Galau Pesta Buku Bandung 2014 [Wishful Wednesday #5]

Sebagian penggemar buku ada yang sudah malas pergi ke pameran buku gara-gara event ini makin sering diadakan di beberapa kota besar. Mereka yang biasa beli buku kapan saja ada yang gak terpengaruh oleh euforia pesta diskon buku ini. Lain cerita sama aku. Meski kadang suka juga nyempetin ke toko buku & sering banget ada event pameran buku di Bandung ini, tiap kali ada pameran buku di Braga aku selalu bersemangat & excited. Tahun demi tahun berlalu aku masih saja begitu ternyata :D. Seperti Pesta Buku Braga tahun ini, aku masih saja bergalau pengen buku ini-itu tapi mau gila karena meski udah didiskon, kalau maunya banyak yaa... Tetep aja dompet bakal langsung kempes toh :(. Padahal aku seharusnya diet beli buku, mengingat kondisi kocek & tumpukan antrian yang belum dibaca juga masih banyak. Tapi yah, begitulah... Di pesta buku, sisi bookaholic berduet dengan shopaholic diriku suka meronta-ronta gitu, ingin berpesta juga. Walhasil, tetap saja... dompetku terkuras lagi... :p.
klik link untuk ikutan

Karena sekarang hari rabu, waktunya posting Wishful Wednesday-ku yang ke-5, aku mau sekalian numpang ceritaku ke pameran buku kemarin-kemarin. Jadi buku incaranku kali ini berupa buku-buku yang di antara bejubel buku di Pesta Buku Braga (27 Feb - 5 Mar) 2014 itu, paling bikin aku galau antara ingin tapi belum kesampaian. Ada beberapa buku yang aku samperin beberapa kali standnya, memandangnya lagi *dengan sendu :'(, mengelus covernya dengan sayang, mengecek lagi harganya, lalu introspeksi dompet lagi, dan... Dengan berat hati aku harus meninggalkannya, berpisah untuk waktu yang belum bisa ditentukan. *Eyyy... Tunggu, kenapa jadi melow begini, lebay yah... Hihi :p. Aku ceritain 3 aja yaa... Kalau mau diabsen semua ya bakal lebih dari 3 sih... :D.
https://www.goodreads.com/book/show/16157744-einstein1. Einstein: Kehidupan & Pengaruhnya bagi Dunia, buku biografi karya Walter Isaacson. Kan masih belum terlalu lama terbitnya ya... Bukunya tebal begitu, wajar harganya mahal. Sudah diskon 30%, tetap aja belum kesampaian :(. Alasanku menginginkan buku ini ya karena Einstein seorang ilmuwan besar yang kontribusinya di dunia ilmu pengetahuan gak main-main. Wajar kalau aku tertarik ingin baca biografi lengkapnya. Kalau versi biografi singkatnya sih aku udah baca & punya. Tambahan aku seorang yang belajar bidang sains, tentu wajar sekali ingin mengoleksi biografi tokoh-tokoh ilmuwan. Doakan kelak terkabul ya... Sekarang sih baru sedikit, baru punya biografi Isaac Newton sama  satu-dua ilmuwan muslim jaman dulu (biografi singkat saja) :(. Aku juga suka sama gaya Einstein. What? Bukan soal rambutnya yang acak-acakan & fotogenic-nya yang terkenal itu :D, melainkan suka sama gaya nyentriknya & kesan yang kutangkap selama ini, dia cukup rendah hati sebagai seorang jenius. Aku juga suka sama kutipan-kutipan Einstein, entah yang bijak maupun yang humor. Kapan ya, aku bisa dapetin buku ini...

https://www.goodreads.com/book/show/12850737-steve-jobs
2. Steve Jobs, biografi karya Walter Isaacson juga. Yang ini dulu booming banget kan, tapi aku belum baca :(. Bukunya tebal banget... Lebih tebal dari Einstein, kalau gak salah. Biar sudah diskon 30%, tetap belum sukses kubawa pulang. Aku ingin buku ini karena sering dengar inspirasi Steve Jobs & pribadinya yang katanya memang figur keren. Meski sempat banyak biografi Pendiri Apple yang fenomenal ini bermunculan, namun kalau biografi, aku suka mendingan yang lengkap sekalian. Kalau dilihat dari tebalnya & nama besar penulisnya, aku cenderung percaya buku biografi ini cukup lengkap. Doakan biar aku cepet punya... 
https://www.goodreads.com/book/show/1582308._Membumikan_Al_Quran?ac=13. Membumikan Al-Qur'an , karya Pak Quraish Shihab. Entah kenapa aku ngeceng banget buku ini. Aku belum pernah baca buku-buku Pak Quraish Shihab. Jadi ini lebih ke penasaran ingin baca salah satu bukunya dulu, dimulai dari yang terkenal. Banyak buku-buku beliau edisi baru bercover khas dipampang di stand Mizan. Namun khusus Membumikan Al-Qur'an ini, ada terselip  satu-dua edisi cetakan lamanya. Bisa ditebak, edisi lama itu harganya lebih murah, lebih tipis juga dari segi jumlah halamannya. Aku sih orang yang cenderung menyukai edisi lama, lebih klasik... Hehe... Kecuali jika edisi barunya lebih keren covernya. Tak berarti cover edisi baru buku-buku Pak Quraish Shihab kurang oke, kali ini pertimbangannya lebih ke harga, hehe. Kalau bisa dapat buku isinya sama harganya beda, untuk sekarang lebih milih yang lebih murah dulu :D.

Itulah buku-buku incaranku di Wishful Wednesday kali ini. Aku bolak-balik ke Pameran Buku Braga selama 3 hari lho. Hari pertama aku gak ngubek-ngubek buku dulu. Alasanku datang ke pameran buku kan selain lihat-lihat buku yang dipamerkan (tetap optimis siapa tahu tiba-tiba menemukan harta karun yang kucari berharga murah), juga karena acara-acara yang digelar di panggung utamanya yang menarik. Kemarin-kemarin banyak diputar film juga, bahkan ada pemutaran film karya para peserta Lomba Film Pendek bertema mengajak membaca buku diputar tiap malam selama acara berlangsung. Hari sabtu aku datang memenuhi undangan buat blogger untuk menyimak talkshow dari penerbit Syaamil Qur'an yang launching Syaamil gadget bersama Teh Meyda Safira. Aku dapat bingkisan buku-buku & Al-Qur'an, jadi gak belanja apa-apa juga udah berat sama oleh-oleh ^_^. Setelah itu ada launching & konser buku "Menjadi Bangsa Pembaca", bukunya Kang Adew Habtsa yang juga seorang kawanku di komunitas yang pernah aku ceritain di WW-ku yang ke-2.

Minggunya nyimak talkshow novel "Athirah" bersama penulisnya, Mbak Alberthiene Endah (aku belum punya novelnya :(). Esoknya niat datang ke diskusi "Sastra (menjadi) Film" persembahan FLP Bandung, sayangnya hujan besar sekali. Begitu agak reda & berangkat sampai sana udah ujung acara, hiks :'(. Malah jadi nyimak acara setelahnya, talkshow film Manusia Setengah Salmon, sayang Raditya Dika-nya gak dateng. Ada Eriska & Mo Sidik dari pemain filmnya. Jadi begitulah singkatnya huru-hara berpesta buku kemarin.
Gak lengkap kalau gak aku pamerin buku-buku yang kubawa pulang. Dua di antaranya adalah buku incaran di WW-ku yang ke-3 ^_^. Gak tahan aku sama godaan buku ini. Meski mahal, ada diskon paket buku. Khusus buatku, Mbak & Mas-Mas penjaga stand-nya berbaik hati ngasih korting tambahan 10 ribu, hihi... Aku gak tahu kenapa, beberapa kali dapat keberuntungan begitu sewaktu beli buku. Padahal aku gak jago-jago amat nego harga :D. Di WW ke-3 itu kan aku ceritain bedah bukunya. Ternyata aku dapat buku yang ada tanda tangan penulisnya, sisa dari bedah buku waktu itu :). Jadi itung-itung ceritanya aku dapetin tuh buku sewaktu bedah bukunya, toh aku hadir :D.

Sedangkan buku yang lain... Errr... Itu gak ada di wishlist tapi dadakan beli karena menarik & harganya miring :p. Yang Psikologi Sastra itu punya adikku, tapi kan aku bisa numpang baca kelak :D. Maka bertambahlah tumpukan antrian bacaku :p.
Ngomong-ngomong, pesta buku kali ini disinergikan dengan Hari Bahasa Ibu yang ditetapkan 21 Februari. Jadi temanya "ngamumule bahasa indung", nyunda sekali. Ada bajigur & bandrek spesial gratis. Terus lagu "soundtrack" pesta buku berbahasa sundanya keren. Suka ^_^.
 

Komentar

  1. selamat membaca buku mbak :) *jika sudah dibeli* hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh... Iya, nih... Aku harus nyelametin diri sendiri utk baca buku *lirik target baca 2014-ku yang progresnya lambat banget. Menurut Goodreads, aku udah ketinggalan 3 buku dari target yang seharusnya :(

      Hapus
  2. Aku anak Bandung, iya Bandung coret, kemarin mau ke Braga juga, sambil ada acara anak sekolah dari sekolah tetangga *jauh sekali* cuma nggak jadi >w< Semoga terkabul :)

    @asysyifaahs
    Wishful Wednesday #7 : Jika Aku Mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Bandung coret itu Cimahi kan, maksudnya? ;). Kemarin pas talkshow filmnya Raditya Dika banyak anak SMA dateng :D.
      Amiin, nuhun ya :)

      Hapus
  3. Wahh, buku Athirah itu yang bikin ngiler! :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, aku juga mau Athirah. Tapi.... Nanti dulu deh :(.

      Hapus
  4. haha bukunya einstein emang mahal mbak -_- apalagi sama buku steve jobs :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... duo tebal gitu. Kapan yaa ada diskon lebih gede lagi... *ngarep :D

      Hapus
  5. Buku2 incarannya keren Mak .... colek saya kalo sudah dapat dan sudah mereviewnya ya ... mudah2an saya bisa segera baca ...

    Einstein itu nyentrik ya .. mudah diingat wajahnya. Kalo ilmuwan lain, waaah gak keingat sama saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Harus keren, kan saya juga keren *disensor :p. Insya Allah, Mak... Kapan ya... Aku suka kesulitan kalau ngereview buku2 biografi nan tebal beginih *masih hrs belajar. Amiin...

      Hehe, iya, Einstein jg lucu. Aku pernah baca buku kecil yg memuat dokumentasi surat-menyurat Einstein dg anak2 dari seluruh dunia. Dia ngehumor juga ^_^

      Hapus
  6. Buku 1 dan 2 masuk wishlistku juga.
    Semoga terkabul ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, sama ya... Tos dulu deh. Amiin, semoga kita bisa lekas punya & membacanya :)

      Hapus
  7. Karya2 Walter Isaacson emang bikin penasaran, terutama yang steve jobs :) semoga terwujud ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kelihatannya dia spesialis biografi. Pernah nulis biografi Benjamin Franklin juga kan... Amiin, semoga terwujud :)

      Hapus
  8. tiga buku keren banget tuh kang Einstein dan kang Jobs bisa dijadiin motivasi daninspirasi, "membumikan Al Quran nya untuk ngasah hati....pas deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, begitu ya. Semoga lekas bisa baca semuanya....

      Hapus
  9. Nah, kalo sy buku Einsten yang sudah hampir dibeli, tapi ga jadi :D

    Semoga terkabul ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sayang gak jadi...
      Amiin, nuhun ya :)

      Hapus
  10. hehe, aku sendiri juga suka kalap buku, teh. makanya sekarang diet buku, kalo lagi pengen beli dan bener2 menggebu, aku ke perpus, cuma buat liat buku2 yang ada di sana. dan kalo pun pinjem ya sekadar buat nyari suasana baru aja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah, Mbak Ila. Ternyata aku gak sendirian, hehe :D. Kalau saya jarang banget ke perpus. Kalau bukan untuk tujuan buku penunjang kuliah atau kerja mah suka ingin punya sendiri :D. Mau minjem juga introspeksi, tumpukan buku punyaku sendiri yg belum dibaca masih ngantri... :D

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon