Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2014

Surat Kangen Buat kampung Fiksi

Gambar
Kampung Fiksi yang baik,
Apa kau mengenalku? Aku yakin tidak. Atau belum, mungkin, meski aku sudah mengunjungimu, berkeliling menjelajahimu, bahkan sudah memberanikan diri menjadi pemandu yang mengenalkanmu kepada orang-orang sekitarku. Aku baru berkunjung dan menjadi wargamu belum lama. Pertemuan kita pun karena ketenaranmu yang baru-baru ini melejit gara-gara hajatan ulang tahun hebohmu itu. Ramai orang membincangkanmu, membuatku penasaran, datang melihat, dan bergabung. Dengan sendirinya aku pun terlibat euforia pesta perayaan ulang tahunmu yang bertabur hadiah buku dan gadget itu. 
Sebenarnya aku terpesona oleh potensimu sendiri dan aktivitas warga-wargamu yang bersemangat, kompetitif, serta penuh cinta kepada yang menyatukan mereka dan membangunmu: fiksi. Aku jadi agak merasa menyesal. Aku terlambat mengenalmu, sehingga belum bisa mengalami dan merasakan seperti apa menjadi warga Kampung Fiksi yang sebenarnya. Maka dengan sendirinya aku belum bisa berpartisipasi pada kompetisi b…

Pulang & Tanda Tanya Besar

Gambar
Pulang. Bagiku itu sebuah kata yang masih diekori oleh sebuah tanda tanya besar.Kata “pulang” kerap aku sandingkan dengan kata-kata magis nan misterius dan kaya semacam “cinta” & “bahagia”. Sebagaimana cinta & bahagia, pulang bagiku menyimpan kekayaan makna. Kadang maknanya sederhana, namun kadang pula maknanya kompleks. Bagiku pulang termasuk golongan kata-kata yang mengandung paradoks tersendiri. Ia punya banyak dimensi, mulai dari yang terkecil & sepele, sampai yang besar dan universal. Secara sederhana, cinta misalnya, bisa ditafsirkan sebatas kata-kata “I love you”, atau sesimpel memberikan kasih sayang secara umum. Lalu bagaimana dengan rindu, dengan sesak, dengan air mata, dengan kata-kata yang entah, yang barangkali aku pun belum terpikirkan untuk mengejanya? Jika mempertimbangkan hal-hal lain itu, kata cinta sekonyong-konyong menjadi kompleks. Juga bahagia. Ada kebahagiaan kecil, dari sesuatu yang sepele. Kadang bahkan sebagian orang menamakan “kesenangan” sebaga…

My Birthday Wishlist with Zocko

Gambar
Ulang tahunku masih bulan juni nanti. Namun aku sangat bersemangat menuliskan & berbagi cerita my #BirthdayWishlist sekarang ^_^. Pasalnya, Zocko sedang mengajak para blogger khususnya untuk mengikuti kompetisi blog di #ZockoUnlocked Blogging Competition. Apa itu Zocko & kayak gimana kompetisinya, simak ceritaku ya... :). Hadiahnya oke banget. Siapa tahu dengan menuliskan birthday wishlist kita, nantinya bisa terkabul, alam pun turut mengaminkannya :D.
Wishlist-ku banyak sekali sebenarnya. Tapi ayo kita absen wish apa aja yang lagi nongkrong di kepalaku. Sebagiannya ajalah, kalau kebanyakan nanti kepanjangan postingnya :D. Wish pertama ada hubungannya dengan blogku lho... Ada yang mau bantu mengabulkan? :D.

1. Ngadain giveaway pertama blogku
Sejak aku mulai meramaikan lagi blogku yang ternyata sudah tua namun sepi-sepi aja ini, aku jadi melek banyak banget GA & kompetisi blog menarik yang bisa turut mengasah kreativitas menulis. Meski aku belum punya keahlian SEO, namun aku …

Novel Imajinatif, Kriminal, & Problem Sosial [Wishful Wednesday #4]

Gambar
Hari rabu lagi. Another Wishful Wednesday ^_^. Kali ini agak deg-degan dan lebih excited daripada biasanya. Soalnya buku idaman rabu ini berpotensi besar untuk segera bisa terkabul, gratis lagi. Siapakah peri baik hati yang bersedia mentraktir buku idaman itu? Tentu saja Mbak Astrid, yang punya hajatan WW ini, yang tengah membuatkan rabu ini spesial giveaway karena bertepatan dengan ultah WW yang sudah berusia 2 tahun. Bagiku, ini baru WW ke-4. Namun bagi Mbak Astrid, ini WW ke-99. Wow, angka cantik. Selamat ulang tahun WW-nya yaaa... Semoga semakin banyak yang terkabul & kado GA-nya buat aku yaa... Hehe... Berhubung ini WW spesial bersyarat buku idamannya tak lebih dari total RP.100000, aku perlu bertapa dulu semalaman nih *lebay. Sebab bingung mau buku yang mana, wishlist-ku banyak sih.

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan plus desperado milihnya, aku memutuskan untuk (lagi-lagi) memilih buku-buku jadul. Udah tahu kan, aku nih tipikal late reader. Maksudnya pembaca yang keting…

Wisata Kata & Jelajah Imajinasi di Kampung Fiksi

Gambar
Senang memimpikan negeri dongeng? Jika ya, sama dong dengan saya... Dunia fiksi memang dunia yang memesona, tempat segala sesuatu bisa terjadi, dan memperkaya pengalaman membaca kita. Para fictionholic yang gemar membaca fiksi biasanya suka tergoda juga ingin menciptakan karya fiksinya sendiri. Buktinya, cobalah main ke Kampung Fiksi. Saya sudah main dan jalan-jalan ke sana. Kini saya ingin bercerita tentang kampung yang ternyata menyimpan daya tarik wisata nan seru dan asyik itu. Apalagi sekarang Kampung Fiksi tengah merayakan ultah yang ke-3. Ada hajatan heboh berhadiah rame lho...

Perawan Judes yang Bikin Nangis

Gambar
Sebetulnya aku tidak suka baca artikel gosip, apalagi sampai menuliskannya. Di blogku pula! Namun perawan judes sensasional yang satu ini sukses bikin aku terpesona. Haduh, siapa sih dia? Aku sudah lama mendengar gosip & ketenarannya yang penuh sensasi itu. Namun sampai sekarang belum kesampaian kenalan sama dia :'(. Tapi tidak apa-apa. Aku diam-diam bertekad untuk bisa kenalan. Jadi aku sudah mulai menginvestigasi, perawan judes ini siapa gerangan? Rumahnya di mana? Seperti apa rumah & keluarganya? Juga apa kata fans-fans yang sudah mengenalnya?
Jadi, perawan judes ini berinisial BJ. Namanya Bebek Judes. Kalau ada kontes ratu bebek terjudes barangkali Bebek Judes juaranya. Apa sebab? Bodi bebeknya saja aduhai, lembut, tidak keras/alot. Juga tidak bau badan, eh bau amis maksudnya. Juga bebas bulu-bulu yang bikin penggemar kuliner ogah bin jijik sama masakan bebek. Untuk bisa mencapai prestasi masakan bebek berkualitas begini tidak mudah. Perlu keahlian masak juara untuk b…

Marah & Cara Meredakannya

Gambar
Jum'at, rajanya hari. Ini hari jum'at, jadwalnya aku ngisi blog dengan tulisan #1Hari1Ayat. Tapi apa yang terjadi? Hari ini hampir saja aku mau absen, tak bisa menuliskan tema itu. Sebabnya? Suasana hati sedang buruk. Semalam mimpi buruk, buruk sekali... Ini bukan lagi nyanyi, tapi serius. Mimpinya mirip lagi jadi pemain film horor dramatis (bukan aku jadi hantu lho, aku jadi protagonis yang menderita :p). Sudah gitu, paginya kesal-kesal gara-gara harus menunggu untuk waktu yang tak pasti. Apalagi gak bisa sambil ngapa-ngapain, gak bawa apa-apa, buku untuk baca-baca misalnya, hp pun tidak. Helpless, gak tenang, kebayang-bayang mau ngopi, kopinya keburu dingin, lapar juga... :(. Fyuh, untunglah tak nyampe 2 jam. Salah satu obat manjur untuk kesal bisa dengan menenggelamkan diri dalam bacaan atau menulis, atau hobi lain. Jadi sesudahnya aku berniat browsing, & menemukan bacaan-bacaan yang menarik. Eh, tapi kesabaranku masih belum pulih ternyata. Justru koneksi internetnya n…

Api Sejarah & Sang Pendobrak Sejarah [Wishful Wednesday #3]

Gambar
"Bila Sejarawan Mulai Membisu, Hilanglah Kebesaran Masa Depan Generasi Bangsa." -Prof. Ahmad Mansur Suryanegara

Sudah rabu lagi. Saatnya Wishful Wednesday. Buku yang kuidamkan saat ini adalah Api Sejarah 1& 2. Aku memang suka ketinggalan, bukan tipikal first readers. Alasannya karena penasaran sesudah menyimak bedah bukunya. Di sini aku ceritain panjang banget, gak apa-apa deh. Selain itu, juga dikasih bocoran akan terbit buku Sang Pendobrak Sejarah, karya Prof. Mansur berikutnya. Masih proses naik cetak, tapi aku udah penasaran duluan :D. *** Senin, 17 Februari 2014, akhirnya kesampaian juga aku menyimak bedah buku bertajuk Sang Pendobrak Sejarah bersama Prof. A. Mansur Suryanegara, penulis buku Api Sejarah 1 & 2. Acara ini bertempat di ruang Audiovisual Museum KAA, sebagai salah satu dari serangkaian acara yang digelar dalam rangka Pekan Literasi. Semula bedah buku ini dijadwalkan hari ahad sebelumnya. Aku yang memang niat banget menyimak, sejak ahad sudah datang k…

Jalan-jalan (kaki) Minggu Seputaran Asia-Afrika

Gambar
Asia-Afrika yang mana ya? Ini bukan muter-muter benua Asia & Afrika, hehe... Maksudnya jalan-jalan di seputaran Jl. Asia-Afrika Bandung. Sudah pada main ke Museum KAA? Kalau belum, saatnya MKAA jadi pilihan untuk tujuan kunjungan. Soalnya sekarang ini pengelolanya tengah menggiatkan lagi aktivitas-aktivitas di MKAA, juga lebih membukakan pintunya kepada masyarakat umum. Bagaimana caranya gedung bersejarah ini dimaknai lagi, digali & dikenalkan lagi sejarahnya kepada khalayak. Sekarang mah sudah lumayan ramai lagi. Yang penasaran, untuk info silakan main ke situsnya: www.mkaa.or.id :).

Green Blogger, Positive Blogger, & Konyol Blogger

Gambar
Mengenai Green Blogger, saya keingetan belum share tentang acara talkshow yang saya simak 5 februari lalu. Itu talkshow yang diadakan oleh komunitas lingkungan Greenpeace, bertempat di Unisba. Pembicaranya dari aktivis Greenpeace sendiri, plus Bang Aswi dari komunitas blogger. Isu yang dibicarakan mengenai nasib hutan Indonesia, yang saat ini kritis & sangat meminta kepedulian kita bersama untuk melindunginya. Dalam rangka mengkampanyekan Protect Paradise, di dalamnya ada nasib harimau Sumatera yang sedang terancam punah. Lalu kenapa bawa-bawa blogger? Ternyata Greenpeace sedang melirik blogger untuk turut mensosialisasikan kampanyenya ini. Konkritnya dalam bentuk lomba blog hutan, yang hadiahnya jalan-jalan ke jantung hutan Indonesia. Belum ditentukan hutan yang mana. Alhamdulillah saya udah ikutan, itu tuh tulisan berjudul Hutan Indonesia: Cerita Lahan Surgawi, Raksasa Gila, & Siklus yang Tak Putus. Kenapa judulnya ada raksasa gila, karena itu yang terpikirkan di benak sete…

Warna-warni Wajah Bandung

Gambar
Wajah Bandung sekarang berbeda jauh dengan versi kenangan masa lalu. Julukan kota kembang nan cantik tampak bagai romantisme jadul yang hanya tinggal di benak rindu. Hijaunya Bandungpun terus berganti warna seiring pembangunan FO, hotel, berbagai lahan bisnis dan properti. Mall-mall kian bertebaran seperti mau menyaingi mall di Jakarta saja. Kian hari Bandung semakin mirip Jakarta: panas, macet, banjir, sepaket kata negatif deskriptif & representatif buat kondisinya sekarang. Kata-kata itu juga jawaban mayoritas yang terlontar dari para siswa & warga dalam sebuah video wawancara karya anak SMA yang saya tonton belum lama. Sampah menambah daftar kata pengakuan dari warganya sendiri.

Puisi Sapardi, Acep Zamzam, & Bulu Kuduk [Wishful Wednesday #2]

Gambar
Saya mendeklarasikan diri sebagai pecinta puisi. Namun, jika itu harus dibuktikan dengan koleksi buku-buku puisi, ternyata koleksi buku saya tidak membuktikan ini. Tahu sendiri, buku-buku puisi di ranah penerbitan Indonesia pasarnya masih bisa dihitung jari. Mungkin karena itu genre buku yang satu ini kalah semarak oleh genre novel fiksi. Akibatnya, banyak para penyair yang memilih jalur penerbitan buku indie untuk mempublikasikan koleksi puisinya. Tak heran jika mencari buku-buku puisi karya para sastrawan kita yang terkenal sekalipun tidak semudah melirikkan mata di toko-toko buku.

Jadi, ini hari rabu. Ketemu lagi sama Wishful Wednesday, yang bagi saya, baru minggu ke-2. Kali ini saya ingin bercerita tentang buku puisi yang saat ini paling saya idamkan. Jika itu puisi, dan saya sebut nama Sapardi, ah siapa yang tak kenal puisi Hujan Bulan Juni dengan Aku Ingin-nya yang terkenal itu? Sepertinya banyak orang bahkan hafal di luar kepala penggalan puisinya yang bicara cinta sesederhana…

Hutan Indonesia: Cerita Lahan Surgawi, Raksasa Gila, & Siklus yang Tak Putus

Gambar
Hutan merupakan lahan surgawi yang eksotis, tempat beragam rupa kekayaan rimba tersedia: sumber kayu, aneka tanaman obat, biodiversitas, serta potret harmoni alam yang sejati. Hutan memegang kunci-kunci penting bagi keseimbangan alami lingkungan, seperti siklus hidrologi, kontrol penguapan air tanah, serta keseimbangan atmosfer bumi. Hutan adalah bagian penting siklus pengaturan iklim planet bumi. Dalam tanahnya, selain ada akar-akar pepohonan yang menyerap air tanah & melepasnya ke atmosfer, juga menyimpan hampir 300 miliar ton karbon. Karbon dari atmosfer direduksi selain melalui fotosintesis, juga disimpan dalam jaringan pohon yang tumbuh aktif. 

Rahasia Kedalaman Wudhu'

Gambar
Lagu tentang wudhu' itu sudah lama banget ya... Simpel, tapi dalem... Suka ^^. Lagu-lagunya Bimbo memang tipikal seperti itu ya. Jadi kangen lagu-lagu jadul sederhana sarat makna...
Tadi siang saya buka-buka lagi sekilas buku The Secret of Sholat, lalu terhenti di sub bab tentang Menyingkap Rahasia Wudhu'.

Balada Komputer & Anak Kimia

Gambar
Sedemikian cepat dan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi waktu demi waktu, imbasnya terhadap kehidupan kita sehari-hari juga demikian kentara. Bisa dibilang kini keseharian kita sudah tak bisa lepas dari aplikasi teknologi informasi. Mulai dari komunikasi, akses informasi, berbagai proses transaksi, dan banyak kepentingan lainnya tak lepas dari teknologi informasi. Apa lagi sekarang ini ketika mayoritas orang tak bisa lepas dari genggaman sosmed. Ibaratnya produk-produk IT sudah nempel bak prangko di keseharian. Demikian halnya dengan Teknologi Komputer. Kalau dulu wujud komputer itu baru sebatas sosok PC bermonitor berukuran segede TV normal (bahkan TV pun ukurannya bisa mini sekarang mah), dengan aplikasi-aplikasi standar yang dikenal pengguna awam seputar MS.Word, Excel, & sejenisnya saja, sekarang ceritanya sudah lain sekali. Ini aku bicara teknologi komputer sebagai seorang awam ya (ketahuan gaptek :p). Kini banyak hal sudah dapat dikomputerisasi & masih terus dike…

The Niche of Lights & Ihya' [Wishful Wednesday #1]

Gambar
Ini rabu pertama kali aku mengikuti Wishful Wednesday yang digagas oleh perpuskecil. Ngobrolin wishlist buku idaman sepertinya memang gak kan ada habisnya, apalagi bagi diriku yang suka serba penasaran. Makin hari makin panjang saja daftar listnya. Bahkan meski tiap beberapa waktu ada yang dihapus (karena sudah dibeli/dimiliki), tetap saja laju penghapusannya sama sekali gak berimbang dengan laju pemanjangannya. So, saya yakin dengan adanya posting Wishful Wednesday saya gak akan kesulitan nyari ide buat nulis di blog pada hari rabu :D. Pasti akan ada saja buku yang kuidamkan & bisa kuceritakan alasannya :). Untuk posting wishful wednesday minggu ini saya ingin cerita buku yang paling sedang kuidamkan diantara karya-karya Al-Ghazali.

Kenapa Al-Ghazali? Tumben kok gak novel gitu, hehe... Sebab sebulan ke belakang saya membaca buku seri tokoh pemikiran Islam terbitan Dian Rakyat tentang sosok & pemikiran Al-Ghazali. Biarpun singkat karena terbatas 100 halaman saja tipisnya, nam…

Si Manis Aren yang Tak Terlupakan

Gambar
Dewasa ini orang cenderung sensitif mendengar kata gula atau pemanis. Pasalnya pola makan & gaya hidup yang tak sehat di jaman modern seperti sekarang telah mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan yang menjamur. Katakanlah diabetes contohnya. Kebutuhan orang untuk back to nature semakin urgent saja. Pun soal makanan, kini orang mulai merindukan bahan-bahan makanan organik alami nan sehat. Bicara soal pemanis, saatnya kini pemanis sehat alami menjadi pilihan menggantikan pemanis buatan.

Ada banyak jenis gula di pasaran. Selain gula pasir yang diproduksi dari nira tebu melalui proses penyulingan, ada pula berbagai jenis gula merah yang berasal dari tanaman palem seperti kelapa, siwalan, dan aren. Dari berbagai jenis gula itu saya ingin bercerita sedikit mengenai gula aren. Gula aren memiliki banyak kelebihan dibandingkan gula pasir ditinjau dari segi kesehatan.

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Gambar
Alkisah, ada sebuah kota bernama Thneedville. Sebuah tempat di mana segalanya serba artifisial, tak ada yang namanya "alami". Pohon dan tanaman juga tak terkecuali, yang ada adalah pohon buatan yang serba terbuat dari plastik, yang bisa diubah-ubah tampilannya pakai remote kontrol. Kota ini terisolasi dari dunia luar di sekitarnya, dikelilingi oleh dinding yang tinggi. Aloysius O'Hare adalah walikotanya, seorang pebisnis berperawakan cebol yang ambisius dan serakah, yang selalu dikawal oleh 2 bodyguard tinggi besar yang kuat. Di tempat ini segalanya terlihat sempurna. Penduduknya tampak serba cukup dan bahagia.
Di kota ini ada seorang anak lelaki bernama Ted yang menyukai gadis bernama Audrey. Suatu hari Ted melihat lukisan pohon yang dibuat Audrey di dinding dan mendapati bahwa Audrey merindukan "pohon betulan".

1 Harapan 3 Impian

Gambar
Kalau ditanya apa 1 harapan yang ingin saya raih, saya akan jawab dengan jawaban klasik: ingin jadi orang yang bermanfaat. Wah, itu sih terlalu universal ya... Siapa pun bisa mengatakan itu. Maka akan ada pertanyaan berikutnya: caranya bagaimana? Nah, kalau yang ini saya punya jawaban yang lebih fokus. Ini berhubungan sama impian saya. Bagi saya, apapun keahlian atau talenta seseorang, sukses itu ukurannya dari segi manfaat. Meski seseorang bisa saja sudah sukses di mata status sosial atau keduniawian, belum tentu orang itu sukses dari segi kebermanfaatan. Maksud bermanfaat yaitu tak hanya untuk diri sendiri & keluarga, melainkan juga kerabat & masyarakat. Saya memandang, orang "biasa-biasa" yang mampu berkontribusi untuk lingkungannya jauh lebih sukses ketimbang seorang kaya nan terkenal berjabatan tinggi yang lingkungannya tak merasakan manfaat apa-apa darinya. Atau jika kontribusinya itu tak berimbang dengan potensi (harta, talenta, kewenangan) yang ia punya. Jad…

Tantangan Nulis 2014

Gambar
Januari sudah berlalu, Februari sudah dimulai. Kalau mengingat perjuangan ngeblog sebulan ke belakang, rasanya ngos-ngosan meskipun senang. Saya sudah cerita kalau saya nih blogger pemula, tepatnya mulai aktif sejak tahun 2014 ini dimulai. Bayangkan saja gimana rasanya orang yg jarang-jarang ngeblog tiba-tiba ikutan event ngeblog sebulan penuh. Artinya 1 hari harus ada 1 postingan kalau mau lolos tantangan. Sudah gitu isi tulisannya lumayan "berat" lagi, bloggingnya harus berkaitan dengan 1 ayat Al-Qur'an tiap harinya. Wow, meski ngisi blog itu tak harus berat, nulis yang ringan-ringan juga gak khawatir gak 'kan dimuat (nggak kayak nulis buat koran ato penerbit :D), tapi ada tanggung jawab tersendiri ketika yang dibicarakan adalah ayat Al-Qur'an. Pantaslah saya jadi ngos-ngosan, belum terbiasa. Sekarang saya sudah lulus tantangannya... Horeee! Tuh lihat di side bar sudah kupasang sertifikat #1Hari1Ayat-nya dari penyelenggara :).
Senang? Tentu. Harapannya banyak d…