Syaamil Gadget: Teknologi Sehat Islami Super Lengkap untuk Keluarga

“Do not raise your children the way [your] parents raised you, they were born for a different time.” -Ali bin Abi Thalib

Di jaman serba cepat seperti sekarang, gadget sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan melekat di keseharian masyarakat. Tren gadget tak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, melainkan sudah menjamur pula di kalangan remaja, bahkan menyentuh anak-anak. Seperti sering orang bilang berulang-ulang, teknologi punya sisi positif dan negatif tergantung bagaimana manusia mempergunakannya. Orang yang bijaksana tentu bisa menyaring mana yang baik dan memanfaatkan kemudahan teknologi untuk keperluan yang bermanfaat pula. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Mereka adalah peniru sejati yang menyerap apa yang didengar dan dilihatnya di sekitar. Kita kerap mendengar kisah-kisah miris anak-anak yang menjadi korban sisi negatif teknologi bermunculan di media massa. Kebutuhan masyarakat akan teknologi yang sehat semakin mendesak. Syaamil Note & Syaamil Tabz, 2 jenis gadget dari Sygma CMC kini hadir sebagai gadget alternatif yang sehat dan islami yang menjawab kebutuhan keluarga. Beragam aplikasi islami super lengkap di dalamnya sangat kaya akan manfaat.

Launching Syaamil Note & Syaamil Tabz (sumber foto: Syaamil Quran)
Sabtu, 1 Maret 2014 kemarin saya menghadiri undangan untuk blogger di acara launching Syaamil Note & Syaamil Tabz. Acara ini didahului oleh talkshow bertema “Teknologi Hebat, Ibadah dan Dakwah Semangat”, di area panggung utama Pesta Buku Bandung 2014 di Landmark Braga. Pembicaranya adalah Pak Indra Laksana, Direktur Sygma Media Innovation (SMI), Bu Ary Indriani, National Sales Manager Sygma, dan Meyda Sefira, Brand Ambassador Syaamil Quran, serta dimoderatori oleh Kang Wildan Taufik, Penyiar MQ FM Bandung. Saya sudah berbekal kamera digital dengan pedenya untuk dokumentasi, ternyata baterainya habis :(. Kebetulan hp saya belum smartphone, kamera hp kurang memadai, hehe. Sayang ya gak bisa narsis... :D.


Publikasi talkshow & launching
Dalam talkshow ini dibincangkan mengenai parenting, media pembelajaran untuk keluarga, kebutuhan fasilitas mobile & praktis untuk belajar Islam dan beribadah, serta mengenai Syaamil gadget itu sendiri. Kehadiran Syaamil Note & Syaamil Tabz berangkat dari riset mengenai kebutuhan relijius masyarakat muslim Indonesia. Visinya adalah menjadikan Al-Qur'an sebagai lokomotif kehidupan muslim Indonesia, senantiasa berada dalam keseharian, dan menjadi kebanggaan. Misinya menjadikan Al-Qur'an sebagai kebanggaan muslim, mudah dan memudahkan, serta menyenangkan berinteraksi & mempelajarinya.
Stand Syaamil Qur'an di Pesta Buku Bandung 2014 (dok. pribadi)
Dari sisi parenting, pendidikan terbaik bagi anak adalah teladan orang tuanya. Dan inspirasi terbaik bagi keteladanan adalah ajaran Rasulullah SAW dengan nilai-nilai Al-Qur'an. Kalau pun banyak di antara kita yang mungkin ilmunya masih belum memadai, belajar adalah kunci yang tak boleh kita hilangkan dalam keseharian. Dalam hal ini, kebutuhan mempelajari Al-Qur'an dan usaha mengaplikasikan nilai-nilainya di keseharian tak terbatas usia dan status. Setiap pribadi muslim membutuhkan pembelajaran itu. Data dari sebuah survey Syaamil mencerminkan harapan masyarakat dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an adalah untuk dapat mempraktekkannya. Sementara itu, banyak muslim yang karena kesibukannya tak sempat belajar langsung dari ahlinya. Kondisi keseharian yang mobile juga membuat membawa buku-buku di perjalanan menjadi ribet dan kurang praktis. Oleh karena itu, sebagaimana disampaikan oleh Pak Indra, Sygma berupaya mendesain dan mengembangkan media aplikasi digital untuk memenuhi kebutuhan muslim modern beribadah, terutama ibadah-ibadah harian.

Brosur Syaamil Note & Syaamil Tabz
Syaamil gadget menawarkan kemudahan untuk belajar, beribadah, dan berdakwah yang bisa diakses kapan dan di mana saja untuk mengimbangi tuntutan mobilitas yang serba cepat ini. Fasilitas belajar Al-Qur'an, panduan beribadah, edukasi islami untuk anak (ebook, video, lagu, & games sehat & edukatif), ebook tafsir lengkap, tanya-jawab Islam interaktif, semua tersedia dalam bentuk aplikasi yang sudah built in di dalamnya. Konsep dasarnya, Syaamil Note/Tab merupakan media digital Islami berbentuk smartphone & tablet yang menjawab tantangan berikut:
  • Kebutuhan belajar Islam yang mudah dan praktis
  • Kebutuhan konten Islam yang lengkap dalam satu media
  • Kebutuhan konten yang aman dan mendidik bagi keluarga muslim Indonesia
Gadget ini memang teknologi alternatif yang sehat untuk keluarga. Seperti disampaikan oleh Bu Ary, gadget ini memang mengandung konten dakwah untuk keluarga muslim, dilengkapi dengan ebook parenting dan seri pengetahuan islami. Selain itu juga cocok untuk pendidik, pendakwah, pembelajar, & siapa pun umat muslim pada umumnya. Gadget ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.
Keunggulan Syaamil Note & Syaamil Tabz
1. Sangat Lengkap, berisikan referensi-referensi shahih yang bisa menjadi rujukan dalam beribadah secara kaffah.
2. Praktis, memandu melaksanakan ibadah maupun mengimplementasikan nilai-nilai Islam secara mudah.
3. Menyenangkan bagi siapapun yang menggunakannya. Aplikasi-aplikasi yang ada didesain secara khusus sesuai dengan kebutuhan dan karakter umat Islam di Indonesia.
4. Menjadikan hari-hari semakin bermakna dan penuh arti dalam beribadah kepada Allah, dengan aplikasi-aplikasi yang memandu mengamalkan ibadah-ibadah harian, seperti: Tilawah dan menghafal Al Quran, Sholat, Zakat, Shaum, Dzikir, Tholabul ‘ilmi dan ibadah lainnya.

Apa sajakah aplikasi khusus built in di dalamnya? Ini dia.

BUILT-IN APPLICATIONS:

Quran Miracle The Practice
Aplikasi Quran berbahasa Indonesia terlengkap yang pernah ada. Dengan 2 tampilan baca. Dilengkapi dengan tafsir, hadits, khazanah pengetahuan, panduan tajwid, panduan mengamalkan ayat-ayat Al-Quran dan konten menarik lainnya. Aplikasi ini dilengkapi dengan audio murotal yang dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan. Merupakan aplikasi yang tepat untuk menghafal Al-Quran.
Tafsir Ibnu Katsir (syaamilquran.com)

Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz
Tafsir karya ulama besar Syaikh Sya­fiyurrahman Al-Mubarakfuri yang sangat fenomenal, yang dalam versi cetaknya senilai 1-1,5 juta ini hadir secara lengkap 30 juz. Memandu memahami Al-Quran secara utuh berdasarkan penafsiran ulama besar Islam yang diakui di seluruh dunia.

Aplikasi Haji dan Umrah
Aplikasi ini memandu secara lengkap tahap demi tahap dalam peribadatan haji. Menjelaskan secara rinci tentang landasan syar’i berhaji/umroh. Menjelaskan hukum-hukum haji, doa-doa dan kiat-kiat selama pelaksanaan haji. Lebih menarik lagi, aplikasi ini dilengkapi video tutorial haji dari Kementerian Agama RI yang menjelaskan tentang prosesi haji dari semenjak di asrama haji, di bandara, embarkasi, saat thawaf, wuquf, hingga kembali lagi ke Indonesia.

Paket PUSPI (link sumber)

E-Book “Pustaka Sains Populer Islami”
Merupakan Aplikasi E Book yang berisi 10 Jilid Buku Eksklusif full Ilustrasi. Berisikan buku-buku yang menjelaskan tentang keagungan Allah dan penciptaan makhluk-makhluk-Nya. Dalam edisi cetaknya, E-Book ini senilai lebih dari Rp. 2 juta.

Game A Ba Ta
Merupakan Game anak Muslim dengan tutorial, ilustrasi dan sound effect yang sangat menarik bagi anak-anak. Belajar hijaiyah dan membaca Al-Quran terasa lebih mudah, cepat dan menyenangkan bagi anak-anak.

Syaamil Quran Terjemah per Kata
Aplikasi Quran dengan terjemah perkata berbahasa Indonesia. Memudahkan dalam mempelajari arti/tafsir kata demi kata  dalam Al Quran. Anda dapat memahami makna Al Quran secara bahasa dengan lebih baik lagi. Dilengkapi penjelasan Ayat Tematik, Asbabunnuzul, dll. Aplikasi ini serupa dengan versi cetaknya.

Ibadah Muslim Kosmopolitan
Merupakan aplikasi yang berisi panduan praktis yang super lengkap bagi setiap muslim perkotaan yang menjalani ritme hidup yang sangat sibuk dan serba cepat. Memudahkan dan sangat membantu dalam menjalankan ibadah di zaman modern ini. Di dalamnya terdapat berbagai konten berupa: Panduan Sholat, Panduan Bersuci, Panduan + Kalkulator Zakat dan Shaum, Panduan Janaiz, Doa Pilihan, Ayat-ayat Ruqyah (dilengkapi audio), Al Ma’tsurat (dilengkapi Audio), Masjid dekat Anda, Tasbih Digital, dan Jadwal Sholat.

My First Question and Answer
Aplikasi e-book yang mendampingi pertumbuhan keingintahuan anak yang besar terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuannya, anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kritis, dan luas wawasannya. Keseluruhannya terdiri atas 12 buku hebat, yaitu: samudra, hutan hujan, luar angkasa, planet bumi, tumbuhan, binatang liar, keajaiban, kendaraan, binatang ternak, anak binatang, burung, anggota tubuh.
Buku-buku It's My World (link sumber)

E Book “It’s My World”
Merupakan aplikasi E Book yang berisi belasan jilid buku anak ekslusif berbahasa Inggris dengan muatan konten lokal Islami. Mengajarkan anak untuk memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya dengan sebaik-baiknya. E Book ini mengajarkan akhlak dengan kisah yang sangat menarik dilengkapi dengan ilustrasi yang disukai anak. Dalam Edisi cetaknya, E Book ini senilai lebih dari Rp. 3 juta.

E Book lainnya:
Berisikan lebih dari 50 buku Islam sangat menarik bagi anak-anak, remaja, dan dewasa/wanita, ­fiksi dan nonfiksi. Semuanya akan mendampingi hari-hari Anda maupun keluarga Anda menjadi penuh makna.
- Buku dewasa: Kisah hidup Rasulullah saw. (Sirah Nabawiyah, Muhammad the Messenger, plus Abu Bakar, Umar & Ali), Rahasia Kekayaan Tertinggi, Rahasia Pengobatan dengan Puasa, dll.
- Buku khusus wanita & parenting: Pesona Cinta Manusia-Manusia Pilihan, Special Guide for Woman (Bersuci, Shalat, Iktikaf, Puasa, Zakat, Haji & Umrah, Iktikaf ), 25 Cara Memengaruhi Jiwa dan Akal Anak, dll.
- Buku remaja: Asmaul Husna for Teens, 10 Karakter Remaja Unggul, Novel Parodi (Jomblo Returns, Hantu Ambu Lanceu, Hantu Jeruk Bali, Bangsal 13-B), dll.
- Buku cerita untuk anak: Putri Kara, Kuku Si Putra Raja, Hadiah Berbuat Jujur, Pensil Putri Salju, Puding yang Jujur, Super Doa, Super Islam, dll.


Bonus: Video animasi Anak dan lagu-lagu Islami yang sangat menyenangkan bagi anak-anak.


Semua aplikasi tersebut, jika dirupiahkan, maka nilainya mencapai lebih dari Rp 10 juta. Wow!
Ada pun spesifikasi Syaamil Note & Syaamil Tabz sebagai berikut:
Syaamil Note
    Dual SIM GSM: 850/900/1800 MHz
    3G/WCDMA: 850/2100 MHz
    Android 4.2.2 Jelly Bean, Quad-Core 1.3 GHz
    1 GB RAM, 4GB Storage, MicroSD External
    8 MP Primary Camera 3264 x 2448 pixel
    VGA Secondary Camera, Display IPS QHD
    Ultra Clear Screen, 2000 mAh Battery
    Free: Flip Cover & Screen Protector
    BBM Ready
    Browser , Calculator, Camera, Clock, Calender, Media Player, E-Book Reader, Video, Email, plus bundling syaamil tabz application.
    Free external memory 8 GB
    Harga: Rp 3.275.000


Syaamil Tabz
    B Tab, 4,7 Inci Multi Touch Screen
    Android 4.1 Jelly Bean, Dual-Core 1.2 GHz, 512 MB RAM,
    Internal Memory 4GB, Front Digital Camera, 2 MP Back Camera,
    Display IPS 7” 1024 x 600, Capacitive Touch Panel,
    Network GSM/3G/EDGE/GPRS, Wi­ 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0,
    Up to 32 GB External Memory, 3500 mAh Battery
    BBM Ready
    Browser , Calculator, Camera, Clock, Calender,
    Media Player, E-Book Reader, Video, Email, plus bundling syaamil tabz application.
    Harga: Rp 2.150.000


Bagaimana, pasti tergiur dong...? Segitu lengkap dan bermanfaat aplikasinya. Saya sendiri yang notabene "pelahap" buku, begitu mupeng melihat koleksi ebook & aplikasi lainnya. Tafsir Ibnu Katsir, misalnya. Tebal, berjilid-jilid & mahal kalau beli versi cetaknya. Belum berat membawanya. Namun dengan Syaamil gadget, semua itu sudah all in one & built in. Bisa dibilang, perpustakaan islami keluarga dalam genggaman. Belum lagi panduan ibadahnya yang memudahkan. Mau shalat & puasa, diingatkan waktu & jadwalnya. Mau ngitung zakat, ada kalkulatornya. Mau belajar ibadah haji, ada tutorialnya. Mau berzikir, baca & belajar Quran, menghafal, juga difasilitasi. Bahkan mencari masjid terdekat juga bisa. Keren ya...

Ini petikan testimoni dari Meyda Sefira: “Saya sudah lihat dan buktikan, bagaimana kemudahan kita belajar, kapan pun dan di mana pun. Tidak akan rugi, karena ini adalah investasi masa depan, yang jauh lebih ekonomis dan bisa dibawa kemana-mana.”
***

*Referensi/sumber spesifikasi & konten aplikasi Syaamil Note & Syaamil Tabz:


Komentar

  1. dari aplikasi yang disediakan dan spek gadgetnya saya rasa tidak mahal untuk sebuah gadget yang lengkap. pengen beliiiiiiiiii *nabung* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Sangat ekonomis. Kalau beli satu per satu versi cetaknya dikumpulin lebih dari 10 juta rupiah harganya. Aku juga ingin banget... Iya, harus nabung... :D

      Hapus
  2. wah game Abata nya bagus buat anak kecil ya. buat pembelejaran awal membaca al-quran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Pastinya belajar membaca Al-Qur'an juga jadi menyenangkan dan seru buat anak-anak... :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Smartphone-nya juga... Aku ngeceng deh... :D

      Hapus
  4. Waaah langsung mupeng mak ... keren. Cocok ini buat anak2 ... buat emak bapaknya juga.

    Eh, itu mbak Meyda Sefira itu .. artis ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Buat yang belum berkeluarga juga. Buat bekal & investasi masa depan, kata Teh Meyda mah.

      Hehe... Mak Mugniar ke mana aja... iya, aktris yang memerankan Husna dalam film Ketika Cinta Bertasbih, juga main di Dalam Mihrab Cinta kalau gak salah :)

      Hapus
  5. wuidiih....teknologi sehat islaminya super lengkap banget ya...ijin bookmark yah..penting banget sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, Pak... Inovasi seperti ini memang penting untuk mengimbangi laju perkembangan jaman. Jadi gak ada alasan utk gak belajar/beribadah. Sudah dipermudah :)

      Hapus
  6. terobosan yang bagus sekali nih sob.

    BalasHapus
  7. Selain bisa makin Gaul, gadgetnya bisa menambah Pahala dan keimanan ya dengan fitur-fitur yang islami.. jadi kepingin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, teknologinya dimnfaatkan untuk membantu belajar & ibadah :)

      Hapus
  8. Gadget bisa mendekatkan tapi juga bisa menjauhkan . . . semoga kita termasuk orang punya gadget tapi juga masih positive . . . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Sinna. Tergantung pemakainya. Amiin... :)

      Hapus
  9. Aaah mak, pengen punyaa :p tapi blm ada budgetnya, hihi..
    Lengkap banget ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa :D. Iya, lengkap banget, berasa punya perpus keluarga digital kayaknya.

      Hapus
  10. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Happy Yummy Journey, Perjalanan Traveler Perempuan Korea Pecinta Durian Mencari Tempat-tempat Membahagiakan