Nostalgia Bersama Nova

Aku sudah mengenal Nova sejak kecil. Kapan tepatnya entah sudah lupa, mungkin saat SD. Yang jelas, aku sudah bisa membaca waktu itu. Kenangan menjadi pembaca kecil Tabloid Nova begitu lekat diingatanku. Kenangan yang memberikan kesan begitu kuat, sebab ada banyak cerita nostalgia dibalik kebersamaanku dengan Nova. Bagiku, ketika disebutkan tabloid wanita Indonesia bernama Nova yang kini menginjak usia 27 tahun, memoriku otomatis teringat akan kenangan seseorang yang sangat berarti dalam hidupku.

Nova, Mom, and Me

Nova menjadi suatu nostalgia yang melebur dalam masa kecilku. Begitu berkesan, sebab saat itu aku tumbuh di lingkungan yang kekurangan nutrisi bacaan. Sebagai seorang penyuka buku, sering aku tak bisa menyebutkan jawaban pertanyaan, apa buku masa kecil favoritmu? Tak ada buku masa kecil. Yang kuingat, bacaan utamaku selain pelajaran adalah Tabloid Nova.
Sudah bisa ketebak tentu sebabnya: almarhumah ibuku selalu rajin membeli Nova. Tiap pulang dari pasar, ibuku dulu selalu bawa Nova ke rumah. Biasanya sambil istirahat, ibuku akan asyik membaca Tabloid Nova kesukaannya. Kalau sudah begitu, aku kecil ikut nimbrung, rubrik-rubrik yang sudah kelar dibaca oleh ibu giliran kulahap. Hampir semua rubriknya kubaca. Aku menyukai cerpen, membaca profil dan berita selebritis, resep masakan, hingga konsultasi kesehatan dan psikologi, dan lain-lain. Kalau diingat lagi lucu juga, karena kurang sesuai umur, kerap menemukan kata-kata atau artikel yang gak ngerti maksudnya. Tapi meski begitu, toh tetap semua dibaca, gak ada yang mubazir.

Nostalgia Tabloid Nova melemparkanku pada episode masa lalu yang begitu berkesan: ada ibu dan aku duduk menekuri lembaran Nova yang dipencar-pencar di lantai. Potret nostalgia yang bikin kangen itu meyakinkanku bahwa memang sudah sedari kecil sebetulnya aku suka membaca.

Kumpulan Resep Nova di Lemari Baju Ibu

Kesan lain yang begitu dekat diingatanku yang ini sering membuatku terharu sambil berkaca-kaca. Suatu hari setelah ibuku meninggal, keluargaku membongkar isi lemari pakaian ibu. Di bagian bawah lemari, ada bertumpuk koleksi resep Tabloid Nova di situ. Wah, aku tak tahu ibuku mengumpulkannya sudah berapa lama. Yang jelas, hatiku menebak-nebak tak karuan... Itukah keinginan terpendam ibu, bereksperimen memasak beragam resep yang dikumpulkannya dari Tabloid Nova? Sayangnya, resep-resep itu tampaknya belum sempat dicoba, mengingat kesibukan ibu berdagang di pasar. Setelah itu, aku tak tahu kemana rimbanya tumpukan resep itu.

Sebagai perempuan, aku mengerti akan ketertarikan pada resep masakan untuk keluarga. Tabloid Nova menyajikan lebih banyak lagi rubrik yang sesuai untuk wanita. Tak terasa usia Nova sudah 27 tahun, makin dewasa ya... Sudah sekian lama Nova hadir untuk pembaca. Aku memang tak mengikuti perjalanan Nova terus-menerus sepanjang 27 tahun. Semenjak aku merantau mencari ilmu di kota lain, sempat terputus bacaanku akan Nova. Maklumlah, hari-hari itu penuh dengan bacaan buku-buku pelajaran, hehe... Kalau sekarang sih, cuma jadi follower sosmednya Nova, hehe... Kan sekarang bisa baca artikel online-nya Nova.
Salah satu resep dari Tabloid Nova
Tadi itu 2 kesanku tentang Nova yang sangat personal. Saking berkesannya, sempat kuceritakan sekilas di postinganku tentang mengenang ibu. Selain kesan, aku juga punya 7 pesan buat Nova:
- Tetaplah menjadi sahabat bagi wanita Indonesia yang menginspirasi, kalau bisa lebih banyak lagi mengedukasi agar pembacanya semakin cerdas bersama Nova.
- Aku tahu harga-harga semakin mahal, namun aku ingin Nova (dengan kualitas konten oke punya) tetap bisa terjangkau oleh emak-emak yang budget belanjanya berbeda-beda. Harapannya Nova juga bisa menjangkau lebih luas wilayah pembaca Indonesia.
- Kalau main ke web Tabloid Nova Online, rubrik cerpennya kok tidak update lagi ya? Update dong... Banyak onliners yang suka cerpen kan...
- Adain event seru yang mengedukasi & menginspirasi di berbagai kota, kalau bisa tak hanya kota besar. Ngundang blogger lebih asyik :D.
- Rubrik profil yang mengangkat perempuan inspiratif aku suka. Semoga bisa mengangkat lebih banyak lagi profil perempuan Indonesia inspiratif dari berbagai bidang ya... Termasuk yang unik.
- Berharap Nova membuka lebih banyak celah untuk karya pembaca bisa mejeng di Nova.
- Lebih sering ngadain rame-rame lomba, entah itu cerpen, resep masak, tips, kreasi, dll. Nanti Nova jadi tambah rame oleh partisipasi kreativitas pembaca & karyanya... Dijamin tambah eksis nanti :).

Selamat ulang tahun yang ke-27, Tabloid Nova... :)

http://www.anazkia.com

Komentar

  1. sama mbak, aku ikutan nimbrung baca Nova sejak harganya masih 350 perak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwah, daebak ya... Sejak harganya masih ratusan perak sampai skrg masih eksis

      Hapus
  2. Nova, tak lekang oleh waktu..aseg.
    Sukses ngontesnya ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mak. Puitis deh :D.
      Thanks ya, Amiin...

      Hapus
  3. Kalau tabloid, nova memang is the best, majalah itu femina :)

    BalasHapus
  4. kalo NOVA sih aku dulu langganan gegara buat nyari resep masakan pesenan emak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Rubrik resep itu emang top markotop ya :D

      Hapus
  5. Dari semua rubrik yang ada di NOVA, saya paling suka rubrik resep masakannya. Bisa jadi reverensi kalau bingung mau masa apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, resep itu rubrik favorit emak2 ya... :)

      Hapus
  6. hmm, sukses terus deh ini nova.
    akhir2 ini sering banget baca artikel tentang nova ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soalnya lagi ngeramein ultah Nova yg ke-27 :D

      Hapus
  7. di nova aku selalu mencari resep masakan mbak...hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe... Betul kan, resep masak memang jadi favorit :)

      Hapus
  8. Kalau masalah majalah saya engga komen deh....

    BalasHapus
  9. Selamat ulang tahun Nova, sukses selalu ya, sukses juga buat Mak Euis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Terima kasih, Mak Ev :)

      Hapus
  10. Nova sdh 27 th yaa.... sudah lama juga Nova menginspirasi wanita lewat artikel2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak... bertumbuh kayak aku... hehe :D

      Hapus
  11. NOVA itu Passsss banget. Enggak lebay. Bijak. Enggak hosip2 muluk.

    Suka bete dgn tabloid cewe yg isinya FULLL Hosip :(
    Good luck utk GA-nya ya mbaa

    BalasHapus
  12. Heheh... Sama, Mak. Aku juga eneg sama tabloid yg kebanyakan gosip. Nova berbeda.
    Terima kasih cheernya, Mak :).

    BalasHapus
  13. Keren Nova bisa eksis hingga 27 tahun... bener - bener sangat menginspirasi wanita tabloit Nova :D
    Anak cerdas

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Happy Yummy Journey, Perjalanan Traveler Perempuan Korea Pecinta Durian Mencari Tempat-tempat Membahagiakan