Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2014

Belajar itu Jodoh Sehidup Semati #BackToSchool

Gambar
“Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu ni'mat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmupengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.” (QS Luqman: 20)


Belajar adalah satu-satunya aktivitas yang tak pernah ada kata lelah, takut, & sesal dalam kamus pikiran kita. Itu karena manusia dianugerahi akal yang berjodoh sama ilmu pengetahuan. Otak kita demikian kompleks & canggihnya, sampai-sampai kata Pak Habibie kalau dibikin komputer bakal butuh segede bola bumi ukurannya. Pantaslah manusia mampu jadi khalifah di bumi. Jika sesudah diberi-Nya potensi sedemikian besar kok berbetah-betah saja nongkrong dalam kebodohan (baca: malas belajar), artinya gak bersyukur dong, kebangetan. 
Belajar itu tak sempit maknanya, tak harus formal melainkan merujuk pendidikan manusia secara universal. Pendidikan ya…

Irit Ala Bapak

Gambar
Jaman sekarang kita dibombardir serangan gaya hidup konsumtif ya. Mau berhemat tuh banyak tantangannya. Mulai dari belanja, pemakaian barang-barang kebutuhan rumah-tangga, sampai sekelas pemborosan energi & uang negara (ups!). Tapi kalau ngomong-ngomong soal irit di keluarga, tak bisa tidak keingetan bapak. Bapakku selalu menasehati untuk hidup irit. Eh, kalau dipikir-pikir lagi, inspirasiku nulis tuh seringnya ibu. Lagi-lagi ibu. Dih, jadi diskriminatif begitu deh. Okelah, untuk cerita irit ini aku mau “featuring” bapak. Hehe... Ini cerita nostalgia, jadul banget. Waktu itu aku masih SD, entah kelas berapa lupa. Ceritanya kita mau beli sepeda. Belinya agak jauh, ke Kuningan kota (atau ke Ciledug, Cirebon gitu ya? Aku sudah lupa). Kami tinggalnya di sebuah desa di Kabupaten Kuningan yang letaknya paling timur, perbatasan dengan Brebes, Jawa Tengah. Jarak rumah kami ke Kuningan kota perlu waktu tempuh sekitar 2 jam atau lebih kalau pakai mobil. Aku tak terlalu ingat tentang perjal…

Telur-telur Inspirasi Ngeblog

Gambar

Guru: Sang Pemberi

Gambar

Teka-Teki Air Mata

Gambar