100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah by Michael H. Hart


My review


rating: 4 of 5 stars
So, ini dia bukunya Hart yang sering disebut-sebut orang itu. Menyajikan 100 orang tokoh yang diurutkan berdasarkan pengaruhnya dalam sejarah umat manusia. Menarik sekali menyimak argumen-argumen dan alasan-alasan Hart mengenai mengapa seorang tokoh ditempatkan dalam urutan yang lebih tinggi atau lebih rendah dalam bukunya ini. Sebuah buku kontroversial yang mengundang perdebatan dari banyak pembacanya.



Keseratus tokoh dalam buku ini kebanyakan adalah ilmuwan/penemu, pemuka agama, politikus, pimpinan militer, filosof, dan sedikit tokoh seni/sastra. Kebanyakan mereka berasal dari Eropa, ada juga dari Amerika, Cina, India, dan Arab. Hal yang menarik adalah Hart memposisikan Nabi Muhammad SAW di urutan pertama dalam buku ini di atas tokoh-tokoh lainnya, suatu hal yang seringkali disinggung2 dalam ceramah2 tentang Nabi Muhammad, dan itu sebabnya telah begitu sering aku mendengar tentang buku ini. Syukurlah aku berkesempatan membacanya baru-baru ini. Ternyata Umar bin Khathab juga masuk ya.



Senangnya bisa baca ini karena menggambarkan karya-karya apa saja dari 100 orang ini yang membuat mereka begitu berpengaruh, meskipun singkatnya saja. Isinya bukan Cuma orang-orang baik dan bijak, tapi bandit2 juga dapat tempat di buku ini asalkan punya pengaruh luas terhadap sejarah, ya macam Hitler, Jenghis khan, dkk. Lumayan buat tambah wawasan. Aku bacanya terjemahan Mahbub Djunaidi, bahasanya kocak.


View all my reviews.

Komentar

Popular Posts

Ada Surga di Rumahmu

Novel Milea: Suara dari Dilan

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]