Meriah & Seru Arisan Ilmu + #K3BSauyunan

This is maybe a late post. But I keep thinking that I should write this anyway. Kenangan momen seru dan bermakna yang tak setiap waktu adanya bakal sayang kalau tak direkam lewat tulisan. Acara seperti ini cuma ada setidaknya satu tahun sekali bahkan. Masih lekat di ingatan ketika suatu hari minggu yang cerah di suatu titik di kawasan Jl. Dago, Bandung, mendadak semuanya serba merah, dan meriah. Aku berangkat kesana dengan suatu "wejangan" melekat di kepala yang sudah diwanti-wanti sejak hari-hari sebelumnya. Aku harus berpakaian dress code merah. Aku perlu membawa sebuah kado yang isinya suatu barang dengan kisaran harga 10ribu-20ribu rupiah. Aku juga perlu membawa bekal makanan camilan. Setelah semuanya siap, ke Grapari Digilife Dago-lah aku menuju.
Tadaaa... Disana aku disambut oleh Emak-emak dari Bandung yang menjadi panitia acara. Ini pertama kalinya aku berjumpa dengan emak-emak blogger yang tergabung dalam komunitas KEB secara "live" di dunia nyata alias kopdar. Tak hanya mereka yang dari Bandung, melainkan ada pula emak-emak yang datang dari berbagai kota yang sudah menyempatkan diri hadir semi acara spesial KEB ini. Mereka semua hadir dalam rangka #ArisanIlmu, yang sekaligus pula mengukuhkan tema #K3BSauyunan untuk satu tahun ke depan, lengkap dengan berbagai kejutan acara yang bertepatan dengan syukuran ultah ke-3 KEB. Dari awal, aku sudah disambut dengan bingkisan berupa kaos merah KEB yang didesain oleh uteesme & "seperangkat" minuman herbal dari Gendhis. Kebetulan aku termasuk yang beruntung dapat kocokan untuk memperoleh merchandise persembahan para sponsor ini. Thank you... ^^

Begitu sampai di tempat acara, beberapa emak & emak wannabe berbaju merah sudah berkumpul. Di depan, kumpulan kado berbungkus merah pun sudah mejeng, menunggu waktunya dipertukarkan. Di belakang, rupa-rupa penganan & camilan juga terkumpul untuk dicicip bersama nantinya. Segera saja MC memulai acara. Menurut emak-emak senior KEB, ada banyak wajah baru yang kali ini datang di acara offline KEB. Untuk itu, sebelum yang lain, semua diminta duduk melingkar dan bergiliran memperkenalkan diri terlebih dahulu. Seiring waktu acara berjalan, makin banyak yang berdatangan. Makpon Mira Sahid (selaku founder KEB) memberikan sambutan. Setelah itu barulah Mak Alaika Abdullah sebagai pembicara memulai sesi sharing ilmu blognya.

Suasana #ArisanIlmu KEB ke-3, Bandung
Ini adalah #ArisanIlmu ke-3 KEB yang diselenggarakan. Kedua arisan ilmu sebelumnya diselenggarakan di Jakarta. Beruntung sekali kali ini Bandung kebagian. Karena, ada yang sedikit berbeda dari Arisan Ilmu sebelumnya. Seperti tadi dibilang, kali ini sekaligus syukuran HUT KEB ke-3. Karena alasan itu, sedari awal dijelaskan bahwa sesi acara dibagi 2, yaitu untuk #ArisanIlmu & untuk #K3BSauyunan. Untuk itu, sesi #ArisanIlmu kali ini lebih singkat, tidak sampai 2 jam seperti biasanya. Meski demikian, tetap banyak ilmu yang diperoleh dari sharing seputar blog yang dibawakan oleh Mak Alaika Abdullah, juga dari tanya-jawab interaktif emak-emak audiens, serta dari sharing-nya Mak Indah Juli.

Tema Arisan Ilmu yang dibagikan oleh Mak Alaika Abdullah adalah mengenai hal-hal yang bisa dilakukan pada artikel blog kita. What to do with the articles? Seperti kita tahu, artikel adalah nyawa, sementara template bisa diibaratkan sebagai raga. Bagi blogger, artikel yang kita tulis sangatlah berharga tentunya. Bisa diapakan sajakah artikel tersebut? Berikut ini tips-tipsnya:
1. Back up artikel
Ini sangat penting. Sebelum terjadi suatu hal yang tak diinginkan, contoh kasus blog kena hack. Back up artikel juga berguna ketika kita ingin memindahkan isi blog kita ke blog baru, atau saat pindah domain web, misalnya. Ini tersedia toolsnya  (misal di blogspot bisa dibuka di dashboard - setting - tools - export blog). Ini memback up seluruh postingan & komentar yang ada di blog, menyimpannya di komputer dalam bentuk file xml. Jika ingin memindahkannya ke blog baru sudah praktis, tinggal diupload, tak perlu repot copas satu per satu. Back up artikel bisa dilakukan berkala. [*Aku jadi teringatkan pentingnya back up nih. Selama ini cuma terbiasa ngetik & save postingan di notepad dahulu sebelum dimasukkan ke blogpost].
2. Copas artikel ke Ms. Word
Ini bisa dilakukan buat koleksi pribadi atau kliping, yang bisa dibuka kapanpun (offline). Akan lebih artistik jika dalam bentuk template newsletter.
3. Dibuat ebook/e-newsletter
Ini bisa pakai Ms. Publisher atau bahkan Ms. Word ukuran A5, selain bisa juga pakai software khusus seperti Indesign. Pada dasarnya kan ebook itu bentuk pdf dokumen ya... Bisa dikreasikan sendiri. Nantinya bisa buat diri sendiri atau dishare ke teman-teman, bahkan dipasarkan online.
4. Submit ke media (koran/majalah)
Artikel yang kita posting di blog bisa dimodifikasi (rewriting), disesuaikan dengan media yang dituju. Artikelnya bisa dibuat versi feature yang ada unsur newsnya & tidak terlalu personal. 
5. Dibuat buku
Sudah banyak yang melakukan ini. Kumpulan postingan blog yang kemudian diterbitkan dalam bentuk buku, entah itu diterbitkan lewat penerbit mayor ataupun secara indie.
***
syukuran HUT KEB ke-3

Usai Arisan Ilmu, venue acara pindah indoor. #K3BSauyunan diawali dengan syukuran ultah KEB ke-3 dengan potong tumpeng & potong kue oleh jajaran makmin KEB. Momen haru tak berhenti sampai disini. Keharuan kembali mengemuka saat kami nobar video ucapan dari para member KEB yang tak bisa hadir, baik yang di luar kota maupun yang di luar negeri. 
menyimak video ucapan member KEB dari jauh
Demikian pula saat diputar video perform piano lagu "Manuk Dadali" persembahan Om NhHer, semua menyanyi bersama sehingga rasanya agak merinding campur haru. Lirik lagunya yang memiliki makna mendalam, plus kebersamaan yang ditunjukkan dan dituju oleh keluarga besar KEB membuatnya tambah berkesan. "Sauyunan", sebuah kata dari bahasa sunda yang maknanya dalam, bisa diartikan singkatnya sebagai kebersamaan, menjadi ruh harapan komunitas KEB hingga ke depan. Semoga KEB semakin berkembang & dapat terus menjadi rumah yang nyaman, penuh kebersamaan, senantiasa menginspirasi untuk berbagi...
menyanyi bersama lagu Manuk Dadali
Komitmen & ajakan agar turut mewujudkan KEB menjadi lebih baik dinyatakan oleh Makmin Lusi Tris. Setelah semuanya, masih ada yang spesial, yakni launching tampilan baru website KEB yang lebih fresh. 
menyimak penjelasan Mak Lusi & tampilan wajah baru website KEB
Sembari menampilkan dummy tampilan wajah baru web KEB di layar, Mak Lusi menjelaskan hal-hal penting yang perlu diketahui member KEB mengenai fitur-fitur yang ada disana, serta perihal planning perapihan administrasi KEB ke depannya. Apa yang menjadi kekurangan di KEB, makmin berusaha membenahi pelan-pelan. Partisipasi member KEB juga sangat diharapkan tentunya. Melihat grup fb KEB memang sangat ramai. Namun, yang menjadi catatan adalah kurangnya partisipasi member KEB dalam menyumbang tulisan di website KEB. *Memang sih, diingatkan begini jadi malu sama makmin-makmin KEB... 
games Just Dance! Seru & kocak
Hari beranjak siang, hingga waktunya ishoma. Usai tukaran kado & lain-lain, masih ada acara seru-seruan lomba dance. Halah... MC wanti-wanti agar segera bikin grup per 5 orang. Awalnya nampak pada ogah-ogah, eh kemudian setelah nonton sendiri kok fun banget kelihatannya. Derai tawa mengiringi serunya emak-emak tampil dance battle. Masing-masing peserta harus mengikuti gerakan dari games Just Dance yang terpampang di layar besar yang disediakan di Grapari Digilife. Satu per satu grup bergiliran tampil, entah karena mengajukan diri ataupun karena "diseret" oleh Ketua Arisan, Mak Nchie. Dan, akupun tak luput terseret maju. Maybe that's the craziest thing I've done in these many years. Kalau bukan karena KEB, mana mungkin aku mau :p. What a rare sight :D. Kayaknya terakhir kali nari depan umum, sewaktu SD deh... Hihi...
Merah & meriah... (foto: Mak Memez)
Well, terima kasih banget buat acaranya, sangat seru. Thank you emak-emak panitia, makmin-makmin, juga member KEB semua baik yang hadir maupun yang sumbang salam dari jauh. Terima kasih pula kepada para sponsor, banyak doorprize ^^, & Grapari Digilife yang sedia tempat & memfasilitasi acara. Tempatnya asyik & fun. Kapan-kapan main lagi kesana... *Belom puas foto-foto & nyoba-nyoba :D.
  

Komentar

  1. ngiri tingkat akut karena nggak bisa ikutan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga next time bisa ikutan, Mak :)

      Hapus
  2. seneng akhirnya bisa ktemuan... mdh2an kpn2 bisa ktemu lg yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... Semoga ketemu lagi di acara seru lainnya :D

      Hapus
  3. uwaa seru banget,ngiri lihat keseruannya.makaish mak tipsnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 ingin ketemu juga emak2 yg jauh :). Sipp...

      Hapus
  4. senengnya ya bisa ikutan kumpul ama emak2 kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenal pula org2 baru. Eh tapi lupa lagi namanya :D

      Hapus
  5. Maak pengen liat dirimu gerak badan. Ada gak foto close up-nya? Inbox dong ;)

    Asyik ya rameeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaa, tidaaakk... Tak ada lah... Hehe... Cuma sempat lihat tercapture somewhere di blognya emak yg lain. Hihi... :D

      Hapus
  6. Asek2..makaasih ya dah hadir di #KEBSauyunan..
    Wkwkkw jogednya keren Mak :v *bisanya ngetawain, giliran sendiri diketawain juga.

    Mudah2an bisa ketemu lagi di event lainnya ya mak,
    hayu atuh!! kita joged lageeh *eeh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Masih kebayang capeknya ketawa. Ihihi... Untung aku gak dapet dance grup Mak Nchie, lha genrenya sekseh abiiss :D.
      Haha, moga ketemu lagi lain kesempatan. Tapi jangan suruh aku joged lagi deh :P

      Hapus
  7. Mak, kayaknya kemaren sempat kenalan tapi ga foto bareng hihihi, salam kenal yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yah... Eh, kata siapa gak ada poto bareng, kan ada tuh yg bareng2 semuanya, hehehe... Salam kenal kembali :)

      Hapus
  8. Beruntungnya dikau Mak.. bisa ikutan :D Lain kali di Surabaya aja ya ngerayainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an nanti di Surabaya ada juga, Mak... Katanya yg coming soon di Semarang yah... Keliling Indonesia aja deh kalo bisa :D

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Happy Yummy Journey, Perjalanan Traveler Perempuan Korea Pecinta Durian Mencari Tempat-tempat Membahagiakan