Perempuan Bernama Arjuna & Dunia Sophie [Wishful Wednesday #10]

Aku mau insyaf! Ingin rajin nulis di blog lagi. Udah ketar-ketir nih khawatir penyakit macet nulisnya kambuh. Kuingatkan & kucatat lagi berderet-deret deadline GA yang belum kelewat di akhir April & Mei. OMG, banyak. Temanya beragam. Banyak yang bisa ditulis. Tapi kok, malah bengong di depan laptop.. Bingung sendiri mau mulai lagi dari yang mana. Haduh. Dasar, masih saja suka gitu :p. Kuingat-ingat lagi ini hari rabu. Wishful Wednesday! Sudah berapa minggu WW yang kulewatkan? 1, 2? Hm... Baiklah, daripada bingung mending posting Wishful Wednesday lagi, kali ini yang ke-10. Selalu saja ada buku yang kuidamkan dan belum kesampaian. Meski buku-buku yang belum terbaca tambah numpuk saja, tak ada salahnya ngabsen lagi buku yang diidamkan. Mau diabsen atau pun nggak, tetep aja kalau udah tertarik mah ya diam-diam sudah jadi idaman dalam hati *ceileh...

Buku yang lagi kuincar kali ini karya salah satu sastrawan Indonesia, Remy Silado. Judulnya "Perempuan Bernama Arjuna". Tertarik dengan buku ini karena sinopsis & temanya menarik. Terlebih bisa dibilang bacaanku atas karya sastrawan Indonesia semisal Remy Silado masih nol. Jadi penasaran banget ingin baca buku ini... Berikut sinopsisnya dikutip dari Goodreads:

"Apakah Anda termasuk orang yang menunggu karya fiksi bermutu? Jika itu pertanyaannya, maka yang ditunggu telah tiba.

Berkisah tentang seorang perempuan bernama Arjuna, keturunan Cina-Jawa, yang ngotot memilih belajar filsafat untuk memahami “perilaku” Tuhan ketimbang ilmu psikologi – yang menyoroti perilaku manusia.
Terdapat ulasan lebih 150 sosok filsuf dunia, dan puluhan sosok di luar kategori filsuf. Jika target pembacaan literatur fiksi tujuannya untuk mendapatkan “kenikmatan”, maka yang paling terasa dari novel ini adalah “sensasi ilmiah” dari tiga hal, yakni, kisah-kisah kehidupan para filsuf, latarbelakang lahirnya metode pemikiran, dan makna dari substansi ajaran/paham/aliran pemikiran.

Sekalipun isinya berupa kajian filsafat, buku ini asyik dibaca karena di dalamnya juga memuat laku hidup keseharian, dan yang tak kalah menariknya ialah potret gaya hidup seksualitas kaum hawa dan adam dari sudut pandang biologi-evolusioner. Nilai-nilai falsafah dan kesusastraan di dalamnya patut diacungi jempol.

- Faiz Manshur : Redaktur Nuansa Cendekia"

Membaca sinopsisnya, pikiranku jadi ingat pada novel Dunia Sophie. Jostein Gaarder lagi2 muncul, gak bosan2nya :p. Kalau diingat lagi, sebenarnya Dunia Sophie juga masuk wishlistku juga yang belum kesampaian. Aku ingin punya bukunya, dulu pernah baca novelnya hanya meminjam teman. Terlebih Dunia Sophie: Sebuah Novel Filsafat (Gold Edition) terbitan Mizan covernya keren banget. Tiap kali melihatnya pengen banget punya. Sayang masih mahal :(. Potongan kutipan sinopsis dari Goodreads:
"Mizan Gold Edition adalah spesial dari karya-karya terbaik penulis dunia. Hadir dalam kualitas teks prima serta kemasan dan bahan eksklusif, seri ini layak menjadi koleksi para pencinta sejati buku.


Sophie, seorang pelajar sekolah menengah berusia empat belas tahun. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapat sebuah surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan: “Siapa kamu?”
Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapat surat lain yang bertanya: “Dari manakah datangnya dunia?”
Seakan tersentak dari rutinitas hidup sehari-hari, surat-surat itu mempuat Sophie mulai mempertanyakan soal-soal mendasar yang tak pernah dipikirkannya selama ini. Dia mulai belajar filsafat."
Click link to join

Jadi, 2 buku itulah incaranku di WW ke-10 ini.
Ini ceritaku, apa ceritamu?
* Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
* Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
* Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
* Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

Komentar

  1. OMG itu apa, ya? Biar nulisnya semangat, jangan lupa sediakan secangkir kopi di samping. He-he-he...

    BalasHapus
  2. Oh My God... Heu, sayangnya ngopinya cuma pagi hari... :D

    BalasHapus
  3. belum berhasil menyelesaikan dunia sophie sampai sekarang hahaha... harus semangat nih... semoga terkabul ya wishnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Belum ditamatin toh... Aku juga dulu nyicil... :D. Ayo semangat tamatin, Mbak... Amiin... Thanks ya :)

      Hapus
  4. Dunia Sophie itu semacam buku dalam buku, novel ini jadi hadiah Mayor buat anaknya, Hilde, lebih realitas ke cerita Sophie yang padahal karangan Mayor, tapi kita tau kan kalau Mayor juga karangan penulisnya :D Semoga terkabul :)

    @asysyifaahs
    Wishful Wednesday 13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah... Bingung deh baca komenmu. Tapi ya memang begitulah khasnya Gaarder, cerita berlapis :D. Udah baca toh...
      Amiin... thanks ya :)

      Hapus
  5. Wah... jadi pengen baca juga buku-bukunya. Kayaknya seru. TFS, Mak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu, baca bukunya, Mak... Cara yang asyik untuk belajar filsafat lewat novel :D

      Hapus
  6. perempuan bernama arjuna ?
    arjuna itu biasanya digunakan untuk anak laki laki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya dari judulnya saja sudah menarik perhatian :D

      Hapus
  7. perempuan namanya arjuna , hemm menarik ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih menarik isi bukunya sepertinya :D

      Hapus
  8. wow..
    suka baca novel ya..
    siipp..

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Novel Milea: Suara dari Dilan

Merayakan Momen Spesial dengan Makan-makan di Celebrate Cafe Bandung