Lentera Magis

THE MAGIC LANTERN
Fabel Kepemimpinan Sejati, Keunggulan Personal, & Pengembangan Pribadi

The Magic Lantern : A Fable About Leadership, Personal Excellence and Empowerment The Magic Lantern : A Fable About Leadership, Personal Excellence and Empowerment by Dr. Joe Rubino


My review


rating: 2 of 5 stars
Apa dan bagaimana kepemimpinan sejati itu? Jake Jillian bersama kawan-kawannya para bajang pemberani banyak belajar tentang hal itu dalam perjalanannya mencari Lentera Magis. Banyak pelajaran berharga tentang rahasia mendapatkan kearifan hidup mereka peroleh dalam petualangan mereka. Dikisahkan bahwa Jake Jillian adalah seorang pemuda biasa putra pasangan Sarah & Chip Jillian yang menyedihkan. Suatu hari Jake pergi ke Gua kristal bersama anjingnya, Hunter. Ia biasa kesana menjelajah terusan-terusan gua yang belum ia kunjungi sebelumnya. Dari sana ia mengoleksi batu, fosil dan kristal. Saat itu ia menjelajah sebuah terusan baru. Malang, senternya jatuh dan dalam gelap, ia dan Hunter terperosok ke sebuah dunia lain bernama Pusat Bumi yang dihuni makhluk-makhluk seperti bajang, Elf, Goblin, Troll, Penyihir, dan Peri. Beribu tahun lalu, telah dituliskan ramalan berupa hadirnya seorang pangeran muda dari dunia atas bernama Jake Jillian yang akan memimpin para bajang untuk mengembalikan perdamaian di Pusat Bumi. Saat itu Pusat Bumi diwarnai perselisihan & pertentangan antar makhluk, termasuk antar bajang sendiri. Sebelumnya, di desa Mirth, di negeri Kemungkinan Tak Terbatas terdapat sebuah Lentera Magis yang cahayanya membuat kedamaian dan keselarasan tetap terjaga. Kini, lentera itu telah dicuri oleh penyihir jahat Xabor dan disembunyikan di bawah tanah Puri Xabor di negeri Lubidor.



Suka tak suka, Jake tak bisa pulang. Ia harus memimpin para bajang memenuhi misi mencari Lentera Magis. Perjalanan itu amat berbahaya, melewati Klatsba, desa bangsa Elf yang tengah bermusuhan dengan bangsa bajang. Melewati tempat godaan berupa Tambang Harta & Pondok Nyaman, rintangan berbahaya berupa Gua Keraguan dan Dataran Gatzin, tempat bangsa Goblin yang penuh dendam, juga berbagai pengalaman tak terlupakan di Desa Tsayit dan Hutan Peri. Untuk mendapatkan Lentera Magis, perlu 7 buah kunci berikut loh yang masing-masing berisi kata-kata bijaksana yang menjadi kunci kepemimpinan sejati.



Kisah ini mengajarkan kepemimpinan visioner dan pengembangan pribadi, bagaimana harus mendengarkan orang lain, yang dirangkai oleh Dr. Joe Rubino dalam sebuah dongeng fantasi. Disini banyak sekali dikutip kata-kata bijak seputar bagaimana harus bersikap dalam hidup. Memandang cerita ini sebaiknya tidak ditimbang secara sastra, karena ceritanya sendiri tidak diolah sedemikian rupa sehingga konflik-konfliknya tidak menimbulkan efek ketegangan bagi pembaca. Hampir setiap konflik diselesaikan dengan ’terlalu mudah’. Ada bagian dialog tentang kepemimpinan yang kurang dikemas dengan halus sehingga cenderung kepanjangan dan membosankan. Cerita juga ditutup dengan ending yang sebetulnya berlebihan dan tak perlu, yakni setelah kembali ke dunia normal, Jake dewasa menjadi presiden Amerika yang mampu menumbuhkan perdamaian di seantero dunia. Jadi, kisah ini lebih cocok dipandang seperti dongeng atau fabel selazimnya untuk anak-anak, yang banyak mengajarkan moral dan dari segi konflik cerita banyak ’penolong yang sudah disiapkan dari awal’. Namun begitu, dari segi nilai yang disampaikan, karya ini adalah self-help kepemimpinan yang dirangkai dalam format dongeng. Penulisnya, Dr. Joe Rubino adalah seorang instruktur kesuksesan & produktivitas di Amerika Utara, CEO dari Visionary International Partnerships, dan salah satu pendiri Center for Personal Reinvention.




View all my reviews.

Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

Happy Yummy Journey, Perjalanan Traveler Perempuan Korea Pecinta Durian Mencari Tempat-tempat Membahagiakan