Tantangan Nulis 2014

Januari sudah berlalu, Februari sudah dimulai. Kalau mengingat perjuangan ngeblog sebulan ke belakang, rasanya ngos-ngosan meskipun senang. Saya sudah cerita kalau saya nih blogger pemula, tepatnya mulai aktif sejak tahun 2014 ini dimulai. Bayangkan saja gimana rasanya orang yg jarang-jarang ngeblog tiba-tiba ikutan event ngeblog sebulan penuh. Artinya 1 hari harus ada 1 postingan kalau mau lolos tantangan. Sudah gitu isi tulisannya lumayan "berat" lagi, bloggingnya harus berkaitan dengan 1 ayat Al-Qur'an tiap harinya. Wow, meski ngisi blog itu tak harus berat, nulis yang ringan-ringan juga gak khawatir gak 'kan dimuat (nggak kayak nulis buat koran ato penerbit :D), tapi ada tanggung jawab tersendiri ketika yang dibicarakan adalah ayat Al-Qur'an. Pantaslah saya jadi ngos-ngosan, belum terbiasa. Sekarang saya sudah lulus tantangannya... Horeee! Tuh lihat di side bar sudah kupasang sertifikat #1Hari1Ayat-nya dari penyelenggara :).

source link
Senang? Tentu. Harapannya banyak dalam ikutan event itu (ya biar konsisten baca Qur'an, konsisten nulis, semoga bermanfaat juga buat yang baca & yg nulis). Lega? Ini sih... lega-lega enggak. Ini bukan akhir, justru tantangan sebenarnya baru bermula. Apa (harapan) yang dirintis dari ngikutin event itu harus berlanjut seterusnya.
Meskipun saya bilang mau rehat dulu sehabis ngos-ngosan, kenyataannya hanya rehat dari tuntutan tiap hari posting saja. Aktualnya, saya udah niatin resolusi tahun ini dalam hal menulis tuh harus konsisten tiap hari. Tapi gak dibebani mesti tulisan utuh & siap posting tiap hari. Minimal 1 paragraf deh, hehe. Lagian ada banyak topik & genre tulisan yang ingin saya latih. Puisi, cerpen, cerita mini, resensi, esai, artikel, ih pokoknya bermacam tulisan deh, selain tulisan ringan ala celoteh blog ini :D. Interestku banyak sih, nyampur-nyampur :D. Belum lagi melihat ada buanyak banget event GA yang diadain teman-teman blogger, suka tertarik juga... Halah, gimana ngaturnya ya... Maka aku bikin catatan oret-oretan semacam planning nulis. FYI, sebulan kemarin banyak giveaway yang saya lewatkan, berhubung sudah terlanjur ngos-ngosan ikutan #1Hari1Ayat. Demi lulus #1Hari1Ayat, ada beberapa GA yang ingin saya ikuti tapi "terkorbankan", ceileehh...

Hari ini sebenarnya tak niat mau posting dulu, rehat, eh tapi malah ngebet pengen nulis & mosting ini :D. Dari tadi saya uplek-uplek ngeditin tampilan blog (cuma tata letak, lay-outnya masih setia pake yang sederhana ini), nambah2 widget dari Warung Blogger, KEB, sama nambahin sertifikat blog. Masih banyak PR lain yang harus diedit. Contohnya menyesal terlanjur make gambar buat postingan berlabel Royalty-Free (RF), eh ternyata gak cek dulu apa itu RF... Heuheu... Itulah akibatnya kalau malas baca :p. Duh, mau diganti tapi kapan yaa... mana postingannya nyebar entah yang mana aja :'(.

Planning menulis untuk sementara ini sbb:

Senin    : ....
Selasa   : ....
Rabu    : Wishful Wednesday yang diadain blog perpuskecil
Kamis   : ....
Jum'at  : #1Hari1Ayat. Kata yang ngadain event meski sudah berakhir, boleh diterusin. Karena interest topik nulis saya banyak, kayaknya cocok kalo diselipin di hari jum'at :D. Sebenarnya niat bikin blog baru yang khusus nyatetin ilmu dari ngaji. Tapi buat blog ini bentuk tulisannya yang ngembangin dari 1 konsep ilmu jadi esai atau postingan yang serius tapi santai ^_^V.
Sabtu  : Belajar nulis fiksi mini (sampai saat ini baru berhasil bikin 1 :p). Sekalian mantengin twitter Penerbit Bentang Pustaka yang tiap sabtu ngadain lomba CerMin (cerita mini).
Ahad    : ....

Titik-titik itu maksudnya bukan gak nulis, tapi nulis apa aja yang gak terikat tema. Selain itu, ada banyak event GA yang diadain blogger-blogger lain. Lain kali pengen rajin ikutan. Lumayan buat silaturrahim blogger yang berguna meramaikan pengunjung blog kita. Blog saya nih blog tua, umurnya udah mau 7 tahun, loh! Hehe... Meski begitu, blog ini baru mulai lumayan ada pengunjung tuh baru sebulan ke belakang ajah. Dulunya ini blog jomblo sejati :D. Berkat GA & ikutan komunitas blogger barulah lumayan gak jomblo-jomblo amat :D. Blogger lain biasanya pada ngadain GA pas ultah blognya. Aku sih belum bisa untuk sekarangmah, masih pemula. Tapi sempat kepikiran pas ultah blog nanti pengen bagi-bagi ebook kumpulan puisi yang pernah kuposting di blog ini. Dulu-dulu aku kebanyakan posting puisi soalnya. Tapi lalu mikir lagi: ih, siapa juga yang mau ebook puisiku? Kayaknya gak ada yang mau deh, hihihi... Lagian itu puisi-puisi yang belum mendapat tempat di maqom penyair, jadul lagi :P.


Komentar

  1. weehhh ketemu calon penulis produktif nih. he he he salam kenal kembali, dan terus berkarya. Bagi-bagi energi-nya juga dong buat nulis :)

    BalasHapus
  2. Amiin... Hehe... Iya ini juga lagi bagi2 pan, lewat tulisan :D

    BalasHapus
  3. Wuih PR nya sudah dua, manteeep ^^


    Tetap semangat mbak ngeblognya :)

    BalasHapus
  4. @Titis: Aku jujur aja gak terlalu ngerti tentang page rank. 2 itu dah lumayan yah. Cuma aku baru aja masang alexa rank, rank-nya masih 5 juta 5 ratus ribu lebih... hehe memalukan. Jadi kupasang di bawah ajah :P

    @Fandhy: sama-sama ya. Thanks.

    Semangat jg semuanya... :)

    BalasHapus
  5. Waah..ini mach aktif nulis Ma'
    terus berkarya dan tetap semangat ^_^

    BalasHapus
  6. Iya, Mbak Sie-thi... Semangat juga yah :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Nenek (Ibu), Patriot Kehidupanku