Laporan Tantangan Baca 2014

Meski bukan blog khusus buku, sudah rutin bagiku untuk posting di awal tahun mengenai laporan target baca tahunan. Sejak ada Reading Challenge dari goodreads di tahun 2011, aku antusias turut serta membuat target baca tiap tahun, dan tak lupa merekam tanggal tiap kali selesai menamatkan baca buku (meski tanggalnya tak selalu akurat, kalau kebetulan lupa, tapi bulan & tahunnya Insya Allah akurat). Biasanya aku perlu meninjau hasil akhir target baca tahunan ini dalam rangka persiapan & pertimbangan untuk membuat goal Reading Challenge selanjutnya.

So, ini dia laporan Reading Challenge 2014-ku. Semua gambar yang aku crop & tempel sana-sini murni dari rekaman jejak bacaku di Goodreads ya... This is my year in books:
Buku-buku yang kubaca di tahun 2014 *sedikit ni :'(. (Source: goodreads)
 Dan apakah capaian bacanya sudah sesuai target? 

Sayangnya nggak... Hiks :'(. Aslinya targetku untuk 2014 ini baca 30 buku. Aku cuma baca 18 buku doang, jadi cuma 60% target tercapai. Dan ini adalah rekor terburuk sejak 2011 :(. Ugh, baiklah. Tahun 2015 harus lebih baik pokoknya! *grrr... >_<". Ini laporan detailnya, berikut perbandingan dengan target baca tahun 2011, 2012, & 2013. Sekilas balik, tahun 2011 aku berhasil mencapai target, 2012 tidak berhasil, lalu 2013 berhasil lagi. Eh kok sekarang 2014 gak berhasil lagi sih... Kok selang-seling gitu :p. Meski tahun 2012 targetku tak tercapai, namun masih lumayan karena aku berhasil membaca 49 dari target 50 buku. This is why my 2014 reading achievement is the worst record ever :(. Well, meski sebenarnya aku bukannya tak baca buku sama sekali (baca yang lain-lain, juga buku, tapi random gak fokus& gak tamat), namun tetap saja gregetan.

klik gambar untuk memperbesar
See my reading stats & details here
*Catatan: Aku sudah join goodreads dari tahun 2007, namun Goodreads Reading Challange baru ada tahun 2011. Statistik tahun 2008-2010 aku coret karena tidak representatif. Saat itu kebanyakan buku yang kutambahkan ke Goodreads tak ditanggali kapan bacanya, buku-buku yang cuma ingat sudah baca, tapi entah kapan.

Jadi, melihat rekor baca tahun ini, plus pertimbangan masih banyak buku-buku tebal ngendon di kardus belum terbaca, berapa ya target baca tahun 2015...? Sudah kutulis di resolusi sih 27 buku... Hehe... Malu sama para suhu bibliophile yang lain. Kapan ya, aku bisa seperti mereka... Yang targetnya tuh 100 buku bahkan lebih, dan itu tercapai (dan mayoritas bukan komik :D)... I wonder how they did that... Tapi sudahlah, 27 buku saja... Termasuk yang tebal lho! *ngingetin diri sendiri. Tahun 2014 kemarin buku tebal yang berhasil dibaca & berkurang dari timbunan cuma 1, yaitu The Lost Symbol-nya Dan Brown (dan busyet... Aku baca lama banget... Ada kali 3 bulan mah :D).

Semoga Reading Challenge 2015 tercapai, amiiin... :))
Untuk menyemangati, ini ada quotes yang oke banget dari goodreads. Aku juga suka puisi dari mana quote itu berasal. Happy reading :).
"Books fall open, you fall in." —David McCord
Books Fall Open
 

Books fall open, you fall in,
delighted where you've never been;
hear voices not once heard before,
reach world on world through door on door;
find unexpected keys to things locked up beyond imaginings.

What might you be, perhaps become,
because one book is somewhere?
Some wise delver into wisdom, wit,
and wherewithal has written it.
True books will venture, dare you out,
whisper secrets, maybe shout
across the gloom to you in need,
who hanker for a book to read. 



"We read to know we're not alone." —William Nicholson

Komentar

  1. Wah semoga terlaksana deh targetnya :o

    BalasHapus
  2. Keren punya reading challenge. Aku jugaaa aahh, mau blog walking challenge. Hehehe. Salam kenal, Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu, Mak... Hihi... BW juga ada challenge-nya? :D. Salam kenal juga, Mak :)

      Hapus
  3. Untuk blog buku baru Fenny target baca buku 48 buku deh untuk tahun ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tercapai targetnya... Aku cuma berani pasang target dikit. Pengennya baca yg tebal2 juga :D

      Hapus
  4. semoga tahun ini bisa tergapai target bacanya mbak.. kalau perlu melebihi target

    BalasHapus
  5. semangat mak...
    smoga taun ini tercapai targetnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siipp... *semangat baca penuh dendam #ups... :D
      Amiin...

      Hapus
  6. Kali-kali mau berubah pikirannya, Mak ... buku tebal yang tak terbaca boleh dikirim ke saya. Kalo macam Dan Brown, saya suka saya suka *eh komen apa inih?* :D

    Mudah2an target tahun depan tercapaiiiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eiiii... Ya gak mungkin aku melepasnya begitu saja sebelum membacanya dahulu. Hanya belum terbaca, namun Insya Allah dibaca kok :D.
      Amiin, moga tercapai :)

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Ms. Jutek vs Mr. Reseh