencicipi posisi manajer selama seminggu itu bakal jadi pengalaman tersendiri lho.. keren programnya, hanya memberi..tak harap kembaliii*nyanyi* hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakal jadi pengalaman yg berharga tentunya ya... :). Lirik lagunya klop tuh :D.

      Hapus
  4. Udah lewat status mahasiswanya... :-D
    Seminggu jadi direktur XL itu sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama :D. Yups, challenging banget ya.

      Hapus
  5. penting sekali untuk anak muda ini

    BalasHapus
  6. Oh iya program ini kayaknya udah lumayan lama berjalan ya Mak, aku denger waktu meet up 3tahunan lalu kalo ngga salah. Alhamdulillah masih terus berlanjut sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini yang ke-4 kalinya. Animo terhadap program ini besar, makanya yg tadinya dialokasikan 5 tahun malah diperpanjang untuk 10 tahun. Begitu info dari pembicara di event ini :).

      Hapus
  7. Banyak acara XL ya, mak. Kayaknya ini diadain dari dulu ya, semoga tahun2 depan juga masih diadakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di Bandung sering juga ada event XL. Masih kok :)

      Hapus
  8. asiknya bisa meet up, sekarang banyak ya program CSR yang bertujuan membangun karakter manusia, semoga sukses program CSRnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seru. Yup, karena apa yg disbut pendidikan karakter itu emang sedang disorot sekarang ya, berhubung sebelum2nya umumnya pendidikan mainstream cuma main di intelektual.

      Hapus
  9. tempatnya enak ya...pasti yg dilirik kalo nggak tempatnya ya makanannya..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, Mbak Dwi ini emang kulineran mulu yah :D

      Hapus
  10. waaahh laperrr mata ni siang-siang.. nyaaammm

    BalasHapus
  11. coba ada sebagian CSR itu buat emak2 seperti aku hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ikutan e-learning aja Teh :D

      Hapus
  12. Eh teteh aku baru ngeh judul tulisanku yang baru kubuat sama dengan teteh. hehe. (efek telah nulis ya kayak gini)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2, hehe... Beda dikit. Yang penting tulisannya beda :).

      Hapus
  13. moga program CSR nya sukses terussss :)

    BalasHapus
  14. seru tuh mba acaranya, apalagi ada bagi-bagi hadiah :v

    BalasHapus
  15. Coba umurku masih memadai ya teehh, pengen banget bisa ikut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Coba dulu waktu "jamannya kita" sudah ada program ini. Sering banget ada berpikir seperti itu ya :D.

      Hapus
  16. padahal saya pengguna setia xl, sayang ga bisa ikutan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lain kali bisa ikutan Ya Teh :). Biar tambah rame :D.

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh