Wishful Wednesday #17

Rabu lagi. Saatnya wishful wednesday. Kali ini ada dua buah buku idaman yang ingin kuabsen di book wishlistku. Aku dibikin penasaran banget oleh kedua buku ini karena alasan yang erat kaitannya dengan kejadian yang kualami belum lama ini.

The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared

Buku pertama adalah 100 Years Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared, karya Jonas Jonasson. Yup, buku yang udah terkenal & sejak kemarin2 boomingnya ini aku belum punya dan baca :(. Hanya menyimak saja bagaimana buku ini sering disebut-sebut oleh para pembaca, entah itu di Goodreads maupun di sosmed lain. Dari selewat baca kesan mereka membaca buku ini, sepertinya buku ini menarik. Belum lagi adikku yang lagi baca buku ini dapat pinjem senantiasa berceloteh tentang menariknya cerita di buku ini. Dari situ saja sebenarnya dalam hati sudah kutandai buku ini sebagai wishlist. Namun, keinginan memiliki & membaca buku ini tambah menggebu setelah aku nonton filmnya.
Yup, minggu kemarin kebetulan film adaptasi buku ini ditayangkan di event Europe on Screen yang diadakan di beberapa kota. Tentu saja aku meluangkan waktu untuk menontonnya. Di Bandung, filmnya diputar pada tanggal 8 Mei kemarin di Aula Pertemuan Polman, Dago. Wow, aku takjub dengan konten cerita film ini, yang (seperti biasa) belum seberapanya dibanding cerita dalam versi bukunya (kata yang udah baca). Begitulah setelah nonton filmnya, aku jadi tambah ingin baca bukunya. Semoga cepat kesampaian. Ini sinopsisnya:

Allan Karlsson hanya punya waktu satu jam sebelum pesta ulang tahunnya yang keseratus dimulai. Wali Kota akan hadir. Pers akan meliput. Seluruh penghuni Rumah Lansia juga ikut merayakannya. Namun ternyata, justru yang berulangtahunlah yang tidak berniat datang ke pesta itu.

Melompat lewat jendela kamarnya, Allan memutuskan untuk kabur. Dimulailah sebuah perjalanan luar biasa yang penuh dengan kegilaan. Siapa sangka, petualangannya itu menjadi pintu yang akan mengungkap kehidupan Allan sebelumnya. Sebuah kehidupan di mana—tanpa terduga—Allan memainkan peran kunci di balik berbagai peristiwa penting pada abad kedua puluh. Membantu menciptakan bom atom, berteman dengan Presiden Amerika dan tiran Rusia, bahkan membuat pemimpin komunis Tiongkok berutang budi padanya! Siapa, sih, Allan sebenarnya?

Buku kedua erat kaitannya dengan momen peringatan KAA ke-60 di Bandung 2 minggu ke belakang. Event peringatan peristiwa bersejarah ini telah memunculkan judul-judul buku bertema sejarah seputar KAA & Bandung yang bikin aku penasaran. Salah satunya, yang paling aku penasaranin untuk saat ini adalah buku Tonggak-tonggak Perjalananku karya Ali Sastromaidjojo, salah seorang tokoh penting dibalik penyelenggaraan KAA tahun 1955 di Bandung. Gara-gara menyimak diskusi buku pada World Book Day, 23 April 2015 kemarin, dimana sosok Ali Sostroamidjojo sempat dibahas dan buku ini disebut-sebut oleh pembicaranya. Simak saja ceritanya disini ya. Sinopsis buku ini di Goodreads mah gak (belum) ada. Yang jelas, konon buku ini merupakan catatan memoir Ali Sostroamidjojo mengenai perjalanan perjuangannya.
(credit: Goodreads)
Nah dua saja dulu. Ini cerita buku idamanku. Bagaimana denganmu?
Mau ikutan Wishful Wednesday? Simak caranya:
* Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
* Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
* Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
* Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Komentar

  1. Balasan
    1. Kalau buku kedua? Belum juga kan? Mana buku jadul :D

      Hapus
  2. Suka baca sejarah juga ya, Mbak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka juga. Tepatnya baru taraf penasaran, hehe :)

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Yuk, Berkunjung ke 5 Tempat Wisata Malam di Surabaya Ini

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon