Geeks Store: Tempat Asyik Belanja Gadget Sambil Hangout di Bandung

Jika ditanya dimana tempatnya toko aneka keperluan gadget di Bandung, BEC adalah jawaban yang pertama kali melintas di benak. Memang betul, di era euforia gadget seperti sekarang, di kota besar seperti Bandung tentu kini bertebaran banyak gadget store di berbagai tempat. Meski demikian, tak dapat dipungkiri bahwa Bandung Electronic Center (BEC) yang terletak di Jl. Purnawarman masih merupakan pusatnya jual-beli keperluan gadget di Bandung. Satu gedung BEC rupanya belum cukup untuk menampung ramainya geliat bisnis gadget di kawasan ini. Kalau jalan-jalan ke Jl. Purnawarman, sekarang bisa kita lihat nambah lagi gedung BEC 2 yang letaknya persis di sebelah BEC lama.

Grand Opening Geeks Store di BEC 2 pada 21/05/2015
Ketika aku berkunjung kesana pada 21 Mei 2015 lalu, di depan gedung BEC 2 begitu meriah oleh banner promo dan ucapan selamat berbau "Geeks Store". Yup, hari itu merupakan momen Grand Opening sebuah toko gadget baru bernama Geeks Store yang bertempat di BEC 2 Lt. UG-AC 08, Jl. Purnawarman no. 13-15 Bandung. PT. Alvotel, sebuah perusahaan start up yang fokus di bidang importasi, distribusi, dan pemasaran aneka peralatan komunikasi rupanya tak mau ketinggalan melihat peluang pasar gadget yang besar ini dengan membuka retail gadget "Geeks Store", dengan tagline "Gudangnya gadget". Lalu apa bedanya ya dengan toko-toko gadget lain yang sudah banyak & ngumpul di BEC ini? Kalau berkunjung kesana, kita akan segera tahu bahwa Geeks Store ini memiliki konsep yang unik & beda. Kalau biasanya kita cuma disodori display gadget via etalase dan hanya bisa duduk di depannya sambil berkomunikasi dengan pelayan toko, di Geeks Store kita bisa memperoleh pengalaman berbelanja gadget yang lebih. Sebab, konsep Geeks Store memadukan toko gadget dan aksesorisnya, layanan customer service operator seluler, sekaligus tempat ngumpul asyik sembari belanja gadget. Karena di Geeks Store ada juga kafenya, bahkan menyediakan ruang meeting mini pula. Wah, menarik ya. Konon konsep seperti ini baru ada pertama kali di Indonesia lho.

Aneka produk & layanan yang disediakan Geeks Store
Seperti apa sih toko gadget yang sebetulnya luasnya minimalis, namun menawarkan beragam pengalaman belanja gadget ini? Simak ceritaku menghadiri Grand Opening Geeks Store ini ya. Acara yang dihadiri oleh banyak undangan termasuk #BloggerBDG, media, serta jajaran perwakilan berbagai perusahaan partner ini menghadirkan rangkaian acara seru dan sarat informasi. Sebelum acara dimulai, kami semua berkumpul di depan Geeks Store yang masih ditutup ditemani sajian live music dan jamuan kue-kue. Setelah acara dibuka oleh MC, sambutan dan doa, Geeks Store resmi dibuka dengan prosesi seremonial gunting pita. Kemudian kami diajak berkeliling Geeks Store disertai penjelasan masing-masing area. Ada area display produk gadget berbagai brand (feature phone, smartphone, phablet, tablet), aneka aksesoris gadget (termasuk wearable accessories), layanan customer service operator XL dan Esia, area live demo produk gadget, serta Geeks Cafe dan meeting room berkapasitas 8 orang yang dapat disewa seharga Rp. 400.000/jamnya.
Geeks Cafe
Usai berkeliling, kami yang hadir di arahkan menuju meeting room yang saat itu digunakan untuk talkshow. Kami mendapatkan banyak penjelasan baik mengenai Geeks Storenya sendiri, maupun mengenai produk perusahaan partner seperti operator telekomunikasi XL, konten aplikasi mobile KAKATU, MOCO, dan gerakan SEMAI. Yup, salah satu keuntungan membeli gadget di Geeks Store antara lain sudah memasukkan konten aplikasi tersebut yang sudah "embedded", karena Geeks Store memang bekerjasama dengan developer aplikasi yang sudah memiliki komunitas cukup besar itu.  Tak dapat dipungkiri bahwa di era gadget seperti sekarang, kita dihadapkan pada permasalahan kemananan penggunaan gadget, kecanduan games, dll, terlebih untuk anak-anak dan kaum muda. Berangkat dari kepedulian terhadap fenomena ini, digagaslah gerakan SEMAI (Selamatkan Generasi Emas Indonesia). Sejalan dengan hal itu, aplikasi KAKATU (Online Protection & Education for Kids) hadir yang dapat berfungsi sebagai Parental Control. Di sisi lain, MOCO, aplikasi social reading yang namanya diambil dari bahasa Jawa yang berarti "membaca", dikembangkan sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan minat baca dan memfasilitasi kemudahan menerbitkan buku.

Acara Grand Opening Geeks Store ditutup dengan sesi pelelangan gadget mulai dari setengah harga. Wah, baru kali ini aku menyaksikan langsung yang namanya lelang. Sayangnya belum bisa ikutan berpartisipasi *lirik dompet :p. Geeks Store memang menjadwalkan pelelangan gadget setengah harga di masa promonya, selain juga program promo diskon.

Begitulah, sebagai salah satu tempat barometernya pusat elektronik dan gadget, BEC dirasa sebagai tempat yang tepat dijadikan lokasi model konsep Geeks Store pertama di Bandung. Namun, kenapa Bandung yang dipilih sebagai tempat store perdana? Alasannya dilihat dari masyarakat konsumennya yang unik, berdaya kreativitas tinggi, cukup up to date dan berdaya beli cukup tinggi. Belum menyebutkan daya tarik kuliner & factory outletnya yang membuat masyarakat setempat maupun pendatang begitu dinamis mencari tempat yang asyik untuk belanja sambil hangout bareng teman/keluarga. Ke depannya, Geeks Store akan mempertimbangkan untuk bisa dibuka di lebih banyak kota di Indonesia. Selain itu, nantinya akan ada juga penjualan jalur online melalui e-commerce.

Agaknya Geeks Store ini sangat cocok buat para "geeks" untuk mencari kebutuhan gadget sembari bisa hangout, meeting, ngopi-ngopi cantik di outdoor cafenya yang dilengkapi free wifi, sambil menikmati pemandangan Jl. Purnawarman di bawah sana dari balkon.

Komentar

  1. Waah terakhir kesana masih sepi dan belum ada apa apa, taunya udah peresmian aja.
    Kirain cm memperluas bec aja, taunya ada konsep baru itu ya. Kerrennn.

    Makin amaze pas tau udh kerjasama dgn SEMAI, MOCO, dan KAKATU. Yang artinya ga skdr jualan gadget, tapi meratiin juga dampaknya. Manteep

    Makasih ya sharingnya!
    Kapan kapan main ke www.hajahsofya.com yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Geeks Store hanya salah satu toko yg menempati BEC 2. BEC 2 memang masih baru & masih banyak space yg belum diisi.

      Iya itu bagus banget sudah bekerja sama dg provider konten aplikasi yg peduli pd generasi yg kena dampak negatif gadget.

      Sama2, siap Bu Hajah :D.

      Hapus
  2. Asik pisan tempatnya bisa buat belanja dan nongkrong, gadget yang tersedia lengkap, kesana lagi, yu :)

    BalasHapus
  3. Aaaahhh. udah lama gak main ke Bandung :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mainlah kalau ada luang. Banyak yg baru :D

      Hapus
  4. wah konsep baru ya, jadi pengunjung gak hanya ngeliat2 gadget, lumayan juga kalo bediri terus kalo pusing milih gadget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa sambil nongkrong, hehe...

      Hapus
  5. Pembeli makin dimudahkan, ya. Efektif. Krn ngga hanya gadget saja yg ditawarkan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, multiservice ceritanya :)

      Hapus
  6. Wuah...ke Bandung cuma ngeliatin BEC dari atas kendaraan aja..takut belanja gadget kalau masuk..hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Lebih baik menahan diri untuk tidak lihat-lihat kalau memang sedang tidak butuh mah ya :D.

      Hapus
  7. Terakhir aku ke sana sebelum grand launching.
    Penasaran isinya tapi cuma lewat sambil lirik lirik ada apa aja di dalam.
    Hahaha

    Coba ada gadget yg ga dijual di indonesia juga, kayak yg lagi tren wearable dll gitu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba main kesana tanya2, kali aja nanti Geeks Store mau nyediain juga :D.

      Hapus
  8. Ah jadi pengen mampir. Aku pencinta bukuuuu

    BalasHapus
  9. hmmm..I consider myself a geek,,kayaknya tempatnya keren niih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, but you're so far away from Bandung, Mak. Kapaan gitu bisa main ke Bandungnya juga.

      Hapus
  10. jadi pengen ke Bandung, nih saya ^_^

    BalasHapus
  11. boleh juga tuh di coba, minggu besok ane coba datang ke sana

    BalasHapus
  12. Cari handphone lengkap dan berkualitas? Temukan semua pilihan di Toko gadget online metrodataonline.com dijamin bergaransi

    BalasHapus
  13. Klo masalah harga nya bisa miring gak ya ? hihihi
    Download film bluray

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ada Surga di Rumahmu

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]