Menanam & Menuai Manfaat dari Blog



18.15.  105 menit sebelum penutupan 2 hari giveaway blognyaCak Lix

Saya blogger pemula. Meski demikian, usia blog ini sudah 6 tahun lebih, hehe. Sebelumnya, blog ini hanya saya isi jarang-jarang, itupun kebanyakan isinya puisi & review buku yang saya baca, serta sedikit celoteh gak penting :D. Kini, saya bertekad mengurangi postingan gak pentingnya & menggantinya dengan tulisan yang lebih bermakna. Maka untuk giveaway kali ini, tanpa pikir panjang saya memilih tulisan Cak Lix tentang Peran Blogger dalam Ikut Serta Mencerdaskan Bangsa.

Baru kali ini saya benar-benar mengintip sedikit dunia blogger, dan saya terkesima dibuatnya. Tak hanya karena fenomena beragamnya topik tulisan & informasi yang dibagikan para penulisnya, juga fenomena pertemanan & aktivitas komunitas blogger yang solid & sehat. Dulu, saya tahunya cuma dunia blogger yang sering bicara SEO, adsense, jualan, dan semacamnya. Kebetulan sisi ini ternyata kurang cocok dengan saya yang cenderung memperlakukan blog ini sebagai ruang ekspresi pribadi & belajar menulis apa yang saya minati. Istilah ekstrimnya “tulisan semau gue”, hehe. Maksudnya saya ingin belajar menuangkan pikiran personal lewat tulisan, apapun itu, yang tak terikat dengan popularitas ala SEO (meski popularitas ini memang penting kalau blognya ingin banyak yang baca). Ternyata, ketika saya gabung di Warung Blogger, oh... banyak sekali kok blog-blog yang isinya cocok dengan kecenderungan minat personal saya itu :). 

Belajar menuliskan pikiran itu asyik, & banyak manfaatnya. Potensi manfaatnya besar sekali malah, bisa turut mencerdaskan bangsa seperti yang ditulis Pak De. Manfaatnya secara online maupun offline. Ini tanggung jawab kita bersama untuk meramaikan jagad maya dengan tulisan-tulisan & aktivitas positif. Sebab yang negatif-negatif sudah menjangkiti dunia maya ini dengan tingkat akut dan kritis. Dari sesuatu “sesepele” menulis, manfaat besar bisa didapatkan oleh banyak orang, apalagi jika gerakannya masif. Memang benar, blog mirip universitas terbuka dengan aneka ragam fakultas. Siapapun boleh belajar darinya :).

Komentar

  1. yah... sebenarnya dengan ng-blog secara tidak langsung melatih kemampuan menulis kita....

    BalasHapus
  2. Iya. Malah buat saya melatih menulis itu bisa dibilang tujuan langsung saya, hehe...

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway 2 Hari
    Salam hangat dari surabaya

    BalasHapus
  4. Sama-sama, Pakde... Terima kasih sudah meramaikan jagad penulisan blog dengan giveaway-nya.

    Salam kembali dari Bandung :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Yuk, Berkunjung ke 5 Tempat Wisata Malam di Surabaya Ini

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon