Cantik yang Sehat Tak Mengenal Usia

Monalisa (wikipedia)
Wanita adalah makhluk yang identik dengan keindahan. Sesuai kodratnya, setiap wanita tentu ingin dirinya cantik, terlepas dari keunikan gaya penampilan masing-masing. Sayangnya, definisi cantik kadang ditafsirkan secara sempit sebatas bentuk fisik saja. Sebagian wanita memimpikan kecantikan fisik ideal hingga taraf yang tak tanggung-tanggung: menghabiskan biaya super mahal, misalnya. Sebagian wanita juga rentan terjebak gaya hidup super konsumtif untuk sekadar mempercantik dirinya. Tak hanya kebutuhan kosmetik, melainkan juga beragam produk fashion berikut aksesorisnya. Cantik selain identik dengan bentuk fisik ideal, juga dengan kemudaan. Maka isu berat badan dan usia menjadi sensitif bagi banyak wanita.

Tentu tak ada yang salah dengan menginginkan fisik ideal. Namun, sesungguhnya ada yang lebih penting daripada itu. Kesehatan, misalnya. Tidak jarang wanita yang mengejar kecantikan fisik melupakan pentingnya tubuh yang sehat dibalik usahanya. Terjebak dalam diet yang salah, penggunaan cara-cara atau produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, atau tanpa sadar terjebak pada gaya hidup yang merusak kesehatan diri, misalnya. Jika mempertimbangkan kecantikan yang sesungguhnya, bukan cantik bermakna sempit, ada banyak elemen cantik yang tak melulu soal bentuk fisik, dan tak harus mahal.
Bukankah kecantikan akan memancar dari tubuh yang sehat? Dalam hal ini, tak hanya sehat jasmani, melainkan juga secara rohani. Cantik itu seimbang. Ya jasmani, ya rohani. Kalau sudah bicara rohani, outputnya berupa kecantikan alami yang disebut sebagai inner beauty. Kecantikan dari dalam diri yang jauh lebih berharga dari sekadar kecantikan fisik. Kalau sudah begini, cantik menjadi kata sifat yang sangat adil & tak lagi subjektif. Cantik yang cerdas, tidak rasial, tidak mengenal usia. Cantik yang tak cuma permukaan, melainkan berasal dari kedalaman. Bukan topeng, melainkan kesejatian.

Cantik yang sesungguhnya, tak mungkin diperoleh dengan cara-cara yang "tidak cantik" alias berdampak buruk bagi diri sendiri. Cantik itu indah, dan keindahan tak mungkin diperoleh dengan cara merusak. Kecantikan hakiki diperoleh dari cara-cara positif, yang tentunya harus dibiasakan semenjak dini & diterapkan konsisten. Siapa bilang cantik itu monopoli usia muda? Bahkan seorang nenek bisa tetap cantik di usia senja. Kuncinya ada pada gaya hidup, suatu hal yang dibentuk melalui proses & waktu. Gaya hidup sehat atau tak sehat di usia muda tentu berdampak pada usia tua nantinya. Jadi, bisakah tetap cantik lahir-batin tanpa harus mahal? Tentu bisa. Yang terpenting untuk cantik yang sehat tentulah cantik yang diridhoi Tuhan, Sang Pencipta itu sendiri. Tubuh adalah karunia-Nya, tentu tak benar kalau kita merusaknya untuk sekadar tampil cantik di hadapan manusia.

Berikut ini ada tips-tips agar tetap cantik yang ekonomis & sehat, yang referensinya diambil dari tanyadok.com.

Cantik-Sehat Secara Fisik

Tips cantik tanpa make-up
Cantik dengan make-up itu biasa. Yang luar biasa itu bisa tetap cantik alami tanpa make-up. Seperti dikutip dari tanyadok.com, tips berikut dapat membantu Anda untuk tampil menawan di setiap kesempatan.
1. Istirahat yang cantik
Maksudnya istirahat yang berkualitas. Tidur yang cukup dan berkualitas, 6-8 jam perhari tanpa sering terbangun dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata.
2. Hidrasi yang cukup
Air adalah sumber kehidupan, sel-sel tubuh kita sebagian besar terdiri atas air. Minum air mineral yang cukup kelihatan simpel, namun besar manfaatnya bagi kesehatan. Cukup hidrasi membantu kulit lebih lembab dan lembut. Air juga dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh, sehingga kulit tampak tetap awet muda.
3. Bentuk elemen wajah
Elemen wajah yang mudah dibentuk misalnya alis dan bulu mata. Agar tampak menawan, alis dapat dirapikan dengan sikat halus, bulu mata dapat terlihat lentik menggunakan penjepit bulu mata.
4. Bibir yang sehat
Bibir yang sehat akan membuat penampilan menawan. Agar tetap sehat & tidak pecah-pecah, penting untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E yang juga baik untuk kulit, seperti jeruk, mangga, dan stroberi. Sering membasahi bibir kering dengan air liur atau lidah tidak dianjurkan, malah membuat bibir semakin kering. Cukup oleskan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir.
5. Merawat & modifikasi rambut
Rambut yang sehat akan mempercantik penampilan. Gaya model rambut juga bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Bagi yang berjilbab, ini tetap berlaku untuk di rumah.
6. Kulit wajah yang sehat
Selain mengkonsumsi makanan yang menutrisi kulit, penting pula merawat kebersihan wajah. Sehabis bepergian atau pakai make-up, bersihkan wajah dengan pembersih wajah. Cuci muka langsung dengan sabun tidak dapat mengangkat kotoran dan bedak yang menutup pori-pori. Akibatnya mempercepat timbulnya jerawat, komedo, atau kulit tampak kusam. Sarung bantal juga penting diganti seminggu sekali karena timbunan sel-sel kulit mati di bantal sewaktu tidur akan menempel kembali di kulit wajah.


sumber gambar: prweb.com
Makanan wajib bagi wanita
Agar sehat dan cantik, perlu diketahui nutrisi yang baik dan wajib dikonsumsi oleh wanita. Menurut para ahli, kebutuhan gizi wanita dan pria itu berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang berbeda pula. Seperti dikutip dari tanyadok.com, berikut 10 makanan yang wajib dikonsumsi oleh wanita.
1. Makanan kaya kalsium
Dibanding pria, simpanan kalsium pada tulang wanita cenderung lebih sedikit. Ditambah adanya kehamilan & menopouse, resiko osteoporosis atau tulang keropos menjadi meningkat. Cadangan kalsium yang memadai sangat penting. Kebutuhan rata-rata wanita usia 19-50 tahun 1000 mg kalsium perhari. Makanan kaya kalsium misalnya produk berbahan dasar susu rendah lemak dan sayur-sayuran berwarna hijau gelap, misalnya brokoli. Bila perlu mengkonsumsi suplemen kalsium.
2. Makanan kaya vitamin C
Vitamin C, selain baik untuk kesehatan kulit, juga berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh. Kebutuhan vitamin C per hari cukup 75 mg saja. Makanan kaya vitamin C misalnya buah kiwi, tomat, stroberi, jeruk, jambu, paprika, bayam, dan brokoli.
3. Sayuran hijau
Ada yang tak suka sayur? Sayuran hijau sangat penting dikonsumsi, karena mengandung zat-zat gizi untuk tubuh, terutama serat makanan untuk kesehatan saluran pencernaan. Dalam sehari, minimal perlu mengkonsumsi 3 porsi sayuran.
4. Makanan Kaya Zat Besi
Wanita memerlukan zat besi lebih tinggi dibanding pria. Saat menstruasi, wanita kehilangan zat besi yang keluar bersama darah haid. Zat besi sangat penting selain saat menstruasi, juga saat hamil & bersalin. Contoh makanan kaya zat besi antara lain daging merah, bayam, kangkung, kismis, aprikot, tahu, telur, dan bit hijau.
5. Air
Lagi-lagi air, sangat penting untuk metabolisme tubuh dan kesehatan kulit. Sekitar 15000-2000 mililiter air perlu dikonsumsi setiap hari. Kebutuhan air ini juga bisa dipenuhi dari buah, sayur, dan kuah.
6. Cranberry
Alasannya karena buah ini mengandung proantosianidin yang membantu mencegah bakteri masuk dan bersarang dalam kandung kemih. Resiko infeksi saluran kemih lebih tinggi pada wanita dibanding pria. Selain itu zat tersebut diduga bermanfaat bagi kesehatan jantung.
7. Kacang-kacangan
Kacang mengandung berbagai zat gizi seperti protein nabati dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Namun konsumsi berebihan juga tak baik, maksimum 28 gram.
8. Makanan kaya folat
Folat sangat penting untuk wanita, terutama masa kehamilan trimester pertama. Folat membantu menyempurnakan pertumbuhan sistem saraf janin pada awal kehamilan. Makanan kaya folat contohnya jeruk, polong-polongan, & asparagus.
9. Protein kedelai
Protein dari kedelai bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Sebutlah contohnya seperti tempe, tahu, dan susu kacang.
10. Gandum utuh alias whole grain
Ini jenis makanan yang mengandung banyak serat. Bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, dan mencegah sembelit/konstipasi yang sering terjadi pada wanita. Contohnya brown rice, barley, flakes, atau oat.


Untuk cantik dan sehat secara jasmaniah, selain tips-tips di atas perlu pula memperhatikan hal-hal berikut.
- Berolah raga teratur. Bisa dimulai dari yang ekonomis & sederhana seperti berjalan kaki. Latihan fisik secara teratur juga bermanfaat bagi kesehatan wanita selama dan sesudah menopause, bahkan pada beberapa wanita dapat menyembuhkan stres dan meningkatkan kualitas kehidupan.
- Bila perlu melakukan diet, kenali ilmunya dengan benar. Banyak mitos seputar diet yang perlu dicek benar-tidaknya. Diet yang salah bisa saja malah merusak kesehatan. Jika perlu konsultasi dengan dokter.
- Belajar jadi konsumen cerdas. Pilih produk-produk makanan/minuman yang sehat, kurangi jajan sembarangan. Juga berlaku untuk kosmetik. Pilih kosmetik & metode kecantikan yang aman dan sesuai untuk kulit. Bila perlu konsultasi dengan dokter, jadi tak sembarangan menggunakan atau menjalani metode kecantikan yang belum tentu sesuai dengan karakteristik kulit Anda. Kuncinya tidak malas menambah wawasan, jadi tak mudah "termakan" iklan.
- Belajar bijaksana dan berhati-hati. Banyak wanita menjadi korban iming-iming kulit putih-mulus, misalnya, ternyata produk pemutih itu "serigala berbulu domba". Maksudnya mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri & hidroquinon yang karsinogenik. Lagipula, apakah bijaksana memandang cantik itu selalu berkulit putih? Apa pun warna kulitnya, yang penting bersih, tidak kusam, dan sehat. Seperti dikutip dari artikel tanyadok.com, "Biarpun ‘luarnya’ putih, tapi kalau ‘dalamnya’ hitam, apa artinya? Tak selamanya kulit putih itu cantik. Tetapi hati ‘putih’ bertahan selamanya."
- Sayangi tubuhmu dengan tak mengkonsumsi rokok & alkohol. "Rokok membunuhmu", begitu peringatan di iklan-iklan rokok versi sekarang. Sebenarnya aneh, industri rokok itu bermakna sedang promosi atau mensponsori untuk bunuh diri, bukan? Ini masalah klasik. Seperti dikutip dari artikel tanyadok.com,
sumber gambar: link
"Indonesia merupakan negara dengan penjualan rokok ke-empat terbesar di dunia. Berdasarkan data dari survei nasional tahun 2007, terdapat 60% pria dan 5% wanita di Indonesia merokok. Walau berdasarkan beberapa sudut pandang kultur, merokok itu tidak sesuai, namun kebiasaan ini semakin meningkat terutama pada wanita di perkotaan besar." Kenapa mau menggadaikan kesehatan, bahkan nyawa, hanya untuk kesenangan sesaat? Merokok bagi pria/wanita sama saja berbahanya. Kalau tak menyayangi tubuh sendiri, bagaimana dengan orang-orang sekitar? Terlebih pada wanita hamil. Efek rokok bagi wanita diantaranya yaitu kesulitan dalam bereproduksi, beberapa komplikasi dalam kehamilan, serta kehamilan prematur. Pada calon bayi, efek rokok antara lain bayi berberat badan rendah, bayi lahir prematur, dan kematian. Itu belum menyebutkan sederet efek buruk rokok bagi kesehatan secara umum, semisal untuk kesehatan kulit dan pernafasan. Beberapa penelitian juga menyimpulkan bahwa rokok memicu stres, gangguan cemas, dan depresi. Rokok dan alkohol juga diantara penyebab penuaan dini.

Cantik-Sehat Secara Psikis

Sumber gambar: link
Pola hidup sehat secara jasmani di masa muda akan berpengaruh pula pada kebugaran di usia tua. Namun kecantikan secara fisik tak mungkin abadi, seiring waktu dan menua perlahan-lahan akan memudar. Menua adalah proses yang niscaya, yang semakin mempertegas bahwa kekuatan/kecantikan fisik bukanlah segalanya. Yang tak kalah penting dari sehat secara jasmani adalah sehat secara psikis. Kalau sudah bicara psikis, bahasannya sudah semakin kompleks, tak cuma soal material, melainkan melibatkan banyak elemen, termasuk sisi emosional dan spiritual. Sehat secara psikis melahirkan kecantikan yang jauh lebih berharga dan awet, yakni kecantikan dari dalam atau inner beauty. Jika melihat dari kaca mata ini, tak peduli sudah berapa banyak keriput pun, seorang wanita tetaplah cantik dalam artian sebenar-benarnya. Tidak mudah mencapainya, namun bukannya tak ada jalan menuju itu.

Wanita memang makhluk yang kompleks. Tahap-tahap alamiah khusus yang dialami wanita seperti menstruasi, hamil dan bersalin, juga menopause sangat berhubungan dengan kondisi emosional wanita. Perubahan-perubahan psikologis pada wanita dapat terjadi menurut tingkat yang bervariasi, bersifat individual, dan sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan keseimbangan mental masing-masing. Mengutip dari tanyadok.com, ada beberapa hal yang turut berperan dalam kesehatan dan keseimbangan mental wanita, antara lain:
- Keluarga. Wanita yang menikah dan memiliki keluarga harmonis akan terbantu menghadapi perubahan-perubahan psikologis dengan dukungan dari keluarga.
- Agama. Keyakinan akan suatu agama mampu memberikan perspektif luhur: semua sama dihadapan-Nya apa pun kondisi kemanusiaannya, yang membedakan adalah ketakwaan.
- Tingkat pengetahuan dan sosial ekonomi. Semakin luas wawasan seorang wanita membuatnya lebih siap menghadapi perubahan-perubahan lewat pengetahuannya, dan lebih bijak mengatasinya. Kondisi sosial ekonomi yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup wanita.

Agar tetap cantik dan sehat secara psikis di semua usia, ada tips-tips yang bisa dilakukan.
- Mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan positif yang menambah semangat hidup, termasuk berpikir positif dan jadi diri sendiri, berolah raga teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, memanfaatkan waktu luang untuk rileks dan me time, menyalurkan hobi, dan kebersamaan dengan suami atau keluarga, serta beraktivitas di kegiatan sosial dan organisasi wanita.
- Banyak tersenyum dan tertawa, dalam artian senyuman tulus dan tawa ceria. Humor yang baik bagus untuk kesehatan.
- Kurangi penyebab stres. Misalnya karena tumpukan pekerjaan, maka perlu penjadwalan dan manajemen kerja yang lebih teratur. Stres berlebihan berdampak negatif pada kesehatan, seperti meningkatkan resiko penyakit jantung, juga menyebabkan defisiensi zat besi pada ibu hamil. Kegiatan-kegiatan positif yang sudah disebutkan di atas sangat bermanfaat pula mengatasi stres.
- Banyak introspeksi diri dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Jika pola hidup sehat dan positif diterapkan dalam keseharian, seorang wanita bisa cantik yang plus-plus. Cantik yang sehat, cerdas, dan berkualitas. Di masa tua, seorang wanita juga bisa jadi nenek yang cantik, kebanggaan anak dan cucu-cucunya.
***


Komentar

  1. Waaahh tips cantiknya sangat bermanfaat sekali Mbak. Thankiesss for sharing ;)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, terima kasih, Mbak Sofia. Sekalian belajar untuk diri sendiri :)

    BalasHapus
  3. kalo laki2 yang ngelakuin bisa cantik ga mbak? #eh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, ngelakuin yang mana dulu? :p. Kalau melakukan hal-hal positif & sehat sih jadi ganteng, asal gak ngelakuin dandan ala perempuan :p

      Hapus
  4. wah keren. memang cantik tidak menuntut usia. karena memang itu dambaan wanita. salah satu tips yang diberikan oleh Dr. Maoshing Ni pakar pengobatan anti penuaan Taois dalam bukunya Rahasia Panjang Umur adalah, melakukan olahraga rutin tiap periodik, kemudian perbanyaklah jalan kaki daripada naik kendaraan. Terus yang tak kalah penting, gantilah makanan anda dengan vegetarian, bagi yang suka daging berarti semi vegetarian. Dg metode minggu untuk makan daging. sedangkan lainnya vegetarian. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih Mas Iswahyudi sudah berbagi tips dari bukunya. Ternyata memang jalan kaki manfaatnya long life ya. Olah raga rutin juga senantiasa masuk tips sehat. Dan makanan juga memang harus diperhatikan. Ada kata-kata "you are what you eat". Sayur memang juara :)

      Hapus
  5. Haha, barbie nya jadi nenek2 :) cantik plus-plus ada ya mak? hihiii semoga cepet dapat link ya mak... (y)

    BalasHapus
  6. Hehe, barbienya udah tua itu... :D. Ada dong, yang gak cuma fisik bisa plus-plus :). Amiin, nuhun Mak Susan...

    BalasHapus
  7. semoga para wanita bisa mempraktekkannya biar bisa cantik hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin... Terima kasih sudah membaca :)

      Hapus
  8. tiap hari sekarang aku minum air jeruk nipis peras, katanya bisa buat nyehatin badan juga hehe :D mayan nyicil biar sehat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya Mbak... nyicil makanan sehat ya. Kalau aku sudah mulai ngecengin lagi kacang hijau sesekali, kalau buah mah udah jatuh cinta dari dulu, hampir tiap hari minum jus. Juga sayuran ijo gelap yang mengandung zat besi. Soalnya tiap dicek darah, kadar Hb-ku rendah terus, meski gak kurang juga....

      Hapus
  9. Wah kalau ini si cantiknya alami hehehheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Soalnya saya lebih tertarik yang alami daripada yang cuma polesan, hehe :D

      Hapus
  10. Saya setuju, cantik tidak hanya dilihat dari paras wajahnya saja, tapi juga kesehatan jasmaninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas. Tak ketinggalan rohaninya :D

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Novel Milea: Suara dari Dilan

Merayakan Momen Spesial dengan Makan-makan di Celebrate Cafe Bandung