Liebster Award: kebagian juga...

Hwah... Sudah sebulan blog ini tak update. Meski sedang hibernasi begini, tak dinyana kecolek juga untuk menerima Liebster Award. Apaan itu? Awalnya aku tak ngerti, namun sekarang setelah 3 orang menghadiahiku Liebster Award ini, sudah kebayang apakah gerangan. Liebster Award semacam ajang sillaturrahim para blogger, saling mengenal melalui postingan estafet yang saling memperkenalkan diri, melempar dan menjawab pertanyaan. Sebenarnya aku kelimpungan karena 3 orang sudah mentag diriku untuk menerima award ini, artinya ada 33 pertanyaan yang perlu dijawab plus 11 fakta tentang diri sendiri? Ya ampun... @@'

Meski tidak ada kewajiban untuk menerima award ini, namun rasanya aneh kalau menolak. Saya berterima kasih kepada Mak Indah Sulistiyowati, Evrina Sp, & Frida Nurulia yang sudah berkenan mengenali eksistensi blogku meski masih suka bolong-bolong updatenya :D. Terima kasih Liebster awardnya ya... Sebelum ada orang ke-4 yang mentag lagi, baiknya segera kubuat postingannya, hehe :D. nanti tambah panjang daftar pertanyaannya.

So, yang harus dilakukan dengan Liebster Award ini adalah:

    1. Post award ini di blog
    2. Mengucapkan terimakasih kepada blogger yang memberikan award ini dan menyertakan backlink ke blognya
    3. Tuliskan 11 hal tentang diri kita
    4. Menjawab 11 pertanyaan yang diberikan
    5. Memilih 11 blogger dan memberikan 11 pertanyaan yang ingin kita ketahui dari mereka

- Poin 1 & 2 sudah ya.
- 11 hal tentang diri sendiri:
1. Suka buku
2. Tertarik dengan puisi
3. Suka menyendiri
4. Biasa minum kopi
5. Sewaktu kuliah jurusannya kimia
6. Pernah nyantri di 2 pondok berbeda
7. Aslinya dari Kuningan, Jawa Barat
8. Lama di Bandung sejak kuliah di tahun 2004
9. Sekarang, belum lama ini tinggal di Bekasi
10. Senang belajar banyak hal
11. Ngeblog sejak masa kuliah, tapi isinya puisi & review buku melulu. Baru mulai rajin ngeblognya sejak awal 2014 lalu. Sejak itu postingannya jadi tambah gado-gado :D.
Gak apa singkat2 ya... Habis setelah ini masih ada 33 pertanyaan untuk dijawab *gubrak.

Ini jawaban untuk pertanyaan Mak Indah (http://umminyathaya.blogspot.com/2014/05/liebster-award-tali-hati-para-blogger.html)

    1. Apa tujuan kalian nge-blog? Tujuan utamanya untuk mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan, dan agar tulisan tersebut dapat dibaca orang biarpun belum layak muat di media cetak :D. Selain itu sebagai media untuk latihan & pembiasaan menulis, juga sebagai sarana merekam jejak pengalaman atau pemikiran :).
  2. Bagaimana kalian menjaga konsistensi menulis? Haiyyaa... Pertanyaannya membuatku speechless. Kuakui aku masih saja belum konsisten benar. Tapi untuk mengusahakan konsistensi itu bisa beragam cara. Salah satunya bergabung dengan komunitas kepenulisan, paling tidak komunitas blogger. Mengalami sendiri, sebulan ini vakum dari ngeblog, namun jadi tak tahan melihat postingan teman-teman terus berseliweran, jadi ingin ikut menulis juga :D. Berasa ada yg salah kalau aku terus-terusan gak nulis :D.
    3. Apa yang kalian minati untuk di tulis? Banyak, namun sementara ini masih seputar pengalaman, curhat, jalan-jalan, share ilmu/cerita dari orang lain atau event2 tertentu, tentang buku, puisi, dan lain-lain (jika ikut GA atau lomba tergantung temanya :D)
    4. Apa makanan favorit kalian dan mengapa? Aku suka makan macam-macam... Hehe, ya bakso, tahu, perikanan, perayaman... *eh :P. Aku juga suka merindui sayuran sehat nan hijau (meski masih pilih2). Yang jelas, favoritku bermacam buah-buahan... ^_^.
   5. Siapa panutan dalam hidup kalian? Aku ada beberapa tokoh favorit yang ingin kujadikan teladan. Tapi aku sebutkan yang terdekat aja ya... Yaitu ibuku :D.
   6. Punya penulis favorit? Mengapa kalian menyukainya? Ini juga gak cuma 1,2,3. Tapi kusebutkan 3 di antaranya ya, biar gak kepanjangan. Jostein Gaarder, aku suka kepiawaiannya meramu kisah bermuatan filosofis ke dalam cerita-cerita yang unik. JK Rowling, aku suka gaya tulisannya di serial Harry Potter (buku lainnya belum baca), ia pandai meramu plot, beragam karakter, & konflik menjadi suatu kisah yang tak terlupakan. Sir Arthur Conan Doyle, aku suka gaya tulisannya, pilihan2 sudut pandang, karakter, & ide yang dibuatnya dalam menciptakan Sherlock Holmes yang legendaris itu.
    7. Apa buku yang sangat berkesan di hati kalian? dan mengapa? Lagi-lagi, salah satunya saja ya, misalnya Hayy bin Yaqzhon karya Ibnu Thufail. Karena isinya membuatku terpukau. Sebuah karya sastra klasik yang sekaligus filosofis dan beraroma tasawuf pula. Menggambarkan lika-liku perjalanan perkembangan pemikiran akal manusia dari lahir hingga tumbuh dewasa. Sangat mendalam. Salah satu warisan khazanah sastra Islam dari abad 12 M. Wow!
    8. Apa mimpi terbesar kalian? Menjadi manusia yang bermanfaat, sukses dunia akhirat :D.
  9. Kalau diberi kesempatan terakhir untuk menulis, apa yang akan kalian tulis? Wah! ... Pertanyaan mendalam. Perlu bertapa untuk menjawabnya tampaknya. Jawaban sementara sebelum bertapa: Menuliskan pengalaman hidup yang belum sempat ditulis, lengkap dengan perasaan-perasaan, pemikiran-pemikiran yang tak sempat terungkapkan. All those things I never said...
   10. Apakah kalian telah menjadi sesuai dengan apa yang diimpikan sewaktu kecil? Belum... Masih merangkak, merayap, jatuh bangun menyusuri alur...
   11. Apakah pasangan kalian juga membaca tulisan-tulisan di blog kalian? Komentar nya apa? Huh? Aku kan belum berpasangan :D.

Jawaban untuk pertanyaan Mak Evrina (http://evrinasp.wordpress.com/2014/06/05/the-liebster-award-tongkat-estafet-para-blogger/)

  1. Mengapa suka ngeblog? Karena ngeblog itu asyik & fun, manfaatnya banyak. Misalnya bisa sambil belajar mengungkapkan pikiran & perasaan dalam bentuk tulisan, sillaturrahmi dengan blogger lain, menularkan ilmu/manfaat kepada pembaca, dll. Bahkan suka ada keuntungan material & finansial juga, hehe :D.
 2. Bagaimana caranya supaya inspirasi datang? Supaya datang, inspirasi harus diundang, hehe. Inspirasi kan sebenarnya menjelma dari mana saja. Mulai dari secangkir kopi, kenangan & pengalaman, sampai politik segala macam. Jika inspirasinya lewat-lewat saja, mungkin justru kitanya yang nyuekin sang inspirasi itu, bukannya diundang buat mampir :D.
 3. Apa cita-cita yang ingin banget dipenuhi? Punya perpustakaan keluarga, menghasilkan karya yang berkualitas, Meraih ilmu yang bermanfaat sedalam-dalamnya...
 4. Apabila diberikan kesempatan untuk bertemu idola kalian, siapakah yang ingin ditemui? Yang pertama, tentu Rasulullah SAW :).
 5. Film apa yang memberikan kesan paling mendalam buat teman-teman? Aku belum begitu banyak menonton film, jadi belum bisa bilang yang "paling" mendalam. Salah satu yang berkesan mendalam misalnya Children of Heaven. Menyentuh.
   6. Diantara postingan yang sudah saya tulis, manakah yang paling teman-teman suka dan apa alasannya? Ha? Gak ingat semua sebenarnya... Yang kuingat, aku suka postingan berjudul "Apa-apa", "Jalan Lurus 1" & "Teka-teki Air Mata", karena pada dasarnya aku menyukai tulisan kontemplatif di mana aku bisa mengungkapkan pemaknaan atas sesuatu menurut kaca mata pemikiran & perasaanku dengan jujur. Seringnya ini semacam menggedor pintu kesadaranku sendiri yang kerap alpa. 
   7. Pilih mana? Jalan-jalan ke pantai apa ke pegunungan? Alasannya apa? Pegunungan. Karena alam pegunungan menghadirkan tantangan di awal (jalanan mendaki) untuk kemudian mempersembahkan keindahan puncak sebagai hadiahnya. Aku suka jalan-jalan di tempat berpemandangan hijau alami & hawa sejuk ^_^.
   8. Apa yang ingin teman-teman lakukan bersama keluarga yang teman-teman sayangi? Ingin sekali bisa berkumpul, pergi berlibur ke tempat eksotis, bercengkerama, bermain, dan "benar-benar liburan" dengan waktu yang nyaman. Karena aku belum pernah mendapatkan kesempatan seperti itu...
   9. Menurut kalian masa depan itu apa? Masa depan adalah jalanan waktu yang belum dijejaki, sementara saat ini kita sedang menujunya, pada jalanan yang tersampaikan dari langkah-langkah masa lalu. Begitu tipisnya jarak antara langkah sekarang dengan jejak selangkah sebelum dan sesudahnya, sehingga masa depan juga adalah masa kini dan masa lalu (satu kesatuan integral).
  10. Apa saran teman-teman terhadap kemajuan pertanian Indonesia? Iptek dalam bidang pertanian benar-benar diaplikasikan untuk memajukan pertanian di negeri ini. Sektor pertanian dibenahi agar produktif & unggul untuk memenuhi cita-cita ketahanan pangan nasional.
  11. Kalo me time pengen ngapain ajah? Baca buku, mendengarkan musik, menulis, jalan-jalan, browsing, main, nonton film... ^_^

Jawaban untuk pertanyaan Mak Frida (http://panekuk.blogspot.com/2014/06/pertamakalinya-dapat-liebster-award.html)

1. Sebagai seorang blogger, apa sih hambatan paling besar yang kamu rasakan untuk menulis? Diri sendiri!
2. Kamu punya target khusus untuk blogmu? Sekarang ini belum seserius itu. Yang penting tidak sering terbengkalai dulu :D.
3. Menurutmu yang paling enggak banget dari seorang blogger itu apa? Posting hal-hal negatif dan nyepam :p
4. Siapa penulis favoritmu dan kenapa? Sudah terjawab di pertanyaan Mak Indah no. 6
5. Apa genre Fiksi yang paling kamu sukai dan kenapa? Pada dasarnya aku menyukai berbagai jenis genre. Fantasi, sebagai contoh, aku suka karena menawarkan petualangan imajinasi yang tak terbatas.
6. Tentang Indonesia nih, menurutmu apa sih masalah yang paling krusial di negara Ini? Kemiskinan & kesenjangan sosial.
7. Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya? Menetapkan tujuan untuk menjadi bagian dari masyarakat yang memberdayakan sekitar.
8. Apa Harapan kamu untuk pendidikan di Indonesia? Pendidikan di Indonesia tak hanya mengejar nilai akademik, melainkan lebih menyeluruh & mengedepankan pendidikan karakter.
9. Makanan favoritmu apa aja? sudah terjawab di pertanyaan Mak Indah no. 4.
10.Keterampilan apa yang ingin kamu kuasai? Keterampilan memasak, menjahit, menulis, desain... :D
11.Bahasa asing apa yang ingin kamu kuasai? Utamanya B. Inggris, B. Arab, B. Jepang, Jerman, Prancis... Absen aja semua :D.

Nah, tinggal poin terakhir, mengestafetkan award ini. Namun mohon maaf, saya tidak ikut mengestafetkan ya... Akhir2 ini sedang jarang BW, dst... Doakanlah laptopku sehat-sehat, & setelah ini bisa sering BW & posting seperti sedia kala... :).

Komentar

  1. Wah mantap dapet 3 sekaligus. Hehe selamat ya Mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Terima kasih, Mak. Gak sekaligus sih, cuma ya itu... Kalau gak segera diposting ntar khawatir tambah ngantri :D.

      Hapus
  2. Terimakasih sudah menjawab 11 pertanyaan saya ya. Ternyata kita sama, a chemist ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Mak Indah. Owh, ternyata samaan chemist toh :)

      Hapus
  3. Waw....pasti nulisnya capek banget ya Mbak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... capek sih nggak, cuma agak kelimpungan gitu. Dicicil ini juga :D

      Hapus
  4. Makasih mak euis sudah dijawab, kita sama seneng pegunungan dan senenf sama yg hijau2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mak... Hehe... Habisnya lama-lama hehijauan alami itu makin berkurang saja :)

      Hapus
  5. Wah, lain kali saya mesti lebih kreatif bikin pertanyaan. Biar gak samaan dengan yang lain. Hihi

    Makasi mak, mak Euis yang pertama jawab pertanyaan saya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat mau bikin pertanyaan lagi, Mak? Hehe... ya gpp, jadi bisa jawabnya sekalian :D.
      Sama-sama ya... :)

      Hapus
  6. Sayangnya liebster award ini gak diestafetkan, padahal saya mengharap dapat dari Mbak Euis, he-he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm... Saya kira Mas Luthfi tentu sudah dapat dari yang lain. Kan blogger terkenal, hehe :D

      Hapus
    2. Iya, sih. Tapi belum sempat nulisnya. Lebih terkenal sampeanlah. Blognya saja enggak cuma satu, he-he.

      Hapus
    3. ya nggak gitu juga. Perkara punya blog lebih dari satu itu hanyalah soal pilihan :D

      Hapus
    4. Saya baru sempat menuliskannya tadi ~> http://cahpulokulon.blogspot.com/2014/07/the-liebster-award.html

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Happy Yummy Journey, Perjalanan Traveler Perempuan Korea Pecinta Durian Mencari Tempat-tempat Membahagiakan